10 Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil yang Bisa Cegah Anemia

buah penambah darah untuk ibu hamil, diary bunda

Buah penambah darah untuk ibu hamil bisa Bunda konsumsi guna meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Dengan meningkatkan produksi sel darah merah, Bunda bisa terhindar dari anemia dan janin pun bisa mendapatkan pasokan darah yang cukup untuk tumbuh kembangnya.

Sel darah merah berfungsi untuk membawa oksigen dari ibu ke janin. Karena janin juga membutuhkan sel darah merah, tubuh ibu hamil pun harus lebih banyak memproduksinya. Dengan begitu, ibu hamil maupun janin tidak akan kekurangan sel darah merah serta suplai oksigen yang dibawanya.

Untuk mengimbangi kebutuhan tersebut, tubuh ibu hamil membutuhkan lebih banyak zat besi, asam folat, vitamin B12, dan vitamin C agar produksi sel darah merah meningkat. Nah, salah satu cara untuk memenuhi pasokan nutrisi tersebut adalah dengan mengonsumsi buah penambah darah untuk ibu hamil.

Beberapa Jenis Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Selama mengandung, ibu hamil membutuhkan sekitar 27 mg zat besi, 600 mcg asam folat, 4,5 mcg vitamin B12, dan 85 mg vitamin C setiap harinya. Nah, apabila pasokan beberapa nutrisi tersebut tidak terpenuhi, ibu hamil bisa mengalami kekurangan darah atau dikenal juga dengan anemia.

Oleh karena itu, untuk menambah asupan zat besi, asam folat, vitamin B12, dan vitamin C, Bunda perlu mengonsumsi beberapa buah penambah darah untuk ibu hamil berikut ini:

1. Pepaya

Pepaya merupakan salah satu pilihan buah penambah darah untuk ibu hamil yang bisa Bunda konsumsi. Selain mudah didapat, pepaya mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk mencegah anemia pada ibu hamil, yaitu vitamin C dan asam folat.

Dalam 100 gram pepaya, terdapat sekitar 70 mg vitamin C yang bisa membuat tubuh menyerap zat besi secara optimal. Selain itu, buah penambah darah untuk ibu hamil ini juga mengandung 40 mcg asam folat per 100 gram-nya.

Dengan mengonsumsi pepaya, Bunda bisa terhindar dari anemia yang bisa terjadi karena kekurangan zat besi dan asam folat.

2. Alpukat

Tidak hanya memiliki rasa yang nikmat, alpukat juga mengandung nutrisi yang bisa menjadi penambah darah untuk ibu hamil. Di dalam 100 gram alpukat, terkandung sekitar 12 mg vitamin C dan 80 mcg asam folat. Oleh karena itu, alpukat tergolong sebagai salah satu buah penambah darah untuk ibu hamil.

Selain itu, alpukat juga lemak sehat dan protein yang baik untuk mendukung peningkatan berat badan selama hamil, lho Bun.

3. Jeruk

Jeruk juga merupakan salah satu buah penambah darah untuk ibu hamil. Soalnya, jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yaitu 50 mg per 100 gram buahnya. Dengan mengonsumsi vitamin C yang tinggi, tubuh menjadi lebih cepat menyerap zat besi dalam tubuh, sehingga ibu hamil tidak kekurangan zat besi.

4. Mangga

Mangga mengandung dua jenis nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah anemia, yaitu zat besi dan vitamin C. Oleh karena itu, mangga bisa menjadi salah satu buah penambah darah untuk ibu hamil.

Dalam 100 gram mangga, terdapat 1 mg zat besi, 45 mcg asam folat, dan 12 mg vitamin C. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam mangga tersebut bisa meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Sementara, kandungan vitamin C bisa menyerap zat besi secara optimal sehingga produksi sel darah merah pun meningkat.

5. Apel

Beragam jenis apel bisa Bunda konsumsi untuk mencegah anemia. Soalnya, dalam setiap 100 gram buah penambah darah untuk ibu hamil ini mengandung sekitar 8 mg vitamin C. Nah, kandungan vitamin C ini bisa meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh. Dengan begitu, produksi sel darah merah bisa meningkat.

6. Stroberi

Meski bentuknya kecil dan terkadang rasanya asam, stroberi merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi lho, Bun. Buah ini mengandung zat besi sekitar 0,5 mg dalam 100 gram buahnya. Nah, kandungan zat besi ini bisa meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

Selain mengandung zat besi, stroberi juga kaya akan vitamin C. Vitamin C sendiri bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh secara optimal. Dengan mengonsumsi stroberi, kebutuhan zat besi ibu hamil bisa terpenuhi sehingga anemia pun bisa dicegah.

7. Pisang

Beragam jenis pisang juga bisa Bunda konsumsi sebagai buah penambah darah untuk ibu hamil. Soalnya, pisang mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga produksi sel darah merah jadi meningkat.

Selain vitamin C, pisang juga mengandung asam folat sebanyak 25 mcg. Dengan begitu, Bunda pun bisa memenuhi kebutuhan asam folat setiap harinya.

8. Jambu biji

Buah penambah darah untuk ibu hamil lainnya adalah jambu biji. Soalnya, buah ini mangandung vitamin C yang sangat tinggi, yaitu 87 mg dalam 100 gram-nya. Kandungan vitamin C ini bisa membuat tubuh menyerap zat besi lebih optimal, sehingga sel darah merah bisa diproduksi lebih banyak.

9. Kurma

Kurma merupakan salah satu buah yang terkenal dengan rasa manisnya. Nah, selain rasanya yang manis, kurma juga mengandung nutrisi yang bisa membuat Bunda terhindar dari anemia, yaitu zat besi.

Dalam 100 gram buah ini, terdapat sekitar 10,5 mg zat besi. Kandungan zat besi ini mampu membuat tubuh memproduksi sel darah merah lebih banyak. Oleh karena itu, kurma bisa menjadi salah satu buah penambah darah untuk ibu hamil.

10. Tomat

Meski sering dianggap sebagai sayuran, tomat sebenarnya adalah buah lho, Bun. Buah ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yaitu 34 mg per 100 gram-nya. Oleh karena itu, tomat bisa menjadi salah satu buah penambah darah untuk ibu hamil yang bisa cegah anemia.

Sumber:

Li, et al. (2020). The Efficacy and Safety of Vitamin C for Iron Supplementation in Adult Patients With Iron Deficiency Anemia: A Randomized Clinical Trial. JAMA Network Open, 3(11), e2023644.

Irandegani, et al. (2019). The Effect of a Date Consumption-Based Nutritional Program on Iron Deficiency Anemia in Primary School Girls Aged 8 to 10 Years Old in Zahedan (Iran). Pediatric Health, Medicine and Therapeutics, 10, pp. 183–188.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2019). Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Panganku.org. Alpukat, Segar (Avocado, Fresh).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Panganku.org. Jeruk Manis, Segar (Orange, Fresh).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Panganku.org. Jambu Biji (Guava, Fresh).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Panganku.org. Mangga, Segar (Mango, Fresh).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Panganku.org. Tomat Merah, Segar (Tomato, Red, Fresh).

American Pregnancy Association (2023). Healthy Pregnancy. Iron-rich Foods for Pregnancy.

Cleveland Clinic (2023). 52 Foods High In Iron.

Cleveland Clinic (2022). Anemia During Pregnancy.

Healthline (2023). 15 Healthy Foods That Are High in Folate (Folic Acid).

Healthline (2023). Tomatoes 101: Nutrition Facts and Health Benefits.

Healthline (2019). Strawberries 101: Nutrition Facts and Health Benefits.

Verywell Fit (2022). Apple Nutrition Facts and Health Benefits.

Verywell Health (2023). Here’s Why Mangoes Are So Good for You.

WebMD (2022). Anemia in Pregnancy.

WebMD (2022). Dried Dates: Are They Good for You?

WebMD (2022). Health Benefits of Oranges.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *