5 Rekomendasi Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

Minum obat batuk alami untuk ibu hamil bisa menjadi pilihan yang lebih aman dan mudah daripada obat batuk biasa. Selain bisa Bunda temukan saat belanja sayuran atau bahkan di rumah, obat batuk alami juga ampuh meredakan rasa tidak nyaman di tenggorokan yang menyebabkan batuk.

Batuk umumnya memang bisa sembuh sendiri. Namun, masalahnya batuk saat tidak hamil pun mengganggu, apalagi saat hamil di mana Bunda butuh istirahat lebih banyak dan tenaga lebih besar untuk merawat tubuh dan Si Kecil, ya?

Saat batuk, Bunda juga mungkin mengalami sakit tenggorokan. Nah, obat batuk alami untuk ibu hamil bisa menjadi solusi yang lebih aman untuk meredakannya dibandingkan obat batuk yang dijual bebas. Sebab, tidak semua kandungan dalam obat batuk aman untuk ibu hamil.

5 Obat batuk Alami untuk Ibu Hamil

Obat batuk alami bekerja dengan cara mengencerkan dahak atau merilekskan saluran napas, sehingga bisa meredakan batuk yang Bunda alami tanpa membahayakan kehamilan. Nah, simak beberapa obat batuk alami untuk ibu hamil yang mudah ditemukan tanpa harus ke apotek ini yuk, Bun.

1. Madu

Madu merupakan obat batuk alami untuk ibu hamil karena bisa merilekskan dan mengurangi gejala radang tenggorokan, termasuk batuk basah atau kering.

Untuk meredakan batuk, madu bisa Bunda konsumsi sebanyak 1 sendok teh secara langsung atau dicampurkan dengan teh, ya.

2. Jahe

Jahe adalah obat tradisional yang dikenal ampuh meredakan mual dan muntah pada ibu hamil. Namun, manfaatnya tidak cuma itu lho. Sensasi hangat yang muncul saat Bunda mengonsumsi jahe bisa mengurangi dahak dan rasa kering di tenggorokan.

Bunda bisa menggunakan obat batuk alami untuk ibu hamil ini dengan mengiris 1 inci akar jahe. Lalu, rebus dalam 1 gelas air selama 10–15 menit dan minum air rebusannya.

Kalau sibuk, Bunda juga bisa langsung membeli teh jahe celup, kok. 

3. Air garam

Berkumur dengan air garam bisa mengurangi dahak dan membuat tenggorokan Bunda menjadi lebih lembap, lho. Dengan begitu, batuk dan gejala infeksi lainnya pada tenggorokan pun berkurang.

Obat batuk alami untuk ibu hamil ini layak dicoba karena aman untuk ibu hamil dan bahannya juga mudah ditemukan di rumah. Caranya, Bunda hanya perlu mencampurkan ½ sendok teh garam dengan segelas air hangat, lalu menggunakannya untuk berkumur selama minimal 30 detik.

4. Daun peppermint

Daun peppermint dengan kandungan mentolnya tidak hanya memberikan sensasi dingin yang segar di mulut dan tenggorokan, tetapi juga merupakan obat batuk alami untuk ibu hamil lho. Konsumsi daun ini bisa melebarkan saluran pernapasan sehingga Bunda bisa bernapas dengan lebih lega dan tidak batuk.

Untuk meredakan batuk, cobalah meminum teh daun peppermint atau menghirup uap minyak esensialnya yang telah dilarutkan dalam secangkir air panas, Bun.

5. Kunyit

Kunyit bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk alami untuk ibu hamil karena mengandung kurkumin, yakni bahan aktif yang bisa meredakan gejala peradangan seperti batuk kering maupun berdahak.

Akan lebih efektif jika Bunda mengonsumsi kunyit bersama lada hitam, karena kombinasi keduanya bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kurkumin. Nah, agar batuk mereda, cobalah minum teh kunyit hangat yang dicampur dengan sejumput lada hitam dan sedikit madu.

Oh iya, Bun, jangan mengonsumsi obat batuk alami untuk ibu hamil bersama obat biasa ya. Ini karena obat batuk alami bisa saja mengurangi khasiat atau memicu efek samping tertentu dari obat biasa tersebut.

Meski sudah menggunakan obat batuk alami untuk ibu hamil, jangan tunda untuk menemui dokter jika Bunda mengalami batuk yang mengganggu aktivitas selama lebih dari seminggu. Dengan berkonsultasi ke dokter, Bunda bisa mengetahui penyebab pasti dari batuk yang dialami dan dampaknya pada janin dan kandungan.

Sumber:

National Health Service. (2022). Health A to Z. Herbal medicines.

Cleveland Clinic. (2023). Ear, Nose & Throat. Honey for Your Sore Throat and Cough.

Mayo Clinic. (2019). Diseases & Conditions. Chronic Cough.

Alodokter. (2023). 7 Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil yang Ampuh.

Ashpari, Z. Healthline (2023). Health. The Best Natural Cough Remedies.

Ellis, R. R. WebMD (2023). Cold, Flu, & Cough. Natural Cough Remedies.

Miller, K. The Bump (2023). Pregnancy Symptoms. How to Treat a Cough During Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *