6 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil dengan Mudah

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Dengan begitu, rasa tidak nyaman yang muncul akibat kaki bengkak dapat teratasi dan Bunda pun dapat beraktivitas kembali tanpa gangguan. Nah, apa saja ya caranya? 

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Kaki bengkak saat hamil merupakan kondisi yang umum terjadi, terutama di trimester kedua dan ketiga. Ini karena tubuh memproduksi lebih banyak darah dan cairan selama hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin.

Selain itu, pembengkakan di kaki saat hamil juga dapat terjadi akibat perubahan hormon, konsumsi makanan tinggi garam, dan kebiasaan berdiri terlalu lama. Namun, Bunda tidak perlu khawatir, karena masalah ini dapat diatasi dengan mudah. Berikut ini adalah cara mengatasi kaki bengkak saat hamil:

1. Batasi konsumsi makanan tinggi garam

Konsumsi garam sebenarnya dapat menjaga keseimbangan cairan dan mineral dalam tubuh. Namun, bila garam dikonsumsi secara berlebihan, hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya penumpukan cairan di beberapa bagian tubuh, termasuk kaki.

Nah, guna mengatasi kondisi tersebut, Bunda dapat mengurangi asupan makanan asin atau tinggi garam (natrium) sebagai cara mengatasi kaki bengkak saat hamil.

2. Kurangi asupan kafein

Jika Bunda sering mengonsumsi makanan atau minuman berkafein, seperti teh, kopi, dan cokelat, kebiasaan tersebut mulai perlahan dikurangi, ya. Soalnya, konsumsi kafein dalam jumlah yang berlebihan dapat memperparah keluhan kaki bengkak.

Ini karena kafein menimbulkan dorongan untuk lebih sering buang air kecil dan membuat tubuh menahan lebih banyak cairan. Akibatnya, penumpukan cairan pun terjadi dan menyebabkan kaki Bunda jadi bengkak.

3. Konsumsi makanan tinggi kalium

Kalium berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Nah, ketika Bunda kekurangan asupan kalium, pembengkakan dapat terjadi karena tubuh tidak mampu menyeimbangkan jumlah cairan.

Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi kaki bengkak saat hamil adalah dengan memenuhi kebutuhan kalium dengan makan makanan tinggi kalium, seperti kentang, ubi jalar, pisang, bayam, wortel, ikan salmon, dan kacang-kacangan.

4. Perbanyak minum air putih

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil selanjutnya adalah lebih banyak minum air, setidaknya 8 gelas setiap harinya. Dengan minum banyak air putih, tubuh akan terhindar dari dehidrasi.

Ketika terhidrasi dengan baik, tubuh akan memberi sinyal ke ginjal untuk membuang sisa-sisa cairan sehingga tidak menumpuk di bagian tubuh tertentu, termasuk kaki..

5. Pijat kaki

Bunda mungkin ragu, boleh nggak sih dipijat saat hamil? Nah, pijat saat hamil boleh dilakukan kok, Bun. Salah satunya adalah memijat kaki sebelum tidur sebagai cara mengatasi kaki bengkak saat hamil. Pijatan ringan mampu membantu mengatasi cairan yang menumpuk di kaki Bunda dan mengurangi pembengkakan.

6. Posisikan kaki lebih tinggi

Untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil, Bunda juga dianjurkan untuk memosisikan kaki lebih tinggi, baik saat tidur maupun duduk. Ini dilakukan guna memperbaiki sirkulasi darah sehingga aliran darah dan cairan ke kaki dapat berkurang. Bunda bisa mengganjal kaki dengan bantal agar lebih tinggi.

Selain keenam cara mengatasi kaki bengkak saat hamil di atas, Bunda juga dianjurkan menghindari beberapa kebiasaan, seperti berdiri terlalu lama, melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat, dan menggunakan sepatu hak tinggi.

Meski biasanya kaki bengkak sering terjadi pada ibu hamil, kondisi ini tetap tidak boleh diabaikan, Bun. Apalagi, jika Bunda sudah melakukan cara mengatasi kaki bengkak saat hamil tetapi pembengkakan tidak kunjung mereda dan menjadi lebih parah setelah istirahat atau meluas ke area wajah dan tangan.

Bila mengalami beberapa tanda tersebut, jangan ragu untuk memeriksakan kondisi Bunda ke dokter, ya. Dengan begitu, Bunda bisa memastikan kondisi kesehatan diri dan kandungan, serta memperoleh penanganan yang tepat.

Sumber:

American Pregnancy Association. Swelling During Pregnancy.

Australian Government Department of Health and Aged Care (2020). Pregnancy Birth & Baby. Swelling during Pregnancy.

Harvard Health Publishing (2019). Harvard Medical School. Problems with Bloating? Watch Your Sodium Intake.

Dix, M. Healthline (2023). 13 Home Remedies for Swollen Feet During Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *