Bantal Hamil, Ketahui Manfaat dan Beragam Jenisnya

bantal hamil, diary bunda

Tidak seperti bantal biasa, bantal hamil didesain khusus dan agar lebih sesuai dengan postur dan kebutuhan ibu hamil. Oleh karena itu, bantal hamil bisa memberikan banyak manfaat, termasuk mengurangi nyeri punggung dan pinggang, apalagi jika Bunda memilih dan menggunakan jenis bantal hamil yang tepat.

Berbagai Manfaat Bantal Hamil

Perubahan tubuh saat hamil sering kali membuat para ibu hamil merasa tidak nyaman, apalagi ketika tidur. Karena ketidaknyamanan ini, kualitas tidur ibu hamil bisa menurun. Padahal, salah satu cara untuk menjaga kehamilan tetap sehat adalah dengan tidur yang cukup dan berkualitas.

Nah, bantal hamil bisa membantu membuat tidur lebih nyenyak lho, Bun. Soalnya, bantal ini sudah dirancang khusus agar bisa menopang tubuh ibu hamil lebih baik. Dengan begitu, Bunda bisa tidur lebih nyaman dan nyenyak.

Ada berbagai manfaat yang bisa Bunda rasakan saat menggunakan bantal hamil, yaitu:

  • Menopang tubuh, terutama leher, punggung, dan pinggang, sehingga tidak mudah pegal
  • Memudahkan Bunda untuk mengganti posisi tidur
  • Melancarkan peredaran darah, sehingga otot lebih rileks dan tidur pun lebih nyenyak
  • Mencegah Bunda dari cedera akibat terjatuh saat tidur karena mengubah posisi tidur secara tidak sengaja
  • Meringankan dan mencegah berbagai keluhan saat hamil, seperti kram kaki, nyeri punggung, dan nyeri pinggang, yang kerap terjadi saat tidur

Meski bisa memberikan banyak manfaat, bantal hamil bukanlah sesuatu yang harus digunakan selama hamil ya, Bun. Bunda masih bisa kok, menggunakan bantal biasa untuk menopang tubuh saat tidur.

Namun, kekurangannya, bantal biasa tidak dirancang untuk menyesuaikan dengan bentuk tubuh Bunda saat hamil. Oleh karena itu, bantal biasa mungkin kurang efektif untuk mengatasi keluhan kehamilan seperti sakit pinggang dan kram kaki.

Beragam Jenis Bantal Hamil

Walau manfaatnya sama, bantal hamil memiliki jenis yang berbeda, dengan bentuk dan kelebihannya masing-masing. Nah, agar tidak bingung dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Bunda, yuk, ketahui beberapa jenis bantal hamil di bawah ini:

1. Bantal hamil U-shaped

Bantal hamil U-shaped merupakan bantal hamil dengan ukuran besar yang berbentuk huruf U. Bantal hamil ini paling sering digunakan oleh ibu hamil karena bisa menopang seluruh tubuh, mulai dari kepala, leher, punggung, perut, hingga kaki.

Bunda bisa menggunakan bantal hamil jenis ini dengan memosisikan diri di tengah dan menyandarkan kepala di bagian lengkungan huruf U.

2. Bantal hamil C-shaped

Hampir mirip dengan U-shaped, bantal hamil C-shaped juga berukuran besar dan bisa menopang hampir seluruh tubuh Bunda. Namun, bedanya dengan U-shaped, bantal hamil bentuk C ini memiliki ruang kosong di samping yang kurang bisa menopang perut atau punggung Bunda dengan baik, tergantung posisi tidur Bunda.

3. Bantal hamil wedges

Dibandingkan dengan dua jenis sebelumnya, bantal hamil wedges berukuran lebih kecil dan sangat mudah digunakan. Bantal hamil jenis ini hanya akan menopang bagian tubuh tertentu saja, misalnya perut, kaki, atau pinggul.

Bunda bisa menggunakan bantal hamil wedges dengan cara menyelipkannya di bawah bagian tubuh yang Bunda inginkan, misalnya di bawah perut agar bisa menopang tubuh ketika tidur menyamping.

Nah, itulah berbagai manfaat dan jenis bantal hamil yang perlu Bunda ketahui. Apabila Bunda merasa sulit tidur atau tidur terasa tidak nyenyak saat hamil, Bunda bisa mencoba menggunakan bantal hamil, mengingat manfaatnya yang cukup banyak. Harganya pun bervariasi, jadi Bunda bisa menyesuaikan dengan anggaran Bunda, nih.

Agar mendapatkan bantal hamil yang sesuai dengan kebutuhan, Bunda bisa berkonsultasi lebih dulu ke dokter dan bertanya jenis bantal hamil yang cocok untuk digunakan.

Sumber:

BabyCenter (2023). Best Pregnancy Pillows.

Healthline (2022). Best Pregnancy Pillows from Amazon and Bed Bath and Beyond.

MedicineNet (2023). Are Pregnancy Pillows Good for Back Pain?

Patient (2023). Which Type of Pregnancy Pillow is Best for You?

Verywell Family (2022). The Best Pregnancy Pillows to Help You Sleep for Two.

Verywell Family (2021). Do You Need a Pregnancy Pillow?

WebMD (2022). What to Know About Pregnancy Pillows.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *