Inilah Berat Badan Bayi 1 Bulan yang Normal

Berat badan bayi 1 bulan yang normal tentu akan bertambah sejak bayi dilahirkan. Ini penting untuk diketahui sebab berat badan merupakan salah satu indikator untuk menilai kondisi kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Oleh karena itu, Bunda perlu rutin memantau berat badan Si Kecil di usia 1 bulan dan juga setelah ia makin besar, ya. 

Waktu cepat berlalu, tak terasa Si Kecil sudah 1 bulan saja ya, Bun. Nah, pada usia 1 bulan, pertambahan berat badan bayi menjadi hal utama yang penting untuk diperhatikan, lho. 

Beberapa hari pertama setelah lahir, Si Kecil akan mengalami penurunan berat badan. Namun, tidak usah cemas ya, karena hal ini normal terjadi kok, Bun. Dalam waktu sekitar 10–14 hari, berat badan bayi biasanya akan kembali seperti saat lahir dan terus meningkat. 

Oleh karena itu, Bunda perlu mengetahui berat badan bayi 1 bulan yang normal. Karena jika ditemukan adanya indikasi gangguan tumbuh kembang pada Si Kecil, Bunda bisa segera membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan. 

Ini Berat Badan Bayi 1 Bulan yang Normal

Umumnya, berat badan bayi yang baru dilahirkan adalah sekitar 2,7–3,4 kilogram (kg). Dalam waktu 1 bulan, bayi akan mengalami peningkatan berat badan sebanyak 700–900 gram dan panjang badannya juga akan bertambah sekitar 2,5–4 sentimeter (cm) dari ukurannya saat lahir. Akan tetapi, peningkatan berat badan bayi 1 bulan bisa sedikit berbeda tergantung jenis kelaminnya.

Rata-rata berat badan bayi laki-laki usia 1 bulan adalah sekitar 4–4,5 kg, dengan panjang badan sekitar 51–55 cm. Sementara itu, berat badan bayi perempuan 1 bulan umumnya berkisar 3,5–4 kg, dengan panjang badan 50–543 cm. Makanya, bayi laki-laki cenderung terlihat lebih besar daripada bayi perempuan ya, Bun. 

Namun, tidak perlu khawatir jika berat dan panjang badan Si Kecil belum berada di kisaran angka tersebut. Ini karena fase tumbuh kembang setiap anak berbeda-beda, terlebih pada bayi yang terlahir prematur

Cara Menambah Berat Badan Bayi 1 bulan

Untuk mendukung peningkatan berat badan bayi agar ideal, hal pertama yang bisa Bunda lakukan adalah lebih sering menyusuinya. Bunda bisa memberikan ASI pada Si Kecil setiap 2–3 jam atau 8–12 kali sehari, dengan durasi selama sekitar 20 menit setiap kali menyusui.  

Bila Bunda tidak bisa menyusui Si Kecil, misalnya karena kondisi medis tertentu, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk diresepkan susu formula. Pada bayi 1 bulan, dokter biasanya akan menganjurkan pemberian susu formula sebanyak 45–90 milliliter (ml) setiap 2–3 jam sehari. jumlah ini dapat meningkat seiring pertumbuhan Si Kecil ya, Bun. 

Karena jenisnya yang beragam, susu formula tidak boleh diberikan sembarangan. Oleh karena itu, Bunda perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai jenis, takaran, dan frekuensi pemberian susu formula, ya. 

Perlu Bunda ketahui juga nih, botol dan dot bukan satu-satunya media untuk memberikan susu, lho. Ini karena Si Kecil juga bisa minum ASI atau susu formula dari cup feeder, spuit, atau bahkan sendok. 

Jika Bunda masih ingin Si Kecil menyusu langsung, dokter biasanya lebih menyarankan untuk menggunakan media pemberian susu selain botol dan dot, agar bayi tidak bingung puting.

Nah, untuk memastikan berat badan bayi 1 bulan mengalami kenaikan atau tidak setelah disusui sesuai anjuran, jangan lupa untuk rutin menimbang berat badan Si Kecil, ya.

Perkembangan Bayi 1 Bulan 

Selain berat badannya yang bertambah, ada banyak perkembangan bayi 1 bulan yang bisa Bunda lihat. Meskipun hanya sebentar saja, ia sudah mulai bisa mengangkat kepalanya, lho. Hal ini karena tulang lehernya mulai kuat. 

Selain itu, salah satu perkembangan bayi 1 bulan yang paling menggembirakan adalah Si Kecil sudah bisa mengenali dan merespons suara-suara di sekitarnya, termasuk suara Ayah dan Bunda. Nah, untuk menstimulasinya, Bunda dan Ayah dapat terus mengajak Si Kecil berbicara, ya. 

Selain suara, mata bayi 1 bulan juga mulai berkembang. Pada usia ini, Si Kecil sudah bisa mengikuti objek bergerak dengan matanya dalam jarak 20–30 cm, termasuk melihat wajah Bunda, lho. 

Perkembangan bayi 1 bulan selanjutnya adalah ia sudah dapat mengenal bau. Bahkan, hal ini sudah terjadi sejak bayi lahir. Jadi, tak heran ya kalau Si Kecil sudah bisa mengenal bau dan rasa ASI milik Bunda. 

Itulah berat badan bayi 1 bulan dan cara meningkatkannya, serta perkembangan yang terjadi pada usia tersebut. Untuk memastikan apakah berat badan bayi 1 bulan telah sesuai, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter anak ya, Bun.

Sumber: 

National Health Service UK (2023). Height, Weight, and Review. Your Baby’s Weight and Height. 

Pregnancy, Birth & Baby Australia (2024). Your Baby’s Growth and Development–1 Month Old. 

Baby Center (2024). Your1–Month–Old Baby’s Growth and Development. 

Baby Center (2022). Average Weight and Growth Chart for Babies, Toddlers, and Kids. 

Baby Center (2022). Formula Feeding Your Newborn or Older Baby. 

Baby Center (2022). How To Tell If Your Baby’s Getting Enough Breast Milk. 

Kids Health, Nemours (2023). Parents. Your Baby’s Growth: 1 Month.

Kids Health, Nemours (2021). Parents. Formula Feeding FAQs: How Much and How Often. 

Parents (2024). Average Baby Weight and Length: Month-by-Month Charts.

Parents (2024). Your 1-Month-Old Baby’s Milestones & Development.

The Bump (2022). 1–Month–Old Baby. Verywell Family (2022). How to Find the Best Bottle for Your Baby. 

WebMD (2022). What to Know About Types of Infant Formula. 

What to Expect (2022). Your Newborn’s Weight: What the Average Baby Weighs and Normal Gains and Losses.

What to Expect (2021). Baby Month 1: Your Newborn Guide. 

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *