Janin 1 Bulan, Awal Perkembangan Kehidupan Baru

janin 1 bulan, diary bunda

Janin 1 bulan sudah mulai berkembang meski ukurannya masih sangat kecil. Bahkan, saking kecil ukurannya, janin 1 bulan belum bisa terdeteksi melalui USG. Pada masa ini pula kebanyakan ibu belum menyadari bahwa dirinya sedang hamil karena tanda-tanda kehamilan belum muncul.

Usia kehamilan bisa dihitung sejak hari pertama haid terakhir (HPHT). Namun, proses pembuahan sel telur dan sperma biasanya baru terjadi 2 minggu setelah HPHT. Ini berarti, saat kehamilan terhitung berusia 1 bulan, perkembangannya baru terjadi selama 2 minggu.

Meski baru dimulai, perkembangan janin 1 bulan berlangsung pesat lho, Bun. Oleh karena itu, yuk ketahui apa saja perkembangan janin di bulan pertama ini.

Perkembangan Janin 1 Bulan

Saat janin 1 bulan, pertumbuhan sel terjadi sangat pesat. Nantinya, sel-sel inilah yang akan membentuk tubuh janin, mulai dari kepala hingga kaki. Proses pembentukan sel-sel ini akan dimulai pada minggu ke-3 kehamilan, tepat setelah hasil pembuahan sel telur atau zigot terbentuk.

Nah, pada minggu ke-4 kehamilan, zigot yang telah terbentuk akan berubah menjadi embrio, yaitu bakal janin yang berupa kumpulan sel-sel. Pada minggu ini juga plasenta atau ari-ari sudah terbentuk. Meski fungsinya belum berjalan maksimal, organ janin ini sudah mampu menyalurkan nutrisi dari ibu ke janin. 

Selain itu, air ketuban sekaligus kantungnya juga sudah terbentuk. Organ janin akan melindungi tubuh janin selama masa kehamilan, sehingga janin bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

Di akhir bulan pertama, akan muncul area wajah yang ditandai dengan lingkaran hitam besar di tengah. Lingkaran hitam ini akan berkembang menjadi mata. Bentuk rahang, mulut, dan tenggorokan juga akan terlihat pada masa ini.

Selain banyaknya perkembangan yang terjadi pada janin 1 bulan, ukurannya juga akan bertambah seiring berjalannya waktu. Pada awal minggu, janin hanya seukuran biji wijen yang memiliki panjang kira-kira 0,2 cm. Namun, pada akhir bulan pertama, ukuran janin akan bertambah hingga 0,6–0,7 cm, yaitu seukuran satu butir beras.

Hal yang Perlu Dilakukan Ibu Hamil Saat Janin 1 Bulan

Seperti yang telah disebutkan, kebanyakan wanita belum menyadari bahwa dirinya sedang hamil saat janin masih 1 bulan. Soalnya, pada masa ini, hormon kehamilan belum mulai meningkat sehingga tanda-tanda hamil juga belum muncul.

Namun, kalau Bunda mengalami telat haid selama 1 minggu, apalagi baru berhubungan seks sebelumnya, sebaiknya segeralah lakukan tes kehamilan menggunakan test pack ya, Bun.

Nah, apabila hasil test pack positif, Bunda sudah mulai perlu mempersiapkan diri agar janin bisa tumbuh dengan sehat dan Bunda pun tidak mudah terkena penyakit. Ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan saat janin 1 bulan, yaitu:

  • Konsultasi ke dokter untuk memastikan kehamilan apabila hasil test pack sudah positif.
  • Buatlah rencana untuk melakukan pola hidup sehat, dengan mengonsumsi makanan bergizi atau berolahraga secara rutin.
  • Hentikan kebiasaan yang bisa membahayakan janin dan kandungan, seperti merokok dan minum minuman beralkohol.
  • Konsumsi vitamin atau suplemen hamil, seperti zat besi dan asam folat, yang diresepkan dokter.

Perlu diketahui, awal kehamilan merupakan masa ketika pertumbuhan dan perkembangan janin sangat pesat. Oleh karena itu, Bunda harus memastikan tumbuh kembangnya tidak terganggu. Jagalah kesehatan Bunda serta Si Kecil dalam kandungan agar tumbuh kembangnya selalu optimal di bulan-bulan berikutnya.

Apabila mengalami beberapa keluhan, seperti nyeri perut parah, perdarahan di vagina, serta mual dan muntah selama mengandung janin 1 bulan, segera konsultasikan ke dokter ya, Bun. Dengan begitu, Bunda bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Sumber:

American Academy of Family Physicians (2020). Family Health. Your Baby’s Development: The First Trimester.

American Pregnancy Association (2023). Healthy Pregnancy. Baby Development Month By Month.

National Health Services UK (2021). You and Your Baby at 4 Weeks Pregnant.

Cleveland Clinic (2023). Fetal Development.

Mayo Clinic (2022). Fetal Development: The 1st Trimester.

Healthline (2021). What to Expect at 1 Month Pregnant.

Kids Health (2023). Your Baby’s Growth: 1 Month.

WebMD (2023). The First Trimester: Your Baby’s Growth and Development in Early Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *