4 Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil

sayuran yang dilarang untuk ibu hamil, diary bunda

Ada beberapa sayuran yang dilarang untuk ibu hamil karena diduga bisa berbahaya bagi kehamilan. Anggapan ini membuat sebagian ibu hamil jadi enggan untuk makan sayur. Nah, agar Bunda bisa tenang dan tidak khawatir untuk mengonsumsi sayuran, yuk ketahui apa saja jenis sayuran yang dilarang untuk ibu hamil.

Berbagai Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Sayuran termasuk dalam makanan sehat yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin selama masa kehamilan. Umumnya, sayuran mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, asam folat, serat, kalsium, zinc, dan zat besi.

Namun, ada beberapa jenis sayuran yang dilarang untuk ibu hamil karena rentan terkontaminasi bakteri atau mengandung zat yang bisa membahayakan kehamilan. Beberapa jenis sayuran tersebut adalah:

1. Pare

Sayuran dengan rasa yang pahit ini biasanya dikonsumsi sebagai tambahan sayur dalam masakan lainnya, seperti siomay atau gado-gado. Meski rasanya pahit, pare mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, misalnya zat besi, asam folat, dan vitamin C. Sayur ini juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Namun, di balik manfaatnya, pare merupakan salah satu sayuran yang dilarang untuk ibu hamil. Beberapa riset menyebutkan bahwa konsumsi pare saat hamil, terutama jika berlebihan, bisa meningkatkan risiko terjadinya kontraksi dini pada rahim dan keguguran.

Oleh karena itu, Bunda sebaiknya membatasi konsumsi pare selama mengandung. Agar lebih aman, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum hendak mengonsumsi sayuran ini.

2. Taoge mentah

Taoge mentah merupakan jenis kecambah yang kaya akan berbagai nutrisi, seperti protein, vitamin C, vitamin K, dan asam folat. Sayuran ini sering ditemukan dalam berbagai makanan, seperti karedok, soto, dan asinan sayur.

Meski sering ditemukan pada banyak makanan, taoge mentah tidak boleh dikonsumsi sembarangan oleh ibu hamil. Ini karena taoge mentah bisa mengandung bakteri, seperti Salmonella dan Escherichia coli, yang bisa menginfeksi tubuh.

Jika terinfeksi Salmonella, ibu hamil bisa mengalami mual, muntah, diare, atau bahkan tipes. Bahkan, pada kasus yang parah, infeksi yang dialami ibu hamil bisa menyebabkan kelahiran prematur atau keguguran.

3. Daun pepaya

Daun pepaya merupakan sayuran yang mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin E, vitamin C, dan serat. Nah, dengan kandungan nutrisinya, daun pepaya bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah mengatasi sembelit.

Meski begitu, untuk ibu hamil, konsumsi daun pepaya tidak boleh sembarangan. Menurut beberapa penelitian, daun pepaya mengandung zat yang berpotensi dapat mengganggu pertumbuhan janin, bahkan menyebabkan keguguran.

Namun, ini diduga hanya terjadi jika Bunda mengonsumsi daun pepaya dalam jumlah atau porsi yang berlebihan. Jika masih dalam porsi yang wajar, daun pepaya umumnya aman dan tidak membahayakan kandungan.

4. Lobak mentah

Lobak mentah merupakan sayuran yang sering dijadikan sebagai acar. Sayuran ini mengandung banyak nutrisi, seperti serat, vitamin C, dan kalium, yang bermanfaat bagi tubuh.

Namun, di balik manfaatnya, lobak mentah termasuk dalam salah satu sayuran yang dilarang untuk ibu hamil. Ini karena konsumsi lobak mentah dapat menyebabkan ibu hamil terkena infeksi bakteri, apalagi jika lobak mentah tidak dicuci sebelum dimakan.

Pada dasarnya, Bunda perlu menghindari semua sayuran yang mentah dan belum dicuci hingga bersih. Sebab, sayuran yang belum dicuci dikhawatirkan masih banyak menyimpan bakteri atau pestisida yang dapat membahayakan kehamilan.

Oleh karena itu, jika ingin mengonsumsi sayuran, Bunda harus memastikan bahwa sayuran yang akan Bunda makan telah dicuci bersih dan dalam keadaan matang.

Kalau bingung dalam memilih sayuran, Bunda bisa tanya ke dokter apa saja jenis sayuran yang bisa dikonsumsi dan yang perlu dihindari, agar Bunda tidak perlu ragu jika ingin mengonsumsinya.

Sumber:

Airaodion, A., et al. (2019). Carica Papaya Leaves Might Cause Miscarriage. Asian Research Journal of Gynaecology and Obstetrics, 2(1), pp. 68–76.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2022). Manfaat Pare bagi Kesehatan.

Healthline (2023). 15 Foods and Drinks to Avoid During Pregnancy – What Not to Eat.

Healthline (2023). 6 Benefits of Bitter Melon (Bitter Gourd) and Its Extract.

Healthline (2023). A Guide on What to Eat During Pregnancy.

Healthline (2020). 7 Emerging Benefits and Uses of Papaya Leaf.

Healthline (2018). Raw Sprouts: Benefits and Potential Risks.

Verywell Health (2023). Bitter Melon: Benefits and Nutrition.

WebMD (2023). Foods to Avoid in Pregnancy.

WebMD (2022). Radish: Health Benefits, Nutrition, and Uses.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *