Kapan Bercak Darah Tanda Hamil Muncul? Cari Tahu di Sini, Yuk!

Kapan bercak darah tanda hamil muncul kerap menjadi pertanyaan, terutama bagi wanita yang belum pernah mengalami kehamilan. Soalnya, bercak darah sebagai gejala awal kehamilan terkadang bisa mirip tanda menstruasi. Lantas, bagaimana ya membedakannya?

Salah satu gejala kehamilan biasanya ditandai dengan munculnya bercak darah atau flek. Kondisi ini disebut sebagai pendarahan implantasi. Tanda ini biasanya muncul setelah telat haid dan ini merupakan salah satu gejala kehamilan yang umum terjadi. 

Hanya saja, pendarahan implantasi sering kali dianggap sebagai menstruasi bulanan. Makanya, sebagian wanita kerap tidak menyadari bahwa ia tengah hamil sebelum melakukan tes kehamilan dengan test pack.

Nah, berikut ini adalah informasi mengenai kapan bercak darah tanda hamil muncul dan apa perbedaannya dengan flek karena menstruasi. Supaya tidak bingung lagi, yuk, simak infonya!

Kapan Bercak Darah Tanda Hamil Muncul?

Saat berhubungan intim, pria akan mengalami ejakulasi untuk melepaskan sel sperma. Sperma yang masuk ke dalam vagina kemudian akan bergerak masuk untuk mencapai sel telur dan membuahinya. Apabila proses pembuahan berhasil, sel telur akan berkembang menjadi zigot.

Zigot ini kemudian akan bergerak dari tuba falopi menuju rahim untuk menempel di dinding rahim. Setelah menempel di dinding rahim, embrio kemudian akan terus berkembang hingga menjadi janin. Proses penempelan inilah yang dapat menyebabkan munculnya pendarahan ringan atau bercak darah yang disebut pendarahan implantasi

Lalu, kapan bercak darah tanda hamil muncul? Secara umum, proses sperma membuahi sel telur terjadi selama kurang lebih seminggu. Oleh karena itu, pendarahan implantasi atau bercak darah biasanya bisa muncul setelah 10–14 hari setelah pembuahan. 

Namun, kapan bercak darah tanda hamil muncul juga bisa berbeda-beda ya, tergantung kondisi masing-masing wanita. Bahkan, sebagian wanita ada juga yang tidak mengalami pendarahan implantasi meskipun ia sudah hamil, lho.

Ciri-Ciri Bercak Darah Tanda Hamil

Pendarahan implantasi merupakan salah satu tanda kehamilan yang sering terjadi pada wanita. Namun, karena pendarahan implantasi mirip dengan bercak tanda menstruasi, banyak wanita yang bingung apakah bercak tersebut merupakan tanda kehamilan atau menstruasi.

Oleh karena itu, selain mengetahui kapan bercak darah tanda hamil muncul, penting juga ya untuk mengenal karakteristik atau ciri-ciri pendarahan implantasi sebagai berikut:

  • Pendarahan hanya sedikit dan sangat ringan, biasanya berbentuk bercak kecil di pakaian dalam atau di tisu saat menyeka vagina setelah buang air kecil
  • Durasi bercak darah muncul tidak lebih dari 3 hari 
  • Bercak darah berwarna cokelat atau agak merah muda karena tercampur keputihan
  • Tidak terdapat gumpalan pada bercak darah
  • Terkadang disertai kram ringan di perut bawah

Selain pendarahan implantasi, gejala kehamilan juga bisa disertai dengan beberapa keluhan lainnya, seperti telat haid, sakit kepala, mual dan muntah di pagi hari (morning sickness), payudara sensitif dan mudah nyeri, hingga nyeri punggung bawah.

Bercak darah tanda hamil atau pendarahan implantasi bukan kondisi yang berbahaya, kok. Biasanya, pendarahan akan berhenti dengan sendirinya, sehingga hal ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan. 

Apabila pendarahan berlangsung lebih dari 3 hari dan disertai kram, penyebabnya bisa terjadi karena menstruasi, berhubungan seks, atau adanya perubahan hormon akibat penggunaan alat kontrasepsi. 

Sekarang, sudah tahu kan, kapan bercak darah tanda hamil muncul? Kalau masih memiliki pertanyaan terkait kondisi tersebut atau mencurigai adanya kehamilan, langsung saja konsultasikan kepada dokter ya.

Sumber:

American Pregnancy Association. Spotting During Pregnancy.

American Pregnancy Association. What is Implantation Bleeding?

Cleveland Clinic (2022). Conception.

Mayo Clinic (2022). Is Implantation Bleeding Common in Early Pregnancy?

Miles, K. Baby Center (2023). What is implantation bleeding?

Flo Health (2023). Implantation bleeding vs. period bleeding: How can you spot the difference?

Macpherson, R. Verywell Health (2024). When Does Implantation Bleeding Occur?

Fields, L. WebMD (2023). Implantation Bleeding.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *