5 Obat Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Obat penambah darah untuk ibu hamil

Obat penambah darah untuk ibu hamil diperlukan untuk mengatasi kurang darah atau anemia yang banyak terjadi pada saat mengandung. Tidak hanya harus ampuh, obat penambah darah untuk ibu hamil yang Bunda konsumsi juga harus aman untuk Si Kecil di dalam perut.

Umumnya, kurang darah kerap tidak menimbulkan gejala yang khas. Namun, jika sudah semakin berat, kondisi ini bisa menimbulkan gejala berupa napas cepat dan eendek, mudah lelah, pusing, dan kulit yang lebih pucat. Anemia yang tidak diobati saat hamil bisa menyebabkan tumbuh kembang janin terganggu.

Untuk mengobati kurang darah, Bunda memerlukan kadar zat besi, asam folat, dan vitamin B12 yang cukup.

Rekomendasi Obat Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Zat besi diperlukan untuk membuat hemoglobin, yakni protein dalam sel darah merah yang bertugas mengikat oksigen untuk disebarkan ke seluruh tubuh. Sementara itu, asam folat (vitamin B9) dan vitamin B12 berperan untuk meningkatkan jumlah sel darah merah agar distribusi oksigen di dalam tubuh lancar.

Nah, berikut adalah rekomendasi 5 obat penambah darah untuk ibu hamil yang tentunya mengandung nutris-nutrisi tersebut:

1. Hemafort

Hemafort adalah obat penambah darah untuk ibu hamil yang berbentuk tablet. Suplemen ini tidak hanya dilengkapi zat besi, vitamin B12, dan asam folat. Di dalamnya juga terdapat vitamin C yang bisa membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh Bunda.

Selain itu, obat ini juga mengandung tembaga dan mangan yang penting untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil.

2. Fermia

Tablet suplemen Fermia bisa membantu Bunda memenuhi kebutuhan nutrisi harian, termasuk zat besi dan asam folat. Di dalam obat penambah darah untuk ibu hamil ini, ada juga vitamin B6 lho, Bun. Vitamin ini adalah salah satu andalan dalam mengurangi mual dan muntah yang sering melanda ibu hamil.

3. Hemobion

Obat penambah darah untuk ibu hamil ini tidak hanya mengandung zat besi (ferrous fumarate), asam folat, dan vitamin B12, tetapi juga dilengkapi cholecalciferol (vitamin D) yang penting untuk pembentukan sel darah merah. Obat penambah darah ini juga mengandung kalsium yang penting untuk pembentukan jaringan tulang dan gigi Si Kecil

4. Ferospat Effervescent

Setiap tablet Ferospat Effervescent mengandung zat besi (ferric pyrophosphate), asam folat, vitamin B12, dan vitamin C. Plus, obat penambah darah untuk ibu hamil ini juga mengandung mineral mangan yang penting untuk pertumbuhan tulang dan jaringan tubuh Si Kecil.

5. Folamil Genio

Folamil Genio adalah kapsul suplemen multivitamin yang bisa membantu Bunda memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Di dalam suplemen ini terdapat berbagai nutrisi, seperti zat besi (iron polymaltose complex), asam folat, dan vitamin B12, yang kerap menjadi bahan utama obat penambah darah untuk ibu hamil.

Bun, suplemen penambah darah seperti Folamil Genio maupun yang lainnya lebih efektif diserap tubuh saat perut kosong. Namun, terkadang obat penambah darah untuk ibu hamil yang mengandung zat besi ini bisa menyebabkan mual. Untuk mencegah keluhan ini, Bunda boleh minum obat penambah darah setelah makan, ya.

Selain minum obat penambah darah untuk ibu hamil, Bunda jangan lupa untuk mengonsumsi makanan tinggi zat besi dan asam folat guna membantu produksi sel darah merah. Contohnya adalah ikan, daging tanpa lemak, telur, biji-bijian dan kacang-kacangan, buah seperti pisang dan melon, serta sayuran hijau.

Jika masih merasakan gejala kurang darah meskipun sudah minum obat penambah darah untuk ibu hamil, Bunda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Apalagi, jika keluarga Bunda juga pernah mengalami kurang darah.

Dengan berkonsultasi, dokter bisa memeriksa penyebab Bunda terus mengalami kurang darah dan memberikan penanganan yang tepat.

Sumber:

National Institutes of Health. Office of Dietary Supplements. (2023). Fact Sheet for Consumers. Iron.

National Library of Medicine. Medline Plus. (2021). Medical Encyclopedia. Taking Iron Supplements.

Cleveland Clinic. (2022). Diseases & Conditions. Anemia During Pregnancy.Mayo Clinic. (2023). Folate (Folic Acid).

American Pregnancy Association. Healthy Pregnancy. Natural Sources of Vitamin B During Pregnancy.

Dasher, E. Baby Center (2021). Pregnancy. Vitamin B12 During Pregnancy.

Dasher, E. Baby Center (2021). Pregnancy. Manganese During Pregnancy.

Timmons, J. Healthline (2023). Anemia in Pregnancy: What It Is and How to Prevent It.

Werner, C. Healthline (2023). Can Low Levels of Vitamin D Cause Anemia?

Johnson, T. C. WebMD (2023). Pregnancy. Get the Calcium You Need During Pregnancy.

WebMD. (2021). A to Z Guides. Understanding Anemia – Symptoms.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *