7 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Tanpa Minum Obat

cara mengatasi mual saat hami, diary bunda

Cara mengatasi mual saat hamil tidak selalu harus langsung minum obat lho. Bunda bisa menerapkan beberapa kebiasaan sederhana agar mual berkurang dan tidak mengganggu istirahat.

Mual adalah rasa tidak nyaman pada perut yang membuat Bunda ingin muntah. Tak perlu khawatir jika mengalaminya, apalagi pada 3 bulan pertama kehamilan. Sebab, ibu hamil memang rentan mengalami mual karena meningkatnya hormon kehamilan. Kondisi mual ini disebut juga morning sickness.

Meski begitu, Bunda sebaiknya menerapkan cara mengatasi mual saat hamil jika mulai mengalaminya. Pasalnya, mual bisa memengaruhi tumbuh kembang janin kalau sampai membuat Bunda terus-menerus muntah dan kekurangan asupan nutrisi.

Cara Mengatasi Mual saat Hamil

Perlu diketahui, pemicu mual bisa saja berbeda pada setiap ibu hamil. Namun, Bunda tak harus langsung minum obat dokter untuk mengatasinya, kok. Secara umum, ini lho berbagai cara mengatasi mual saat hamil yang bisa Bunda coba sendiri:

1. Berhati-hati memilih makanan

Makanan yang berlemak, berminyak, dan pedas biasanya bisa menyebabkan asam lambung naik dan memicu mual. Jadi, salah satu cara mengatasi mual saat hamil adalah menghindari jenis makanan tersebut ya, Bun.

Sebagai gantinya, Bunda bisa mengonsumsi makanan rendah lemak dan tidak berbau tajam, seperti pisang, nasi, bubur, roti panggang, tahu, tempe, dan telur.

2. Makan lebih sering dengan porsi lebih kecil

Saat hamil, Bunda mungkin akan merasa lebih cepat kenyang atau tidak mampu makan dalam porsi terlalu banyak, apalagi saat sedang merasa mual.

Sebagai solusi, Bunda bisa mengurangi porsi makan, tapi perbanyak jadwal makan, Bun. Tidak perlu memaksakan porsi makan terlalu banyak karena hal ini justru bisa membuat Bunda semakin mual.

Selain itu, Bunda juga bisa memperbanyak mengemil agar nafsu makan Bunda terjaga dan nutrisi yang diperoleh tetap memadai. Kalau bingung memilih camilan, Bunda bisa mencoba biskuit untuk ibu hamil, buah-buahan, atau yoghurt, ya.

3. Banyak minum

Mual merupakan salah satu gejala umum kekurangan cairan (dehidrasi). Nah, salah satu cara mengatasi mual saat hamil adalah minum banyak air agar kebutuhan cairan tubuh Bunda terpenuhi.

Namun, jangan air mineral atau air putih saja ya, Bun, karena terkadang minum air puth terlalu banyak bisa menyebabkan kembung dan mual. Sebagai selingan air mineral, Bunda bisa mengonsumsi minuman sehat seperti air kelapa atau jus buah segar.

4. Hindari aroma yang memicu mual

Ibu hamil sering kali merasakan mual saat mencium aroma tertentu. Ini karena meningkatnya hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG) dan estrogen selama mengandung bisa membuat penciuman Bunda lebih sensitif. Akibatnya, aroma yang biasanya tidak mengganggu Bunda justru bisa memicu mual saat hamil.

Nah, sebagai salah satu cara mengatasi mual saat hamil, cobalah mengenali aroma yang membuat Bunda mual lalu menghindarinya, ya.  Agar lebih ampuh, Bunda bisa juga menggunakan pengharum ruangan dengan wangi yang segar, seperti aroma lemon, jeruk, lavender, atau mint.

5. Hirup udara segar

Salah satu cara mengatasi mual saat hamil adalah membuka jendela ruangan atau sering keluar rumah untuk menghirup udara segar. Cara ini bisa menghilangkan rasa pengap sekaligus aroma yang memicu mual.

6. Kurangi stres

Saat stres, lambung menghasilkan banyak asam lambung, sehingga menimbulkan rasa mual. Nah, salah satu cara mengatasi mual saat hamil adalah mengurangi stres dengan melakukan relaksasi, olahraga, atau hal-hal lain yang Bunda sukai. Dengan begitu, asam lambung terkontrol dan Bunda jadi tidak mual.

7. Minum air jahe

Minum air jahe merupakan cara mengatasi mual saat hamil yang ampuh karena jahe terbukti mampu mengontrol asam lambung yang memengaruhi rasa mual. Untuk mencobanya, Bunda bisa merebus 4–6 iris jahe dalam panci berisi 2 cangkir air selama 10–20 menit, ya.

Jangan lupa, Bun, pemicu mual pada setiap ibu hamil bisa berbeda, sehingga wajar jika ada cara mengatasi mual saat hamil di atas yang tidak manjur. Sebagai alternatif, Bunda bisa minum suplemen vitamin B6 yang bisa membantu meredakan mual dan mengurangi asam lambung berlebih.

Nah, jika mual tidak membaik setelah Bunda mencoba berbagai cara untuk mengatasinya, cobalah berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, Bunda bisa mengetahui penyebab pasti mual dan mendapatkan solusi yang tepat.

Sumber:

Centers for Disease Control and Prevention. (2021). Violence Prevention. Coping With Stress.

Harvard Medical School. Harvard Health Publishing (2022). Diseases & Conditions. Could Stress be Making My Acid Reflux Worse?

Cleveland Clinic. (2023). Diseases & Conditions. Morning Sickness.

Cleveland Clinic. (2023). Treatments & Procedures. Dehydration.

Mayo Clinic. (2022). Diseases & Conditions. Morning Sickness.

Alfieri, K. The Bump (2023). Pregnancy Symptoms. Early Signs of Pregnancy: Heightened Sense of Smell.

Ajmera, R. Healthline (2023). Nutrition. 6 Vitamins and Supplements for Acid Reflux.

Cirino, E. Healthline (2023). Health. What Does Nausea Feel Like?

Marcin, A. Healthline (2023). Health. Can You Use Ginger to Treat Acid Reflux?

McDermott, A. Healthline (2023). Health. Top 18 Ways to Get Rid of Nausea.

Alodokter. (2023). Hidup Sehat. 15 Khasiat Minuman Jahe untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya.

Watson, S. Baby Center (2021). Pregnancy. Heightened Sense of Smell During Pregnancy.

By dr. Airindya Bella

Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *