Perkembangan Bayi 2 Bulan, Sudah Bisa Apa Saja Ya Si Kecil?

Walau tidak terlalu kelihatan, perkembangan bayi 2 bulan sebetulnya sangat pesat lho, Bun. Pada usia ini, Si Kecil sudah bisa mengangkat kepalanya dan tersenyum ketika diajak berbicara atau bercanda. Tak hanya itu, kemampuan Si Kecil dalam melihat juga sudah lebih fokus dan terarah, lho. 

Selamat, Si Kecil sudah memasuki usia 2 bulan nih, Bun! Salah satu perubahan yang paling terlihat pada perkembangan bayi 2 bulan adalah matanya yang makin jeli melihat, serta gerakan tangan dan kakinya yang kian aktif. Berat badan dan panjang badannya juga akan terus bertambah. Ini membuat Si Kecil terlihat makin lucu dan menggemaskan ya, Bun. 

Selain itu, sebenarnya ada banyak perkembangan bayi 2 bulan yang bakal bikin Bunda takjub melihatnya. Apa saja, ya? 

Inilah Perkembangan Bayi 2 Bulan

Berikut ini adalah berbagai perkembangan bayi 2 bulan yang perlu Bunda ketahui:

1. Melihat dan mengikuti gerakan benda di dekatnya 

Pada usia 2 bulan, gerakan mata bayi sudah lebih fokus dan terarah lho, Bun. Nah, hal ini membuat Si Kecil bisa mengikuti benda yang bergerak menggunakan bola matanya. Di usia ini, bayi juga bisa melihat lebih banyak variasi warna, terutama warna-warna cerah. 

Untuk menstimulasi penglihatan Si Kecil, Bunda dan Ayah dapat mengajaknya berbicara dan menggerakkan mainan di depan matanya. 

2. Mengangkat kepala

Bunda, otot leher Si Kecil sekarang sudah lebih kuat, lho. Makanya, Si Kecil mulai bisa mengangkat kepalanya hingga 45° sambil tengkurap saat ia melakukan tummy time. Bahkan, sebagian bayi 2 bulan juga ada yang mulai belajar untuk mengangkat dadanya saat sedang tengkurap, Bun.

Namun, Bunda tidak perlu cemas jika Si Kecil belum bisa mengangkat kepala dan dadanya di usia 2 bulan ya, karena ada juga bayi yang baru bisa melakukan hal ini saat usianya mendekati 4 bulan

3. Tersenyum dan tertawa saat diajak berbicara 

Hal yang paling menggembirakan dari perkembangan bayi 2 bulan adalah ia sudah bisa mengenali wajah Ayah dan Bunda dari kejauhan, bahkan ia akan memberikan senyuman ketika diajak berbicara, bermain, atau bercanda. Tak hanya senyuman, Si Kecil juga bisa tertawa saat mendengarkan suara yang lucu lho, Bun. 

Nah, pada fase ini, Bunda disarankan untuk selalu memberikan stimulasi untuk menarik perhatiannya agar ia tersenyum dan tertawa, ya. Salah satu caranya adalah dengan mengajaknya berbicara, bernyanyi, membacakan dongeng untuknya, atau sekadar menyapa. 

4. Mulai bisa mengenali suara  

Perkembangan bayi 2 bulan yang bikin takjub selanjutnya adalah Si Kecil juga sudah bisa mengenali dan membedakan suara Ayah, Bunda, dan orang-orang di sekitarnya. Nah, ketika Ayah, ibu, dan orang-orang di sekitarnya sedang berbicara di dekatnya, Si Kecil akan mencoba menoleh ke sumber suara seolah ingin ikut diajak bicara. 

Oleh karena itu, Ayah dan Bunda sering-seringlah mengajak Si Kecil berbicara atau membacakan dongeng untuknya, ya. Walaupun belum terlalu mengerti, ia akan merasa senang saat diajak berbicara dengan Bunda dan Ayah.

Selain perkembangan bayi 2 bulan di atas, Si Kecil juga bisa menunjukkan perkembangan kemampuan lainnya, seperti mengisap jari tangannya untuk menenangkan diri, memasukkan tangan ke mulut, menggenggam benda dengan erat selama beberapa detik, dan mulai mengoceh. 

Namun, apabila Si Kecil belum bisa melakukan hal-hal yang sudah dijelaskan di atas, jangan khawatir dulu ya, Bun. Soalnya, perkembangan bayi 2 bulan bisa berbeda-beda, apalagi kalau ia lahir secara prematur.

Meski demikian, Bunda tetap perlu waspada jika Si kecil menunjukkan tanda-tanda gangguan pada perkembangannya, seperti: 

  • Tidak tersenyum saat Bunda, Ayah, atau orang lain mengajaknya tersenyum
  • Tidak merespons ketika mendengar suara kencang 
  • Tidak mengikuti benda yang bergerak dengan matanya 
  • Tidak dapat menggenggam sesuatu 
  • Tidak bereaksi dengan suara yang mengagetkannya atau ketika dipanggil
  • Tidak mau menyusu 

Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera periksakan Si Kecil ke dokter ya, Bun. Hal ini untuk memastikan apakah perkembangan bayi 2 bulan telah sesuai atau memerlukan penanganan lebih lanjut. 

Sumber: 

Pregnancy Birth & Baby (2024). Your Baby’s Growth and Development – 2 Months Old. 

Mayo Clinic (2023). Healthy Lifestyle. Infant and Toddler Health. 

Baby Center (2024). Your 2 Month Old Baby’s Development.

Healthline (2020). All About Your 2-Month-Old Baby.

Parents (2024). All About Your 2-Month Old Baby’s Milestones. 

Parents (2023). A Week-by-Week Guide to Your Baby’s First Year Milestones.

The Bump (2022). 2-Month-Old Baby. 

What to Expect (2023). 2-Month-Old Baby. 

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *