7 Susu Ibu Hamil Trimester 2 yang Kaya Nutrisi

7 Susu Ibu Hamil Trimester 2 yang Kaya Nutrisi

Susu ibu hamil trimester 2 diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil dan janin. Selain kaya nutrisi, susu ibu hamil juga memiliki cita rasa yang bervariasi dan tentunya lezat sehingga mengonsumsinya tidak terasa membosankan.

Pada trimester 2, berbagai keluhan yang muncul saat hamil muda perlahan mulai menghilang, misalnya mual atau muntah. Meski begitu, Bunda sebaiknya selalu ingat ya bahwa ibu hamil memerlukan lebih banyak nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil, termasuk pada trimester 2. Nah, nutrisi ini bisa diperoleh salah satunya melalui susu ibu hamil trimester 2.

Rekomendasi Susu Ibu Hamil Trimester 2

Susu ibu hamil trimester 2 biasanya mengandung banyak nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang janin yang sehat, seperti karbohidrat, protein, lemak, kalsium, dan asam folat. Nah, berikut ini adalah rekomendasi beberapa susu ibu hamil trimester 2:

Frisian Flag Primamum

Frisian Flag Primamum adalah susu ibu hamil trimester 2 yang mengandung karbohidrat, omega-3, asam amino, asam folat, kalsium, dan zat besi. Kandungan ini membuat susu Frisian Flag Primamum bermanfaat untuk tumbuh kembang Si Kecil, seperti peningkatan berat badan, perkembangan otak, dan pembentukan tulang.

Lovamil

Lovamil merupakan susu yang bermanfaat untuk Si Kecil dan juga Bunda karena kandungan asam folat, minyak ikan, serat, dan ekstrak daun katuk di dalamnya. Dengan mengonsumsi susu ibu hamil trimester 2 ini, Si Kecil bisa terhindar dari cacat saraf tulang belakang.

Selain itu, susu ini membuat pembentukan air susu ibu (ASI) jadi makin lancar sehingga cocok diminum saat Bunda menyusui Si Kecil nanti.

Anmum Materna

Salah satu susu ibu hamil trimester 2 yang kaya nutrisi adalah Anmum Materna. Susu ini mengandung docosahexaenoic acid (DHA) dan gangliosida. Keduanya adalah lemak sehat yang berperan penting untuk membentuk organ tubuh, seperti otak, kulit, dan mata.

Selain nutrisi di atas, Anmum Materna juga mengandung folat, kalsium, zat besi, dan serat. Berbagai nutrisi ini sangat penting dalam perkembangan janin secara keseluruhan dan mencegah anemia saat hamil.

Prenagen Mommy

Bunda bisa coba Prenagen Mommy jika ingin minum susu ibu hamil trimester 2 yang punya banyak pilihan rasa. Soalnya, susu ini punya 5 varian rasa yang bisa dipilih. Selain itu, ada juga varian UHT yang siap minum sehingga Bunda tidak perlu repot menyeduhnya saat bepergian.

Nutrisi di dalamnya juga tidak kalah banyak, lho. Susu ini dilengkapi karbohidrat, protein, lemak baik, asam folat, DHA dan omega-3, vitamin, serta mineral yang bisa membantu tumbuh kembang Si Kecil secara keseluruhan.

SGM Bunda

Selain Lovamil, ada juga susu ibu hamil trimester 2 yang cocok diminum ibu menyusui. Susu ini adalah SGM Bunda yang kaya protein, zat besi, DHA minyak ikan, dan asam folat. Dengan meminumnya, Bunda bisa membantu kelancaran tumbuh kembang otak, tulang, dan organ-organ lain Si Kecil.

Tidak cuma itu, susu ini juga bisa mencegah gejala kurang darah yang kerap dirasakan oleh ibu hamil.

Almonde

Susu almond cocok jika Bunda seorang vegetarian atau memiliki alergi terhadap susu sapi. Memang sih, susu ibu hamil trimester 2 ini memiliki protein yang sedikit lebih rendah dari susu sapi. Namun, ia mengandung vitamin A dan kalsium yang lebih banyak.

Nah, salah satu susu almond yang bagus untuk ibu hamil trimester 2 adalah Almonde. Selain mengandung nutrisi di atas, susu yang satu ini juga kaya asam folat dan zat besi, lho. Bahkan, susu Almonde juga cocok untuk meningkatkan jumlah ASI Bunda.

V-Soy Multigrain

Tahukah Bunda, susu kedelai adalah alternatif sumber nutrisi yang kandungannya paling mirip dengan susu sapi? Nah, salah satu susu ibu hamil trimester 2 yang merupakan susu kedelai adalah V-Soy Multigrain. Bahkan, susu ini juga dicampur dengan beras merah, wijen hitam, jelai, sampai ekstrak malt.

Hasilnya, V-Soy Multigrain memiliki rasa unik dan kaya nutrisi. Di dalamnya, terdapat protein, karbohidrat, lemak, zat besi, berbagai jenis vitamin, dan isoflavon.

Selain bisa menutrisi Bunda dan Si Kecil, susu ini juga bisa membuat Bunda awet muda, lho. Ini karena kandungan isoflavon di dalamnya bisa menjaga kelembapan dan elastisitas kulit serta mencegah dan mengurangi kerutan.

Sumber:

Asokawati, F.D., Kristiarini, J.J., & Sari, F. (2021). The Effectiveness Of Giving Katuk Leaf Extract On Breast Milk Production And Increasing Baby Weight In The Independent Practice Of Madiun District Midwives. Journal of Health (JoH), 8(2), pp. 114–120.

Mayo Clinic (2022). Pregnancy Week By Week. 2nd Trimester Pregnancy: What to Expect.

Mayo Clinic (2022). Pregnancy Week by Week. Pregnancy Diet: Focus on These Essential Nutrients.

Wahlberg, R. Baby Center (2021). Diet & Fitness. What’s The Best Milk for Pregnancy?

Lindberg, S. Healthline (2023). Health. DHA and Pregnancy: What You Need to Know.

Healthline. (2020). Parenthood. Eating Well in Your Second Trimester.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *