6 Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan yang Khas

Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan, diary bunda

Ciri-ciri hamil anak perempuan sering kali membuat penasaran para pasangan, khususnya yang mendambakan anak perempuan. Nah, ada beberapa tanda yang dipercaya bisa muncul apabila ibu hamil sedang mengandung anak perempuan. Apa saja itu? Yuk ketahui ciri-ciri hamil anak perempuan di artikel ini.

Jenis kelamin janin umumnya baru bisa diketahui saat usia kehamilan memasuki 4–5 bulan. Biasanya, dokter akan memastikan jenis kelamin janin melalui pemeriksaan USG kehamilan. Namun, pada beberapa kasus, jenis kelamin juga bisa dideteksi dengan menggunakan tes darah.

Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan

Berikut ini adalah beberapa ciri hamil anak perempuan yang bisa muncul:

1. Detak jantung janin lebih cepat

Selama di dalam kandungan, jantung janin bisa berdetak sebanyak 110–160 kali per menit. Namun, banyak yang percaya kalau janin berdetak lebih dari 140 kali per menit, ada kemungkinan janin yang dikandung adalah perempuan. Sebaliknya, kalau jantung janin berdetak kurang dari 140 kali, ada kemungkinan bahwa janinnya adalah laki-laki.

2. Lebih sering muntah-muntah

Mual dan muntah atau morning sickness merupakan hal yang lumrah terjadi. Akan tetapi, ibu hamil yang lebih sering muntah-muntah atau mengalami morning sickness parah, lebih mungkin hamil anak perempuan. Hal ini dipercaya bisa terjadi karena hormon hCG yang memicu rasa mual dan muntah cenderung lebih tinggi pada ibu hamil yang mengandung anak perempuan.

3. Bentuk perut terlihat lebih naik atau tinggi

Bentuk perut tiap ibu hamil bisa berbeda-beda, tergantung pada bentuk tumbuh, usia kehamilan, dan pertambahan berat badan ibu hamil selama mengandung. Namun, banyak yang percaya kalau bentuk perut ibu hamil anak perempuan cenderung lebih naik atau tidak turun.

4. Ngidam makanan manis dan asam

Mengidam makanan manis atau asam sudah menjadi hal yang normal bagi para ibu hamil. Ngidam makanan manisj juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri hamil anak perempuan. Ini bisa terjadi karena perubahan hormon yang memengaruhi indra penciumannya, sehingga selera makan Bunda juga ikutr berubah.

5. Wajah terlihat kurang menawan

Ciri-ciri hamil anak perempuan juga bisa terlihat dari wajah Bunda yang menjadi lebih kusam dan kering. Konon katannya, hal ini bisa terjadi karena kecantikan Bunda diserap oleh janin, sehingga wajah Bunda tidak mengalami pregnancy glow.

6. Suasana hati mudah berubah

Salah satu ciri-ciri hamil anak perempuan yang tidak kalah penting adalah suasana hati yang sering berubah-ubah. Bunda akan menjadi lebih gampang sedih atau senang. Namun, sebenarnya, suasana hati (mood swing) bisa terjadi karena perubahan hormon saat hamil.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri hamil anak perempuan yang bisa muncul. Apabila mengalami salah satu atau beberapa ciri-ciri di atas, bisa jadi janin yang dikandung adalah anak perempuan.

Namun, sebaiknya jangan percaya sepenuhnya ya, Bun. Ini karena ciri-ciri di atas masih belum terbukti secara akurat bisa menentukan jenis kelamin janin.

Jika memang mengetahui jenis kelamin janin merupakan hal yang sangat penting, sebaiknya konsultasilah dengan dokter kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan USG kehamilan agar jenis kelamin janin bisa diketahui lebih akurat.

Sumber:

BabyCenter (2023). When and How Can I Find out My Baby’s Sex?

BabyCenter (2021). Gender Prediction: Am I Having A Boy or Girl?

Healthline (2021). Gender Prediction Myths: Are You Having a Boy or a Girl?

Healthline (2020). Finding Out Your Baby’s Sex Through a Gender Blood Test.

Healthline (2018). Myths vs. Facts: Signs You’re Having a Baby Girl.

MedicineNet (2022). Is It a Boy or Girl? 6 Myths!

By dr. Airindya Bella

Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *