5 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

manfaat air kelapa untuk ibu hamil, diary bunda

Ada banyak manfaat air kelapa untuk ibu hamil selain rasanya yang segar. Minuman ini bisa menggantikan cairan tubuh Bunda dan memberikan nutrisi penting untuk Si Kecil. Oleh sebab itu, air kelapa bisa jadi alternatif minuman sehat jika Bunda bosan minum air mineral yang terasa tawar.

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Digemari oleh berbagai kalangan, air kelapa juga dianjurkan untuk ibu hamil karena manfaat yang melimpah dalam air dari buah yang satu ini. Yang paling terkenal adalah kemampuannya menggantikan cairan tubuh. Meski begitu, masih banyak lho nutrisi dalam air kelapa yang baik untuk Bunda dan Si Kecil, seperti vitamin C dan kalsium.

Nah, berikut ini adalah berbagai manfaat air kelapa untuk ibu hamil:

1. Mengganti cairan tubuh yang hilang

Hampir setiap ibu hamil pernah mengalami mual dan muntah, yang juga dikenal sebagai morning sickness. Nah, kalau sudah sering muntah, elektrolit dan cairan tubuh pasti berkurang. Elektrolit adalah zat yang membantu Bunda menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan membantu sel tubuh menyerap nutrisi.

Salah satu manfaat air kelapa untuk ibu hamil adalah mengembalikan elektrolit dan cairan  tubuh. Dengan begitu, jumlah cairan tubuh bisa kembali normal dan Bunda pun terhindar dari dehidrasi. Tak hanya itu, air kelapa pun bisa membantu meredakan mual dan muntah saat hamil, lho.

2. Mendukung pertumbuhan janin

Tidak hanya melalui suplemen vitamin, Bunda juga bisa mencukupi asupan nutrisi harian dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat, termasuk air kelapa. Ini karena minuman ini mengandung antioksidan dan nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang Si Kecil, seperti vitamin C, kalsium, kalium, karbohidrat, dan magnesium.

Kalsium dan magnesium penting untuk mendukung pertumbuhan jaringan tulang dan otot, yang berfungsi untuk menopang tubuh Si Kecil, Bun. Sementara itu, kalium berperan untuk melancarkan aliran darah, sehingga Si Kecil bisa memperoleh asupan nutrisi yang cukup agar tumbuh kembangnya optimal.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Selain bisa mendukung pertumbuhan Si Kecil, air kelapa juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Bunda, lho. Inilah salah satu manfaat air kelapa untuk ibu hamil.

Manfaat ini ada berkat kandungan vitamin C dalam air kelapa yang bisa menetralkan radikal bebas dan melancarkan kerja sel darah putih. Dengan begitu, tubuh Bunda jadi tetap sehat dan bisa menopang tumbuh kembang Si Kecil si rahim.

4. Mencegah komplikasi kehamilan

Salah satu manfaat air kelapa untuk ibu hamil adalah mencegah komplikasi kehamilan, khususnya preeklamsia. Komplikasi yang satu ini bisa membahayakan ibu hamil dan janin jika tidak segera ditangani.

Preeklamsia sering kali ditandai dengan tekanan darah yang tinggi. Nah, Bunda bisa mencegah darah tinggi dengan mengonsumsi air kelapa. Sebab, air ini mengandung kalsium dan kalium yang mampu mengontrol tekanan darah dengan mengatur kontraksi otot di pembuluh darah.

Meski bisa mencegah, air kelapa tidak bisa menjadi pengobatan utama untuk kondisi preeklamsia atau tekanan darah tinggi ya, Bun. Jadi, Bunda harus tetap berkonsultasi dengan dokter jika mengalami kedua kondisi tersebut.

5. Mencegah infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih adalah kondisi ketika saluran kemih meradang dan iritasi akibat adanya bakteri. Bakteri ini bisa tumbuh ketika aliran urine tidak lancar, misalnya karena sering menahan pipis.

Selain itu, ibu hamil juga umumnya lebih rentan terkena infeksi ini karena rahim yang semakin membesar berada tepat di depan kandung kemih, sehingga terkadang bisa menghalangi pembuangan urine.

Nah, infeksi saluran kemih bisa dicegah dengan minum air kelapa lho, Bun. Sebab, air kelapa bersifat diuretik alami, yakni mampu mengurangi bakteri dalam ginjal dengan membuangnya melalui pipis yang lebih sering. Dengan begitu, Bunda bisa terhindar dari infeksi saluran kemih. Inilah salah satu manfaat air kelapa untuk ibu hamil.

Selain yang disebutkan di atas, ada pula manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang beredar, seperti bahwa meminumnya bisa membuat kulit bayi yang akan lahir jadi lebih cerah. Namun, ini hanya mitos ya, Bun, karena warna kulit bayi hanya tergantung pada faktor keturunan.

Meskipun sudah tahu banyaknya manfaat air kelapa untuk ibu hamil, Bunda jangan sampai meminumnya tanpa memperhatikan kebersihannya ya. Hal ini karena air kelapa adalah salah satu dari berbagai asupan yang bisa menjadi tempat tumbuhnya bakteri.

Asupan seperti ini biasanya tidak disarankan untuk ibu hamil jika tidak dipasteurisasi (dipanaskan untuk mematikan berbagai bakteri) terlebih dahulu. Supaya tidak khawatir, Bunda bisa meminum air kelapa yang dijual setelah melalui proses pasteurisasi ya.

Sumber:

American Pregnancy Association. Healthy Pregnancy. Urinary Tract Infection During Pregnancy.

Harvard T.H. Chan. School of Public Health (2023). The Nutrition Source. Vitamin C.

Dasher, E. Baby Center (2021). Diet & Fitness. Calcium During Pregnancy.

Bellani, P. S. Baby Center. Healthy Eating In Pregnancy. What are the benefits of drinking coconut water during pregnancy?

Mayo Clinic. (2023). Diseases & Conditions. Diuretics.

Mayo Clinic. (2022). Diseases & Conditions. Preeclampsia.

Cleveland Clinic. (2021). Diagnotics & Testing. Electrolytes.

Manipal Hospitals. (2019). Coconut Water During Pregnancy Myths And Facts.

WebMD. (2023). Health & Diet Guide. Health Benefits of Coconut Water.

Alodokter. (2021). Keluarga. Inilah 5 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil.

Garone, S. Healthline (2020). Parenthood. 8 Benefits of Drinking Coconut Water During Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *