4 Ciri Bayi Sehat dalam Kandungan Usia 8 Bulan

4 Ciri Bayi Sehat dalam Kandungan Usia 8 Bulan

Ada beberapa ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan, salah satunya gerakan berupa tendangan kecil yang bisa Bunda rasakan. Hal ini tentu membuat Bunda lega dan makin tidak sabar bertemu dengan Si Kecil. Nah, apa lagi ya tanda bayi sehat saat usia kehamilan 8 bulan?

Beberapa Ciri Bayi Sehat dalam Kandungan Usia 8 Bulan

Saat hamil 8 bulan, perut sudah tampak besar dan berat badan Bunda pun makin meningkat seiring perkembangan Si Kecil dalam kandungan. Makin dekat dengan hari persalinan, Bunda mungkin jadi makin penasaran apakah Si Kecil sudah tumbuh sehat.

Nah, untuk menjawab rasa penasaran Bunda, berikut ini adalah ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan:

1. Banyak bergerak

Salah satu ciri bayi sehat saat usia kehamilan 8 bulan adalah lebih banyak bergerak. Gerakan yang dilakukan janin biasanya berupa tendangan, yang bisa terlihat dari luar lho, Bun.

Namun, Bunda juga tidak perlu khawatir bila tidak terlalu merasakan gerakan Si Kecil. Ini karena ukuran Si Kecil makin besar sehingga ruang geraknya terbatas di rahim.

2. Cegukan

Tidak hanya tendangan, cegukan juga merupakan ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan, lho. Saat Si Kecil cegukan, Bunda mungkin merasakan sedikit sentakan dalam perut. Sentakan juga bisa terjadi saat Si Kecil kaget akibat mendengar respons dari luar atau gerakan mendadak yang Bunda lakukan.

3. Berat badannya terus bertambah

Saat kehamilan berusia 8 bulan, Si Kecil jadi semakin berat dan besar. Beratnya bisa mencapai lebih dari 2 kg atau setara dengan 1 buah melon. Naiknya berat badan ini adalah ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan yang terjadi karena lemak tubuh Si Kecil terbentuk.

4. Posisi janin di perut terasa turun

Semakin dekat dengan waktu persalinan, posisi Si Kecil akan memasuki panggul. Hal ini membuat bentuk perut Bunda terlihat lebih turun ke bawah. Saat janin mulai turun ke panggul, hal ini bisa membuat perut Bunda terasa lebih lega karena rahim tidak banyak menekan lambung dan usus.

Selain terhindar dari maag saat hamil, munculnya ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan juga bisa menimbulkan efek samping lain, yaitu:

Efek samping ini normal kok terjadi pada ibu hamil, asalkan tidak terjadi terus-menerus dan makin memburuk. Jadi, Bunda jangan khawatir ya saat mengalaminya.

Sebagai gantinya, ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan agar kehamilan 8 bulan tetap sehat meski Bunda mengalami hal di atas, misalnya jangan lupa memenuhi kebutuhan zat besi dan asam folat harian serta istirahat yang cukup.

Meski ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan Bunda rasakan, sebaiknya tetap periksakan kehamilan ke dokter atau bidan, ya. Dengan begitu, Bunda bisa memastikan bahwa Si Kecil baik-baik saja dalam kandungan. Dokter pun bisa segera mendeteksi bila sampai ada masalah pada janin menjelang waktu persalinan.

Sumber:

Mayo Clinic (2022). Prenatal Care: 3rd Trimester Visits.

Crider, C. Healthline (2021). Parenthood. What to Expect at 8 Months Pregnant.

Martin, M. Mother & Baby (2023). 8 Months Pregnant: Signs, Body Changes, Symptoms and Development.

Watson, S. WebMD (2023). Third Trimester.

WebMD (2022). Third Trimester Guide.

WebMD (2021). Your Baby’s Growth and Development In the Third Trimester of Pregnancy.

By dr. Marianti

Head of Medical Content Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *