Perut Kencang Saat Hamil, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

perut kencang saat hamil, diary bunda

Perut kencang saat hamil adalah keluhan yang justru bisa menandakan bahwa Si Kecil berkembang dengan baik lho, Bun. Sebab, sensasi perut tertarik yang mirip kram ini mungkin terasa saat janin sedang bergerak. Namun, perut kencang juga bisa terasa tidak nyaman sehingga lebih baik diatasi.

Penyebab Perut Kencang Saat Hamil

Bunda tidak perlu terlalu khawatir jika mengalami perut kencang saat hamil karena ini adalah hal yang wajar. Umumnya, perut terasa kencang karena rahim meregang mengikuti ukuran Si Kecil yang semakin besar.

Namun, selain itu, perut kencang saat hamil juga bisa terjadi karena alasan yang berbeda tergantung usia kehamilan Bunda. Nah, berikut adalah penyebab perut kencang berdasarkan usia kehamilan:

Trimester 1

Biasanya, perut kencang saat hamil trimester ke-1 disebabkan oleh posisi usus yang semakin naik ke atas karena ditekan oleh rahim yang membesar. Hal ini bisa memperlambat pencernaan, membuat Bunda mudah mengalami sembelit, dan perut jadi terasa kencang.

Perut kencang yang terasa nyeri juga bisa jadi menandakan kehamilan ektopik, yakni kehamilan di luar rahim, tepatnya di saluran indung telur (tuba falopi). Jika mengalami perut kencang disertai rasa sakit, Bunda sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat, ya.

Trimester 2

Selama rahim Bunda membesar, ligamen bundar yang menghubungkan rahim dan bibir terluar vagina turut meregang. Akibatnya, Bunda bisa saja merasakan sensasi tarikan pada panggul yang juga terasa seperti perut kencang.

Selain itu, penyebab lain perut kencang saat hamil di trimester ke-2 adalah kontraksi palsu (kontraksi Braxton Hicks) yang terasa mirip dengan kontraksi menjelang persalinan. Jangan khawatir, kontraksi ini memang normal terjadi dan justru merupakan cara tubuh Bunda bersiap atas kontraksi persalinan yang sebenarnya kelak.

Nah, perut kencang saat hamil juga bisa disebabkan oleh kekurangan cairan lho, Bun. Hal ini karena salah satu tanda kekurangan cairan tubuh adalah kram perut yang juga merupakan sensasi perut terasa kencang.

Trimester 3

Di trimester ke-3 kehamilan, ukuran Si Kecil dalam rahim Bunda sudah sangat besar, ya. Ini artinya, Si Kecil sudah bisa sering bergerak, tetapi ruangnya terbatas. Jadi, Bunda mungkin merasakan perut kencang ketika ia bergerak.

Selain karena gerakan Si Kecil, perut kencang saat hamil di trimester ke-3 juga bisa terjadi karena kontraksi palsu atau bahkan kontraksi asli. Hal ini mengingat Bunda sudah hamil tua dan semakin dekat dengan hari perkiraan lahir (HPL). Perbedaan dari kedua kontraksi ini adalah kontraksi asli lebih kuat dan diiringi tanda-tanda persalinan, ya.

Cara Mengatasi Perut Kencang Saat Hamil

Perut kencang saat hamil memang wajar, tetapi ini bisa saja terasa sakit sampai mengganggu waktu istirahat Bunda yang berharga. Untuk meredakannya, berikut beberapa tips yang bisa Bunda coba:

  • Minum air lebih banyak karena salah satu penyebab perut kencang saat hamil adalah kekurangan cairan tubuh. Jadi, Bunda bisa mengatasinya dengan mencukupi asupan air harian, ya.
  • Berjalan-jalan atau melakukan senam hamil. Cara ini bisa membuat Bunda lebih banyak bergerak sehingga rasa sesak saat perut kencang berkurang.
  • Berendam dalam air hangat agar otot tubuh menjadi lebih rileks, termasuk otot rahim. Dengan begitu, perut kencang saat hamil bisa mereda.
  • Makan buah yang kaya serat, seperti pisang, apel, atau jeruk karena bisa menyehatkan pencernaan Bunda sehingga mengurangi sembelit dan sensasi perut kencang.

Meski normal jika Bunda merasakan perut kencang saat hamil, jangan terlalu mengabaikannya jika terlalu sering terjadi dan terasa makin parah, ya. Pilihan terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter agar Si Kecil aman dan Bunda pun tenang.

Sumber:

Cleveland Clinic. (2023). Diseases & Conditions. Ectopic Pregnancy.

Cleveland Clinic. (2022). Symptoms. Braxton Hicks Contractions.

Mayo Clinic. (2022). Healthy Lifestyle. Nutrition and Healthy Eating.

Rogers, G. Healthline (2023). Health. What Causes Stomach Spasms?

Wolfe, D. The Bump (2023). Pregnancy Symptoms. What’s the Deal With Stomach Tightening During Pregnancy?

Shaw, G. WebMD (2022). Cholesterol & Triglycerides. Your Ultimate High-Fiber Grocery List.

Watson, S. Baby Center (2021). Pregnancy. Why Your Pregnant Belly Feels Tight and Heavy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *