Tanda Pasti Hamil yang Perlu Diketahui

Ada beberapa tanda pasti hamil yang penting untuk diketahui. Tanda-tanda ini biasanya akan muncul setelah kamu mengalami beberapa gejala kehamilan. Meski demikian, gejala kehamilan terkadang bisa mirip dengan menstruasi atau kondisi lainnya. Hal inilah yang menjadikan sebagian wanita mungkin telat menyadari kehamilannya.

Telat haid atau mual dan muntah pada pagi hari sering kali diidentikan sebagai tanda awal kehamilan. Sebenarnya ini juga tidak salah, ya. Namun, telat haid dan mual tidak selalu merupakan tanda pasti hamil, lho.

Nah, supaya kamu nggak mengira-ngira, yuk ketahui cara membedakan gejala menstruasi dengan tanda-tanda kehamilan yang sudah pasti melalui artikel ini. 

Inilah Tanda Pasti Hamil

Kehamilan merupakan momen yang dinanti-nantikan oleh pasangan suami istri. Hanya saja, terkadang wanita tidak sadar dirinya tengah mengandung lantaran tanda-tanda kehamilan yang mirip dengan kondisi lain, misalnya menjelang menstruasi. 

Oleh karena itu, kamu perlu tahu nih bahwa ada dua kondisi yang memang menjadi tanda pasti hamil lho, yaitu:

1. Hasil test pack positif

Ketika kamu menyadari bahwa haid sudah terlambat beberapa hari, apalagi jika kamu juga merasakan beberapa gejala awal kehamilan, sebaiknya coba gunakan test pack untuk memastikan kehamilan.

Test pack bekerja dengan cara mendeteksi hormon hCG, yaitu salah satu hormon kehamilan yang diproduksi oleh plasenta setelah terjadi pembuahan. Jika digunakan dengan benar, alat ini bisa menjadi penentu apakah seorang wanita pasti hamil dengan tingkat akurasi mencapai 99%.

Cara pakai test pack pun cukup mudah, lho. Kamu bisa mengikut langkah-langkah berikut ini untuk mendapatkan hasil yang akurat sebagai tanda pasti hamil:

  • Siapkan wadah kecil untuk menampung urine setelah bangun tidur di pagi hari. 
  • Letakkan test pack dengan posisi lurus ke dalam wadah tersebut selama beberapa detik, kemudian taruh test pack di tempat yang kering.
  • Tunggu selama beberapa menit hingga hasil test pack muncul.

Apabila hasil test pack menunjukkan dua garis atau tanda (+), kemungkinan besar kamu tengah mengandung. Nah, untuk memastikannya, kamu bisa konsultasikan ke dokter kandungan supaya memperoleh pemeriksaan lebih lanjut.

2. Terdapat kantung kehamilan saat pemeriksaan USG

Selain dengan test pack, pemeriksaan USG juga merupakan cara yang akurat untuk mengetahui apakah wanita benar-benar sedang hamil atau tidak. Melalui tes ini, dokter dapat memantau apakah terdapat janin atau kantung kehamilan. 

Kantung kehamilan sendiri adalah kantung yang membungkus janin dan berisi cairan ketuban. Biasanya, kantung kehamilan ini akan tampak seperti lingkaran putih dan memiliki bagian tengah yang berwarna bening. 

Nah, jangan sedih dulu ya kalau kantung kehamilan tidak terlihat pada saat pemeriksaan USG pertama. Ini karena, kantung kehamilan umumnya baru terlihat melalui USG transvaginal pada usia 3–5 minggu kehamilan.

Apabila kantung kehamilan memang belum terlihat, dokter akan menjadwalkan ulang pemeriksaan USG di beberapa minggu kemudian.

Beberapa Gejala Awal Kehamilan

Selain dengan melakukan pemeriksaan untuk memastikan kehamilan, ada banyak  gejala awal kehamilan yang juga bisa terjadi, yaitu:

  • Terlambat haid
  • Keluar flek atau bercak darah
  • Perubahan nafsu makan
  • Mual atau muntah
  • Payudara terasa nyeri dan bengkak
  • Mudah lelah
  • Sakit kepala
  • Kram atau sakit perut
  • Mood swing

Melihat gejala di atas, mungkin cukup sulit bagi sebagian wanita untuk membedakannya dengan gejala menstruasi. Bahkan, terlambat haid dan beberapa tanda di atas tidak selalu menandakan adanya kehamilan, lho. 

Kondisi tersebut bisa saja terjadi karena hormon yang tidak seimbang, berat badan turun atau bertambah banyak, sedang stres, atau mengalami gangguan pencernaan, seperti GERD, yang menyebabkan perut kembung dan timbul rasa mual. 

Oleh karena itu, penting untuk mengenal beberapa cara untuk mengetahui tanda pasti hamil. Beberapa cara tersebut adalah dengan melakukan pemeriksaan test pack dan berkonsultasi ke dokter kandungan. Untuk memastikan kehamilan, dokter akan melakukan pemeriksaan, termasuk USG.

Bila ternyata pemeriksaan USG pertamamu menunjukkan adanya kantung kehamilan, dokter akan menjadwalkan pemeriksaan lanjutan guna melihat pertumbuhan janin di kandungan. Hal ini menjadi tanda pasti hamil yang tepat. 

Dengan begitu, kamu pun bisa mempersiapkan kehamilan dengan konsumsi makanan bergizi dan selalu melakukan kontrol rutin dengan dokter.

Sumber:

Victoria State Government Australia (2022). Better Health Channel Australia. Pregnancy – Signs and Symptoms.

Johns Hopkins Medicine. Hormones During Pregnancy.

Cleveland Clinic (2022). Am I Pregnant?

Cleveland Clinic (2022). Pregnancy Tests.

American Pregnancy Association. Early Signs of Pregnancy.

Flo Health (2023). Very early signs of pregnancy: Are you expecting a baby?

Marcin, A. Healthline (2024). When Should You Take a Pregnancy Test?

Stoppler, M. C. MedicineNet (2022). Belching, Bloating or Fullness, Heartburn and Nausea or Vomiting.

Danielsson, K. Parents (2024). Gestational Sac and Its Meaning in Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *