Apakah Ibu Hamil Boleh Vaksin? Ini Faktanya

apakah ibu hamil boleh vaksin

Bunda mungkin pernah bertanya-tanya, apakah ibu hamil boleh vaksin? Nah, pertanyaan ini mungkin muncul karena ada yang bilang bahwa vaksin tertentu bisa membahayakan janin. Padahal, vaksin sangatlah penting untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Jadi, bagaimana nih faktanya?  

Pemberian vaksin atau vaksinasi adalah salah satu cara yang efektif untuk mencegah penyakit menular. Vaksin umumnya diberikan melalui suntikan berisi virus atau kuman yang dilemahkan atau dimatikan ke dalam tubuh. Vaksin kemudian akan merangsang tubuh untuk memproduksi zat kekebalan tubuh (antibodi) yang mampu melawan kuman penyebab infeksi.

Namun, beredar kabar kalau vaksin tidak aman untuk ibu hamil karena bisa memengaruhi kondisi janin dan menyebabkan masalah dalam kehamilan. Hal ini membuat tak sedikit ibu hamil menjadi ragu untuk mendapatkan vaksin.

Fakta Apakah ibu Hamil Boleh Vaksin

Mungkin masih banyak ibu hamil yang mempertanyakan apakah dirinya boleh vaksin atau tidak. Faktanya, vaksin boleh kok, diberikan kepada ibu hamil, asalkan jenis vaksin yang diberikan mengandung virus mati.

Jadi, ada dua jenis vaksin secara umum nih, Bun. Jenis pertama adalah vaksin yang berisi kuman atau virus hidup, tetapi sudah dilemahkan. Sementara itu, jenis kedua adalah vaksin berisi virus atau kuman yang sudah mati.

Nah, vaksin berisi kuman atau virus yang mati adalah vaksin yang aman untuk ibu hamil. Alasannya, virus yang sudah mati tidak bisa menyebabkan penyakit meski telah dimasukkan ke tubuh seseorang.

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis vaksin yang boleh diberikan kepada ibu hamil:

  • Vaksin influenza, untuk mencegah penyakit flu
  • Vaksin COVID-19, untuk mencegah infeksi virus Corona
  • Vaksin Tdap, untuk mencegah penyakit tetanus, difteri, dan pertusis

Selain ketiga vaksin di atas, Bunda juga diperbolehkan menerima vaksin jenis lain, asalkan memang diperlukan untuk mencegah penyakit yang lebih mudah menyerang tubuh ibu hamil. Contohnya, vaksin hepatitis B dan meningitis. Bunda juga dianjurkan untuk mendapatkan vaksin TT untuk mencegah tetanus pada janin.

Vaksin yang aman tidak hanya bisa melindungi Bunda lho, tetapi juga calon buah hati dalam kandungan. Soalnya, vaksin dapat mendorong tubuh untuk menghasilkan antibodi. Nah, sel-sel antibodi yang terbentuk bisa melewati plasenta dan melindungi tubuh janin dari infeksi tertentu.

Meski vaksin bisa bermanfaat bagi Bunda dan calon buah hati, ada juga lho vaksin yang perlu Bunda hindari, yaitu vaksin berisi virus hidup yang dilemahkan. Ini karena meski telah dilemahkan, virus hidup bisa saja menyebabkan penyakit pada ibu hamil atau menembus plasenta dan menyebabkan penyakit pada janin.

Beberapa vaksin yang perlu Bunda hindari, yakni:

  • Vaksin hepatitis A
  • Vaksin demam berdarah
  • Vaksin MMR, untuk mencegah campak, gondongan, dan rubella
  • Vaksin BCG, untuk mencegah tuberkulosis
  • Vaksin varicella, untuk mencegah cacar air

Nah, agar tidak ragu lagi apakah ibu hamil boleh vaksin, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter, ya. Dokter akan memeriksa kondisi Bunda dan memberikan saran yang tepat untuk melakukan vaksinasi tertentu atau tidak.

Sumber:

World Health Organization (2021). Newsroom. Vaccines and Immunization: What is Vaccination?

Bracho-Sanchez, E. American Academy of Pediatrics. (2023). Healthy Children. Vaccines During Pregnancy: Keeping You & Your Baby Healthy.

Centers for Disease Control and Prevention (2022). Vaccines by Disease. About Dengue Vaccine.

Centers for Disease Control and Prevention (2021). Meningitis Home. Bacterial Meningitis.

Centers for Disease Control and Prevention (2020). Vaccine Safety. Vaccines During Pregnancy FAQs.

National Health Service (2023). Keeping Well in Pregnancy. Vaccinations in Pregnancy.

U.S. Department of Health and Human Services (2022). Immunization. Vaccine Types.

U.S. Food and Drug Administration. BCG Vaccine U.S.P.

Cleveland Clinic (2018). Health Library. Vaccination During Pregnancy.

Mayo Clinic (2022). Which Vaccines during Pregnancy are Recommended and Which Ones Should I Avoid?

Kids Health (2023). Parents. Can I Get Vaccines While I’m Pregnant?

Mother to Baby (2023). Fact Sheet. Vaccines.

WebMD (2021). Is It Safe to Get Vaccinations During Pregnancy?

By dr. Marianti

Head of Medical Content Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *