Sakit Gigi Saat Hamil, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

sakit gigi saat hamil, diary bunda

Sakit gigi saat hamil bukanlah hal yang harus terlalu Bunda khawatirkan karena kondisi ini tidak berbahaya jika segera ditangani. Rasa nyerinya memang sulit diabaikan, tetapi Bunda bisa kok melakukan pertolongan pertama sendiri agar sakit gigi tidak makin parah.

Penyebab Sakit Gigi Saat Hamil

Selama hamil, tubuh Bunda mengalami berbagai perubahan untuk menyesuaikan tumbuh kembang janin. Namun, perubahan ini juga bisa membuat ibu hamil jadi lebih rentan terhadap sakit gigi.

Nah, simak 3 penyebab sakit gigi saat hamil ini yuk, Bun.

1. Perubahan hormon

Selama mengandung, kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh Bunda meningkat. Hal ini bisa membuat gusi dan bagian lain di dalam mulut jadi lebih sensitif alias mudah terluka. Nah, untuk menghindarinya, ibu hamil biasanya jadi lebih jarang sikat gigi.

Hal tersebut bisa memicu munculnya plak pada sela-sela antara gigi dan gusi yang akhirnya menimbulkan radang gusi. Imbasnya, Bunda jadi merasakan sakit gigi saat hamil.

2. Muntah

Peningkatan kadar hormon di atas juga membuat ibu hamil jadi lebih rentan mual. Nah, kalau sudah sangat mual, ibu hamil bisa muntah.

Saat muntah, makanan dan minuman yang sudah sampai di lambung jadi kembali ke mulut dan mengenai gigi. Isi lambung ini bisa merusak lapisan terluar (enamel) gigi dan memicu sakit gigi saat hamil.

3. Kekurangan kalsium

Kekurangan kalsium bisa terjadi jika ibu hamil mengalami mual dan muntah yang parah atau pola makannya tidak sehat. Nah, kalau kekurangan kalsium, gigi jadi lebih mudah rusak dan akan memicu sakit gigi saat hamil jika tidak segera diatasi.

Cara Mengatasi Sakit Gigi Saat Hamil

Meskipun umumnya tidak berbahaya, sakit gigi saat hamil bisa mengganggu istirahat. Untungnya, ada kok beberapa cara rumahan untuk mengatasi sakit gigi agar Bunda tidak perlu berlama-lama mengalaminya, yakni:

  • Bersihkan gigi dengan cara berkumur menggunakan campuran air dan garam setelah muntah. Selain mampu melindungi gigi dari cairan lambung, campuran ini juga bisa menggantikan obat kumur beralkohol yang bisa memperburuk sakit gigi saat hamil.
  • Tempelkan kompres dingin pada bagian pipi dekat gigi yang sakit. Suhu dingin bisa mengatasi sakit gigi saat hamil dengan mengurangi peradangan di sana.
  • Oleskan minyak cengkeh pada gigi yang sakit. Kandungan eugenol yang terdapat pada cengkeh merupakan pereda nyeri alami yang bisa mengurangi sakit gigi saat hamil.
  • Kunyah daun jambu biji, lalu gunakan lidah Bunda untuk mengoleskan sarinya ke gigi yang sakit. Sari daun jambu biji bersifat antiradang sehingga bisa menenangkan rasa sakit di gigi.
  • Hindari makanan dan minuman yang terlalu panas maupun terlalu dingin karena bisa memperparah sakit gigi saat hamil, terutama jika Bunda memiliki gigi sensitif..

Oh iya, Bun, meski sakit gigi saat hamil umum terjadi, hati-hati jika penyebabnya adalah infeksi atau radang gusi, ya. Sebab, sakit gigi karena hal ini bisa membuat ibu hamil lebih rentan melahirkan bayi yang kurang berat badan atau melahirkan secara prematur.

Jika Bunda mengalami sakit gigi saat hamil disertai gusi yang bengkak atau terasa lembek saat disentuh, segeralah berkonsultasi dengan dokter ya, karena itulah tanda infeksi gusi. Dengan berkonsultasi, dokter bisa memastikan penyebab sakit gigi dan menanganinya sesuai kondisi Bunda.

Sumber:

Yenen, Z. & Ataçağ, T. (2019). Oral Care in Pregnancy. Journal of the Turkish German Gynecological Association, 20(4), 264–268.

Mayo Clinic. (2023). Diseases & Conditions. Periodontitis.

Watson, S. Verywell Health (2023). Dental Health. Can Clove Oil Help With a Toothache?

Davis, L. E. Verywell Health (2022). Pregnancy. Why Does My Tooth Hurt During Pregnancy?

Alodokter. (2021). Keluarga. Sakit Gigi Saat Hamil, Ini Penyebabnya.

Christiano, D. Healthline (2019). Health. Calcium Deposits and Your Teeth.

Higuera, V. Healthline (2019). Health. Why Teeth Pain During Pregnancy is a Thing—and What You Can Do About It.

By dr. Marianti

Head of Medical Content Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *