Seperti Inilah Posisi Janin 7 Bulan yang Ideal

Posisi janin 7 bulan penting untuk diketahui ibu hamil. Alasannya, pada usia kehamilan ini, kepala bayi seharusnya sudah mulai mengarah ke bawah. Posisi janin 7 bulan yang optimal berperan penting untuk memudahkan proses kelahiran bayi nantinya. Maka dari itu, Bunda perlu memantau dan mengetahui posisi Si Kecil dari sekarang, ya. 

Usia kehamilan sudah 7 bulan ya, Bun? Ini artinya, kelahiran Si Kecil makin dekat, nih. Namun, Bunda harus bersabar dulu, karena masih ada beberapa minggu lagi sebelum benar-benar bertemu dengannya, ya. 

Bunda sudah tahu belum posisi janin 7 bulan yang ideal? Mengetahui posisi janin pada usia kehamilan ini bertujuan untuk memastikan metode persalinan yang sesuai, serta memastikan proses persalinan berjalan lancar. 

Posisi Janin 7 Bulan yang Ideal 

Pada usia kehamilan 7 bulan, umumnya posisi kepala janin sudah berada pada bagian bawah rahim dan ia mulai mempersiapkan diri untuk lahir. Nah, posisi janin 7 bulan ini merupakan posisi ideal untuk proses persalinan normal, Bun. 

Saat janin berada di posisi idealnya, tendangannya akan lebih sering terasa pada perut bagian atas Bunda. Namun, sebaliknya, jika posisi janin sungsang atau kepala janin masih berada di bagian atas rahim, Bunda akan lebih sering merasakan tendangan di perut bagian bawah atau dekat dengan tulang kemaluan. 

Untuk memantau gerakan janin, Bunda bisa melakukan perhitungan. Umumnya, Bunda akan merasakan gerakan janin, yaitu sekitar 10 kali dalam waktu 2 jam. Biasanya, gerakan janin akan lebih terasa ketika ia sedang mengubah posisi tubuh.

Namun, Bunda tidak perlu khawatir jika Si Kecil belum berada dalam posisi yang ideal pada usia kandungan 7 bulan ini. Biasanya, ia akan lebih banyak bergerak dan mengubah posisinya ke posisi yang ideal ketika usia kandungan mencapai 8 bulan atau sekitar 32–36 minggu,  Bun. 

Nah, untuk mengetahui posisi janin 7 bulan, dokter biasanya akan meraba perut Bunda untuk mengetahui letak kepala, punggung, dan bokong Si Kecil berada. Selain itu, dokter juga bisa memantau posisi janin dengan melakukan pemeriksaan USG. 

Jika posisi kepala janin masih terlihat berada di bagian atas rahim hingga usia kandungan mendekati 9 bulan, dokter mungkin akan menyarankan Bunda untuk memperbaiki posisi janin terlebih dahulu. 

Namun, apabila metode tersebut tidak juga mengubah posisi janin, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter, ya. Tujuannya adalah agar Bunda mendapatkan masukan untuk memilih proses persalinan sesuai dengan kondisi yang dialami. 

Sumber: 

Cleveland Clinic (2024). Health Library. Fetal Positions. 

Johns Hopkins Medicine. The Third Trimester.

Mayo Clinic (2023). Fetal presentation before birth.

Baptist Health (2023). Your Baby’s Position in The Womb. 

Raising Children Network Australia (2023). 28 Weeks Pregnant.

Healthline (2020). Signs That Your Baby Has Turned Into a Head-Down Position. 

Healthline (2020). Where Do You Feel Baby Kicks During Pregnancy?

WebMD (2021). Your Baby’s Growth and Development In the Third Trimester of Pregnancy. 

What to Expect (2023). 28 Weeks Pregnant. 

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *