4 Obat Mual Ibu Hamil yang Aman dan Efektif

obat mual ibu hamil, diary bunda

Obat mual ibu hamil harus dipilih dengan cermat agar efektif dan tidak berbahaya untuk janin. Dengan minum obat yang tepat, mual akan berkurang dan tidak menyebabkan Bunda muntah berlebihan. Jadi, tumbuh kembang janin pun tetap lancar.

Mual pada ibu hamil adalah rasa ingin muntah yang biasanya dipicu aroma atau makanan tertentu. Jika mengalami mual, Bunda tidak perlu terlalu cemas karena keluhan ini memang umum dialami ibu hamil. Untuk mengatasinya, Bunda bisa kok menggunakan cara alami atau mengonsumsi obat mual untuk ibu hamil.

Rekomendasi Obat Mual Ibu Hamil

Takut kandungan obat mual tidak aman untuk kehamilan? Jangan khawatir ya, Bun, ada kok obat mual ibu hamil yang aman untuk Si Kecil dan efektif mengatasi keluhan Bunda. Inilah rekomendasinya.

1. Corobion Tablet

Salah satu penyebab mual saat hamil adalah kekurangan asupan vitamin B1 dan vitamin B6. Nah, Corobion tablet bisa menjadi obat mual ibu hamil yang aman dan efektif karena mengandung kedua vitamin tersebut.

Dengan mengonsumsi obat ini, asupan harian vitamin B1 dan vitamin B6 bisa tercukupi dan mual pun jadi berkurang. Untuk itu, Bunda bisa minum 1 tablet Corobion, 1–3 kali sehari, ya.

2. Antimo Tablet

Antimo tablet merupakan obat mual ibu hamil yang bisa menghambat produksi dan efek histamin, yakni zat kimia dalam tubuh yang menyebabkan pemicu alergi seperti mual.

Meski diutamakan untuk mual karena mabuk perjalanan, kandungan dalam Antimo tablet juga aman untuk meredakan mual saat hamil, kok. Bunda bisa mengonsumsi 1 tablet Antimo, 1–3 kali sehari untuk mengurangi mual, ya.

3. Trovensis Tablet

Trovensis tablet adalah obat mual ibu hamil yang mengandung ondansetron, yakni obat yang mampu menahan efek serotonin. Serotonin adalah hormon yang mengontrol gerakan usus Bunda dalam mencerna makanan.

Jika usus terlalu banyak mengeluarkan serotonin, Bunda akan merasa mual. Nah, kandungan ondansetron dalam obat Trovensis tablet bisa memblokir efek serotonin sehingga tidak menyebabkan rasa mual.

Namun, Bunda hanya bisa mengonsumsi obat ini dengan resep dokter ya, agar dosisnya pas dan tidak menimbulkan masalah kesehatan.

4. Norvom Sirup

Norvom sirup merupakan obat mual ibu hamil yang efektif karena mengandung metoclopramide, yakni obat yang bisa mempercepat pengosongan lambung. Dengan lambung yang lebih cepat kosong, perut akan terasa lega dan Bunda jadi tidak merasa mual. Begitulah cara kerja obat sirup ini.

Meski efektif, Norvom sirup hanya boleh diminum dengan resep dokter ya, agar kandungannya sesuai kebutuhan Bunda dan dosisnya aman untuk Si Kecil.

Jika ingin meredakan mual tanpa periksa ke dokter, Bunda bisa mencoba tips rumahan seperti mengemil lebih sering, banyak menghirup udara segar, atau minum air jahe. Cara-cara tersebut bisa mengatasi mual yang ringan.

Namun, Bunda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter jika mengalami mual yang parah sampai terlalu sering muntah, ya. Pasalnya, kondisi ini bisa menjadi lebih parah dan mungkin butuh pengobatan serius.

Sumber:

National Library of Medicine. Medline Plus (2022). Drugs, Herbs and Supplements. Ondansetron.

National Library of Medicine. Medline Plus (2018). Drugs, Herbs and Supplements. Metoclopramide.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Direktorat Jenderal Pelayanan Masyarakat. Morning Sickness.

American College of Allergy, Asthma, & Immunology. Find an Allergist. Allergy Symptoms. Nausea and Vomiting.

Cleveland Clinic. (2023). Symptoms. Nausea & Vomiting.

Cleveland Clinic. (2023). Diseases & Conditions. Hyperemesis Gravidarum.

Cleveland Clinic. (2022). Health Library. Serotonin.

Mayo Clinic. (2022). Diseases & Conditions. Morning Sickness.

Timmons, J. Healthline (2023). Parenthood. Treating Morning Sickness with Unisom and Vitamin B6.

Alodokter. (2022). Ondansetron.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *