Apakah Hamil Muda Boleh Berhubungan? Ini Jawabannya

apakah hamil muda boleh berhubungan

Pertanyaan, apakah hamil muda boleh berhubungan? kerap dilontarkan para ibu hamil di awal kehamilan, karena adanya kekhawatiran bahwa hubungan intim bisa menimbulkan masalah pada janin. Misalnya, khawatir akan menyakiti janin atau menyebabkan keguguran. Namun, apakah benar ibu hamil muda tidak boleh berhubungan intim?

Apakah Hamil Muda Boleh Berhubungan?

Hamil muda merupakan istilah yang mengacu pada usia kehamilan di usia 1–13 minggu atau di trimester pertama. Banyak yang beranggapan bahwa kondisi janin di usia kehamilan ini masih rentan sehingga tidak sedikit ibu hamil yang ragu untuk melakukan banyak hal, termasuk berhubungan intim.

Nah, kabar baiknya, berhubungan intim selama hamil muda bukanlah hal yang dilarang. Bahkan, hubungan intim diperbolehkan selama kehamilan, asalkan ibu hamil tidak punya masalah tertentu pada plasenta atau rahim.

Alasannya, gerakan seks dan sperma yang dikeluarkan saat penetrasi tidak membahayakan janin karena ada air ketuban dan otot rahim yang melindunginya.

Bunda juga tidak perlu khawatir bila hubungan intim saat hamil muda bisa menyebabkan keguguran, ya. Ini karena sebagian besar penyebab keguguran pada ibu hamil muda bukanlah hubungan intim, tetapi janin tidak berkembang, kelainan genetik, atau infeksi.

Meski berhubungan intim saat hamil muda aman, ada beberapa kondisi yang membuat Bunda sebaiknya menghindari kegiatan seksual ini. Berikut ini adalah beberapa kondisinya:

  • Air ketuban bocor
  • Hamil kembar
  • Perdarahan vagina yang tidak terduga
  • Kelemahan pada leher rahim (serviks)
  • Pernah melahirkan secara prematur

Tips Berhubungan Intim Saat Hamil Muda

Nah, sudah dapat kan jawaban dari pertanyaan apakah hamil muda boleh berhubungan. Untuk meningkatkan kenyamanan saat berhubungan intim, ada juga lho beberapa tips yang bisa Bunda terapkan. Nah, berikut ini adalah tips berhubungan yang aman dan nyaman selama hamil muda:

1. Berkomunikasi dengan pasangan

Perubahan hormon yang terjadi saat hamil bisa berdampak pada menurunnya gairah seksual. Tubuh pun terasa lemas akibat mual dan muntah yang kerap terjadi di awal kehamilan.

Belum lagi, hubungan intim dan orgasme saat hamil terkadang bisa membuat Bunda merasakan kontraksi ringan atau kontraksi palsu (kontraksi Braxton Hicks). Semua hal tersebut bisa saja membuat Bunda kehilangan hasrat untuk berhubungan intim.

Agar hubungan intim tetap nyaman, Bunda bisa mengomunikasikan berbagai hal yang Bunda alami dengan suami. Dengan begitu, suami bisa membuat Bunda lebih nyaman dan mungkin saja memancing hasrat seksual Bunda.

2. Berhubungan intim dengan posisi yang nyaman

Seiring dengan perut yang membesar, Bunda mungkin butuh usaha ekstra agar berhubungan intim tetap terasa nikmat dan nyaman. Kalau sudah begini, cobalah berbagai posisi yang terasa paling nyaman untuk Bunda maupun pasangan.

Salah satu posisi yang cocok untuk ibu hamil adalah berbaring miring atau woman on top. Oh ya, Bunda juga bisa mengganjal perut dengan bantal agar lebih nyaman saat suami melakukan penetrasi.

3. Menggunakan pelumas

Adanya perubahan hormon selama hamil bisa membuat pelumas alami vagina berkurang drastis sehingga vagina lebih kering. Nah, hal ini bisa menimbulkan rasa sakit saat berhubungan intim dan hasrat seksual pun jadi berkurang.

Untungnya, Bunda bisa kok menggunakan pelumas selama berhubungan intim. Usahakan memakai pelumas yang berbahan dasar air ya, karena bahan inilah yang paling aman untuk ibu hamil.

Meski berhubungan intim saat hamil muda itu aman, kebanyakan pasangan merasakan perubahan ikatan seksual selama kehamilan. Bagi sebagian ibu hamil, hubungan intim mungkin terasa lebih baik daripada sebelumnya. Namun, sebagian lainnya mungkin merasa tidak nyaman atau butuh usaha lebih untuk melakukannya.

Oleh karena itu, sah-sah saja jika Bunda ingin memastikan lebih dalam tentang apakah hamil muda boleh berhubungan. Salah satu caranya adalah dengan berkonsultasi dengan dokter sambil memeriksakan kondisi kehamilan.

Sumber:

Phan, et al. (2021). Fear-Related Reasons for Avoiding Sexual Intercourse in Early Pregnancy: A Cross-Sectional Study. Sexual Medicine, doi: 10.1016/j.esxm.2021.100430.

National Health Service UK (2021). Keeping Well in Pregnancy. Sex in Pregnancy.

Cleveland Clinic (2022). Health Library. First Trimester.

Mayo Clinic. (2022). Pregnancy Week by Week. Sex During Pregnancy: What’s OK, What’s Not.

Baby Center India. Sex in Pregnancy: First Trimester.

Brusie, C. Parents (2023). 9 Possible Causes of Miscarriage.

Bradley, S. Healthline (2023). Parenthood. Can Sex in the First Trimester Cause Miscarriage? Early Pregnancy Sex Questions.

Marie, S. Healthline (2021). Parenthood. Is It Safe to Use Lube During Pregnancy?

Taylor, R.B. WebMD (2023). Health & Pregnancy Guide. Sex During and After Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *