5 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

manfaat kacang hijau untuk ibu hamil

Ada beragam manfaat kacang hijau untuk ibu hamil, seperti membuat tubuh menjadi lebih sehat dan mencegah berbagai penyakit saat mengandung. Selain karena harga yang murah dan mudah ditemukan, kacang hijau dapat diolah menjadi berbagai makanan yang lezat dan kaya akan nutrisi.

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Kacang hijau merupakan salah satu kacang-kacangan yang kaya akan karbohidrat dan protein. Kacang hijau juga kaya akan mineral, seperti kalium, zat besi, mangan, dan selenium. Selain itu, kacang hijau juga merupakan sumber vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B9 atau asam folat, dan vitamin B1.

Seluruh nutrisi di atas memberikan manfaat kesehatan yang mampu membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih sehat dan tumbuh kembang janin menjadi lebih optimal.

Ada beragam manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang dapat Bunda peroleh, di antaranya:

1. Mengontrol tekanan darah

Ibu hamil rentan mengalami tekanan darah tinggi saat mengandung (hipertensi gestasional). Salah satu faktor yang membuat ibu hamil lebih berisiko adalah kekurangan kalium di dalam tubuh.

Nah, ada cara mudah yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi kekurangan kalium, yaitu dengan rutin mengonsumsi kacang hijau. Kacang hijau kaya akan kalium yang mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi saat hamil. Dengan begitu, tekanan darah akan kembali normal, sehingga membuat jantung Bunda menjadi lebih sehat.

2. Mencukupi kadar cairan tubuh

Selama masa kehamilan, dibutuhkan banyak asupan air untuk menjaga kecukupan kadar cairan di dalam tubuh. Asupan cairan yang disarankan untuk diminum setiap hari adalah 2 liter atau 8–12 gelas per hari.

Nah, Kalau Bunda bosan minum air putih, Bunda dapat memilih minuman yang tidak kalah sehat, seperti es kacang hijau dan susu kacang hijau lho. Makanan dan minuman ini tidak hanya mengandung air tapi juga banyak vitamin dan mineral, serta makronutrisi, seperti karbohidrat, protein, dan serat yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Inilah yang menjadikan kacang hijau baik untuk mencukupi cairan tubuh dan mencegah dehidrasi saat hamil.

Tidak hanya itu, es kacang hijau mampu meredakan rasa gerah dan menyejukkan tubuh ketika mengalami kepanasan saat mengandung.

3. Menyehatkan saluran pencernaan

Kacang hijau mengandung pektin, yaitu serat larut yang mampu memadatkan dan melembutkan tinja sehingga mudah dikeluarkan saat buang air besar. penyerapan makanan di usus. Itulah sebabnya salah satu manfaat kacang hijau untuk ibu hamil adalah menyehatkan saluran pencernaan.

Kacang hijau juga mengandung prebiotik yang berperan penting dalam menyehatkan usus. Prebiotik ini berfungsi untuk memperkuat dan menambah jumlah bakteri baik di dalam usus, sehingga pencernaan menjadi lebih sehat. Saluran pencernaan yang sehat dapat mencegah Bunda mengalami sembelit dan diare saat mengandung Si Kecil.

4. Mencegah kecacatan saraf pada janin

Selama hamil, Bunda dan janin butuh banyak nutrisi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan organ, salah satunya otak dan saraf tulang belakang. Nah, nutrisi yang berperan penting di dalam proses ini adalah vitamin B9 atau asam folat yang terkandung di dalam kacang hijau.

Kacang hijau kaya akan asam folat yang bermanfaat untuk mencegah gangguan dalam pembentukan tabung saraf, sehingga mampu mencegah kecacatan saraf pada janin.

5. Mengatasi anemia saat hamil

Umumnya, kadar hemoglobin atau Hb ibu hamil lebih rendah daripada normal. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kebutuhan produksi sel darah merah tetapi tidak diiringi dengan kadar hemoglobin yang cukup.  

Kadar Hb rendah di bawah normal saat hamil menandakan Bunda mengalami anemia saat hamil. Nah, kacang hijau kaya akan zat besi yang berperan penting dalam membentuk hemoglobin, sehingga sel darah merah berkualitas baik dan mencegah anemia. Inilah sebabnya manfaat kacang hijau untuk ibu hamil adalah mengatasi anemia saat hamil.

Selain dengan kacang hijau, Bunda perlu menambah kebutuhan zat besi dari sumber hewani zat besi, seperti daging, jeroan, dan ikan. Kalau Bunda tidak menyukai daging, cukupilah asupan zat besi dengan mengonsumsi suplemen zat besi yang diresepkan oleh dokter.

Ternyata, ada banyak manfaat kacang hijau untuk ibu hamil kan, Bun. Sayang kalau Bunda lewatkan dengan tidak mengonsumsi kacang hijau yang harganya murah dan dapat diolah menjadi banyak sajian nikmat yang menyegarkan, mencegah dehidrasi, dan bisa membuat Bunda menjadi lebih segar saat mengandung Si Kecil.

Kalau Bunda sedang tidak nafsu makan, cobalah variasikan menu makanan utama Bunda dengan mengolah kacang hijau menjadi berbagai sajian kacang hijau yang sedap dan kaya akan nutrisi, seperti sayur kacang hijau, dan perkedel kacang hijau. Kalau Bunda suka ngemil, cobalah kreasikan menu camilan Bunda dengan mengolah kacang hijau menjadi camilan kacang hijau yang lezat dan kaya akan nutrisi, seperti bubur kacang hijau, yogurt kacang hijau, pie kacang hijau, gandasturi, dan es krim kacang hijau,

Berbagai makanan di atas dapat diolah dengan mudah dan menggunakan bahan yang ekonomis lho, Bunda. Jadi, tertarik untuk mencoba kacang hijau saat hamil, Bun?

Sumber:

Centers for Disease Control and Prevention (2022). Salt. Sodium, Potassium and Health.

Cleveland Clinic (2022). Anemia During Pregnancy.

Cleveland Clinic Health Essentials (2022). Nutrition. What Are Prebiotics and What Do They Do?

Cleveland Clinic (2021). Diseases & Conditions. Pregnancy Constipation

Mayo Clinic (2022). Diseases & Conditions. Iron deficiency anemia.

Mayo Clinic (2022). Nutrition and healthy eating. Dietary fiber: Essential for a healthy diet.

BabyCenter (2021). Potassium during pregnancy.

Grow by WebMD (2022). Folic Acid and Pregnancy

Grow by WebMD (2022). What to Know About Drinking Water During Pregnancy.

Healthline (2023). 10 Impressive Health Benefits of Mung Beans.

By dr. Airindya Bella

Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *