6 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil yang Patut Diketahui

manfaat kurma untuk ibu hamil, diary bunda

Ada beragam manfaat kurma untuk ibu hamil, mulai dari mencegah sembelit hingga melancarkan proses persalinan. Selain itu, bukan hanya untuk ibu hamil, kurma juga bermanfaat bagi janin. Jadi, tidak heran kalau kurma menjadi salah satu buah yang cocok dikonsumsi oleh ibu hamil.

Buah kurma sering ditemukan saat bulan puasa sebagai hidangan berbuka. Buah yang berukuran kecil ini memiliki beragam kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk pada ibu hamil.

Beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam buah kurma adalah vitamin B9 (asam folat), zat besi, serat, protein, magnesium, dan kalsium. Buah ini juga diketahui tinggi antioksidan. Buah kurma juga termasuk salah satu sumber karbohidrat yang baik, sehingga bisa memberikan lebih banyak energi bagi ibu hamil dan membuat tubuh tidak mudah lelah.

Beragam Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil dan Janin

Berbagai kandungan nutrisi dalam buah kurma dapat mendukung kesehatan Bunda dan janin selama hamil. Nah, beberapa manfaat yang bisa Bunda dapatkan dengan mengonsumsi kurma di antaranya adalah:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Selama masa kehamilan, berbagai perubahan dalam tubuh berdampak pada melemahnya sistem imun sehingga ibu hamil mudah sakit. Nah, agar tidak mudah terkena penyakit, Bunda bisa mengonsumsi buah yang mengandung antioksidan tinggi, salah satunya kurma.

Kandungan antioksidan dalam buah kurma mampu menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, sehingga Bunda tetap sehat selama hamil. Kurma juga mengandung protein dan vitamin A yang baik untuk memperkuat imunitas tubuh.

2. Mencegah sembelit

Selama mengandung, ibu hamil bisa mengalami berbagai keluhan pada tubuh, salah satunya sembelit. Untuk mencegah keluhan tersebut, Bunda disarankan untuk selalu mencukupi asupan cairan tubuh dan memenuhi kebutuhan serat.

Jumlah serat yang dibutuhkan Bunda saat hamil adalah 25–30 gram per hari. Nah, kebutuhan serat ini dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan, salah satunya buah kurma.

Kandungan serat dalam kurma mencapai 6,5 gram bila dikonsumsi sebanyak 4 buah per hari. Meski begitu, Bunda tidak disarankan untuk mengonsumsi kurma lebih dari 5 buah setiap hari karena bisa berisiko menyebabkan perut kembung, kram, dan kentut.

3. Mencegah anemia

Anemia merupakan salah satu kondisi yang cukup sering dialami ibu hamil. Kondisi ini bisa terjadi karena kurangnya asupan zat besi saat hamil. Untuk mencegahnya, Bunda perlu memenuhi kebutuhan zat besi sebanyak 27 gram per hari.

Nah, ada beragam makanan sumber zat besi yang bisa Bunda konsumsi, misalnya buah kurma. Buah ini mengandung zat besi yang cukup tinggi, yaitu sekitar 5% dari kebutuhan zat besi harian ibu hamil.

4. Melancarkan proses persalinan

Manfaat kurma untuk ibu hamil yang tidak kalah penting adalah melancarkan proses persalinan. Menurut beberapa penelitian, konsumsi kurma secara rutin selama 4 minggu sebelum melahirkan bisa mempercepat pembukaan jalan lahir sehingga durasi persalinan pun lebih pendek.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa kurma mampu memudahkan ibu hamil untuk melahirkan secara normal tanpa harus menggunakan induksi persalinan. Ini terjadi karena kurma dipercaya bisa mendorong produksi hormon oksitosin yang berfungsi untuk merangsang kontraksi rahim. Dengan begitu, persalinan menjadi lebih mudah.

5. Mencegah cacat tabung saraf pada janin

Untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada janin, seperti anensefali dan spina bifida, Bunda harus memenuhi kebutuhan asam folat harian sebanyak 600 mcg.

Nah, dengan mengonsumsi kurma yang mengandung 15 mcg dalam setiap 100 gram buahnya, Bunda bisa menambah asupan asam folat harian. Dengan begitu, cacat tabung saraf bisa dicegah. Kurma juga mengandung kolin dan lutein yang berperan penting dalam mendukung perkembangan otak dan saraf janin.

6. Memperkuat tulang dan otot janin

Selain asam folat, kurma juga mengandung kalsium dan magnesium yang cukup tinggi. Kedua mineral tersebut sangat penting bagi pertumbuhan serta perkembangan tulang dan otot janin.

Selain beragam manfaat yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak manfaat kurma bagi kesehatan secara menyeluruh, seperti menjaga kesehatan saluran pencernaan, menjaga kesehatan jantung, bahkan menurunkan risiko terkena kanker.

Agar manfaat buah kurma untuk ibu hamil lebih terasa, konsumsi buah kurma juga harus Bunda imbangi dengan konsumsi sayur, makanan sehat, atau buah lainnya. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi Bunda saat hamil bisa terpenuhi.

Sumber:

Cleveland Clinic (2023). Nutrition. The Sweet Health Benefits of Dates.

Baby Center (2021). Choline During Pregnancy.

Healthline (2022). 8 Proven Health Benefits of Dates.

Healthline (2019). Is Eating Dates During Pregnancy Safe — and Can It Help Labor?

Verywell Health (2023). Dates and All Their Benefits.

WebMD (2021). Eating Dates: Health Benefits While Pregnant?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *