4 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Ada beberapa buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil, karena diketahui bisa mengganggu kehamilan. Padahal, buah dikenal sebagai sumber nutrisi dan memiliki banyak manfaat, lho. Nah, agar Bunda tidak salah pilih, yuk ketahui buah apa saja yang harus Bunda hindari saat hamil.

Beragam Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Saat hamil, Bunda membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi agar kondisi Bunda tetap sehat. Tidak hanya Bunda saja nih, kebutuhan nutrisi Si Kecil yang selalu terpenuhi juga mampu mendukung tumbuh kembangnya. Nah, salah satu sumber nutrisi yang dapat Bunda peroleh dengan mudah adalah melalui buah-buahan.

Namun, ada beberapa buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil, karena kandungannya diketahui dapat membahayakan Bunda dan Si Kecil. Buah-buahan tersebut meliputi:

1. Nanas

Buah nanas menjadi salah satu buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil karena mengandung enzim bromelain. Soalnya, enzim ini dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran bila dikonsumsi terlalu banyak.

Selain itu, terlalu banyak makan nanas juga bisa menyebabkan maag kambuh dan memicu sakit perut. Namun, karena jumlah bromelain di dalam nanas hanya ada sedikit, konsumsinya dalam jumlah kecil tidak akan jadi masalah ya, Bun.

2. Pepaya mentah

Pepaya adalah sumber vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga Bunda bisa tetap sehat selama masa kehamilan. Vitamin ini juga dibutuhkan Si Kecil untuk proses pembentukan tulang, otot, dan kulitnya.

Namun, Bunda sebaiknya tidak mengonsumsi pepaya mentah atau setengah matang, ya. Ini karena pepaya yang belum matang mengandung lateks yang bisa memicu kontraksi. Sebagai alternatif, Bunda bisa makan buah lain yang tinggi vitamin C selain pepaya, misalnya melon, jeruk, tomat, dan apel.

3. Durian

Sebagian ibu hamil mungkin ngidam buah durian. Namun, tidak sedikit juga yang ragu mengonsumsi buah ini karena ada dianggap bisa membahayakan janin. Jadi, apakah durian termasuk buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil?

Jawabannya, Bunda boleh makan durian kok, karena buah ini mengandung folat yang dapat mendukung perkembangan saraf Si Kecil. Namun, konsumsi durian juga harus dibatasi ya, Bun, karena kandungan gulanya tinggi. Konsumsi gula berlebihan bisa membuat berat badan Bunda naik terlalu drastis dan juga meningkatkan risiko terjadinya diabetes gestasional.

4. Anggur

Bunda suka mengonsumsi anggur? Tidak ada salahnya kok Bun, karena buah ini mengandung resveratrol. Jenis antioksidan ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh, bahkan mengurangi risiko terkena preeklampsia.

Namun, konsumsi resveratrol dalam jumlah banyak dapat memengaruhi perkembangan organ hati Si Kecil, lho. Tak hanya itu, makan anggur secara berlebihan juga bisa menimbulkan gangguan pencernaan, seperti mual dan diare.

Nah, itulah beberapa buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Kalau Bunda memiliki pertanyaan terkait buah apa saja yang bisa dikonsumsi saat hamil, jangan ragu untuk langsung berkonsultasi ke dokter, ya.

Sumber:

Ramli, et al. (2023). Effect of Resveratrol on Pregnancy, Prenatal Complications and Pregnancy-Associated Structure Alterations. Antioxidants, 12(2), p. 341.

Proença, et al. (2021). The Effect of Consumption of Purple Grape Juice in The Gestational Period on Oxidative Stress Parameters in Wistar Rat Foetuses. International Journal of Biochemistry and Molecular Biology, 12(3), p. 60.

Baby Center. Vitamin C During Pregnancy.

Cherney, K. Everyday Health (2023). Grapefruit 101: A Complete Guide.

Cinelli, E. Verywell Family (2022). Can I Eat Grapes While Pregnant?

Cinelli, E. Verywell Family (2022). Can I Eat Pineapple While Pregnant?

Phillips, H. Verywell Family (2022). Can I Eat Papaya While Pregnant?

Frey, M. Verywell Fit (2022). Durian Nutrition Facts and Health Benefits.

WebMD (2020). Durian – Uses, Side Effects, and More.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *