Buah Naga untuk Ibu Hamil, Inilah Manfaatnya

buah naga untuk ibu hamil, diary bunda

Buah naga untuk ibu hamil memiliki banyak manfaat, baik bagi ibu hamil sendiri maupun janin di dalam kandungannya. Sering mengonsumsi buah naga selama hamil dapat membuat tubuh Bunda lebih segar dan kehamilan Bunda pun lebih sehat. Jadi, tidak heran kalau konsumsi buah naga untuk ibu hamil sangat dianjurkan.

Buah naga mengandung banyak nutrisi, mulai dari karbohidrat, protein, serat, vitamin C, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), hingga zat besi. Dengan kandungan nutrisinya yang melimpah, buah naga menjadi salah satu buah yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil, karena memang ada banyak sekali manfaat buah naga untuk ibu hamil maupun janinnya.

Beragam Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah naga mengandung banyak nutrisi, mulai dari karbohidrat, protein, serat, vitamin C, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), hingga zat besi. Dengan kandungan nutrisinya yang melimpah, buah naga menjadi salah satu buah yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil.

Ada banyak sekali manfaat buah naga untuk ibu hamil maupun janin. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Bunda dapatkan dengan sering mengonsumsi buah naga selama hamil:

1. Memperkuat daya tahan tubuh

Selama kehamilan, daya tahan tubuh atau imunitas cenderung menurun. Inilah sebabnya, ibu hamil jadi lebih gampang sakit. Nah, dengan mengonsumsi buah naga yang kaya akan vitamin C, daya tahan tubuh Bunda bisa lebih kuat untuk melawan penyakit.

2. Mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh

Selain untuk daya tahan tubuh, vitamin C juga merupakan antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh ibu maupun janin akibat efek radikal bebas.

3. Memperkuat tulang dan otot janin

Vitamin C yang melimpah di dalam buah naga untuk ibu hamil dapat membantu pembentukan jaringan ikat dan meningkatkan penyerapan kalsium.

Kedua manfaat ini akan mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan tulang dan otot janin, serta jaringan pembuluh darahnya. Dengan begitu, aliran oksigen dan nutrisi ke tubuh janin bisa maksimal, tulang dan ototnya pun akan lebih kuat.

4. Mengoptimalkan perkembangan otak janin

Selain kandungan vitamin C-nya yang tinggi, buah naga juga mengandung antioksidan dan vitamin B1 (tiamin) yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan otak janin.

Bukan hanya itu, konsumsi buah naga untuk ibu hamil juga sangat dianjurkan karena buah ini mengandung banyak vitamin B2 (riboflavin) yang penting bagi perkembangan tulang, otot, dan saraf janin.

5. Mencegah sembelit

Sembelit merupakan salah satu keluhan yang sering dialami ibu hamil. Untuk mencegahnya, ibu hamil dianjurkan untuk minum air yang cukup dan memenuhi kebutuhan serat harian sebanyak 25–30 gram.

Nah, untuk menambah asupan serat, Bunda bisa mengonsumsi buah naga karena ada 3 gram serat di dalam setiap 100 gram buah ini. Agar kebutuhan serat bisa terpenuhi, Bunda juga perlu mengonsumsi makanan berserat lainnya, terutama sayuran dan buah-buahan, atau kacang-kacangan dan biji-bijian, termasuk gandum.

6. Mencegah anemia

Buah naga mengandung zat besi yang tinggi, yaitu sekitar 8% dari kebutuhan zat besi harian. Dengan kandungan mineralnya ini, konsumsi buah naga untuk ibu hamil bisa membantu memenuhi kebutuhan zat besi selama kehamilan, yaitu 27 gram per hari, selain juga dari makanan sumber zat besi lainnya.

Jika asupan zat besi dari makanan saja dirasa tidak cukup, Bunda bisa mengonsumsi suplemen zat besi sesuai anjuran dokter. Hal ini penting karena cukupnya asupan zat besi dapat mencegah anemia pada ibu hamil yang bisa mengakibatkan berbagai komplikasi pada kehamilan dan janin.

7. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Salah satu manfaat buah naga untuk ibu hamil yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan saluran pencernaan, karena kandungan serat di dalamnya. Buah naga mengandung serta dan prebiotik yang menjadi makanan bagi bakteri baik di dalam usus.

Bila jumlah bakteri baik di dalam usus Bunda terjaga karena makanannya cukup, bakteri jahat jahat yang bisa menginfeksi saluran pencernaan dapat dilawan, daya tahan tubuh lebih kuat, dan pencernaan Bunda pun akan lebih lancar.

Selain manfaat buah naga untuk ibu hamil yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak lagi manfaat buah naga bagi kesehatan secara umum yang bisa Bunda dapatkan, seperti memperhalus kulit, menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan risiko terkena kanker.

Buah naga untuk ibu hamil bisa dikonsumsi dengan cara dimakan langsung setelah dikupas dan dipotong, dijadikan salad buah, dijadikan jus, atau dicampurkan dengan yogurt. Selain mengonsumsi buah naga, konsumsi juga buah, sayur, dan makanan bergizi lainnya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi selama hamil ya, Bunda.

Sumber:

Nishikito, D., et al. (2023). Anti-Inflammatory, Antioxidant, and Other Health Effects of Dragon Fruit and Potential Delivery Systems for Its Bioactive Compounds. Pharmaceutics, 15(1), pp. 159.

Mayo Clinic (2022). Healthy Lifestyle. Iron Deficiency Anemia during Pregnancy: Prevention Tips.

BabyCenter (2021). Riboflavin (Vitamin B2) during Pregnancy.

BabyCenter (2021). Thiamin during Pregnancy.

BabyCenter (2021). Vitamin C during Pregnancy.

Everyday Health (2022). Dragon Fruit: Nutrition Facts, Health Benefits, How to Eat It, and More.

Healthline (2023). What Is Dragon Fruit and Does It Have Health Benefits?

Verywell Fit (2023). Dragon Fruit Nutrition Facts and Health Benefits.

WebMD (2022). Anemia in Pregnancy.

WebMD (2022). Dragon Fruit.

By dr. Marianti

Head of Medical Content Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *