Mengalami Gejala Hamil tapi Test Pack Negatif, Ini 5 Penyebabnya

Bunda mengalami gejala hamil tapi test pack negatif? Tenang dan jangan sedih dulu ya, Bun. Bukan berarti Bunda tidak mengalami kehamilan kok karena hasil test pack yang negatif bisa saja terjadi karena beberapa hal. Yuk, cari tahu penyebabnya.

Penyebab Terjadinya Gejala Hamil tapi Test Pack Negatif

Telat haid, mual dan muntah, payudara terasa nyeri, sering buang air kecil, dan gejala kehamilan lainnya sedang Bunda alami. Namun, saat Bunda mau memastikan kondisi tersebut dengan alat tes kehamilan, test pack justru menunjukkan hasil negatif. Kok bisa?

Perlu Bunda ketahui dulu kalau test pack sendiri bekerja dengan mendeteksi hormon hCG yang ada di urine. Hormon hCG adalah hormon yang diproduksi oleh plasenta saat kehamilan. Nah, hormon ini umumnya muncul sekitar 10–11 hari setelah sel telur berhasil dibuahi sperma.

Kalau begitu, apakah artinya tidak ada pembuahan karena hasil test pack Bunda negatif? Belum tentu ya, Bun. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan Bunda mengalami gejala hamil tapi test pack negatif, yaitu:

1. Melakukan tes terlalu dini

Hasil test pack negatif padahal Bunda sudah mengalami beberapa tanda kehamilan bisa saja terjadi karena Bunda terlalu dini melakukan tes. Ini karena kadar hormon hCG masih terlalu rendah, jadi test pack belum bisa mendeteksi kehamilan.

Nah, Bunda bisa melakukan test pack kembali satu minggu kemudian ya, setelah kadar hormon hCG meningkat dan sudah bisa terdeteksi.

2. Minum air putih terlalu banyak

Terlalu banyak minum air putih sebelum melakukan test pack bisa membuat urine Bunda lebih encer. Jadinya, kadar hormon hCG makin sedikit karena sudah bercampur dengan cairan. Oleh karena itu, test pack sulit mendeteksi hormon kehamilan ini dan hasilnya jadi negatif.

Solusinya, Bunda bisa langsung melakukan test pack setelah bangun tidur dan tidak minum air putih terlebih dahulu. Batasi juga ya konsumsi air putih pada malam hari.

3. Memakai test pack dengan cara yang salah

Gejala hamil tapi test pack negatif sangat mungkin terjadi kalau Bunda salah cara pakai alatnya. Misalnya, Bunda menggunakannya di siang hari, terlalu buru-buru membaca alatnya, atau salah meletakkan test pack di wadah sehingga hormon hCG tidak terdeteksi.

Terkadang, hasiltest pack juga bisa berubah kalau didiamkan terlalu lama. Misalnya, Bunda meninggalkan test pack lebih dari 5 menit karena Bunda ingin melakukan aktivitas lain sambil menunggu hasilnya keluar.

Oleh karena itu, Bunda perlu mengikuti petunjuk penggunaan test pack yang ada di kemasan dengan seksama, ya.

4. Menggunakan test pack yang sudah kedaluwarsa atau rusak

Sama seperti produk-produk yang dijual kebanyakan, test pack juga bisa tiba di toko dalam keadaan rusak atau kedaluwarsa dan kebetulan Bunda membelinya. Nah, Bunda bisa membeli alat tes yang baru di toko lain, lalu mencoba lagi besok atau beberapa hari kemudian, ya.

Pastikan juga untuk selalu memeriksa terlebih dahulu alat tes kehamilan ini sebelum Bunda membeli dan memakainya.

5. Sedang mengonsumsi obat-obatan

Bunda mungkin memang sedang hamil. Hanya saja, gejala hamil tapi test pack negatif terjadi karena Bunda sedang mengonsumsi obat-obatan, misalnya diuretik atau antihistamin.

Pada beberapa kasus, ibu hamil yang menjalani terapi, misalnya perawatan kesuburan, bisa mengalami gejala hamil sebagai efek samping obat. Ini karena obat-obat tersebut meningkatkan kadar hormon di tubuh sehingga Bunda mengalami mual, kembung, dan nyeri payudara.

Nah, selain karena beberapa hal di atas, mungkin saja Bunda mengalami beberapa kondisi yang membuat hasil tes kehamilan negatif, seperti kehamilan kembar, kehamilan ektopik, atau keguguran dini. Kondisi tersebut membuat Bunda mengalami gejala hamil tapi test pack negatif karena alat sulit mendeteksi hormon hCG dengan benar.

Oleh karena itu, Bunda bisa melakukan test pack 2–3 kali dengan jeda waktu seminggu untuk melihat apakah hasilnya berbeda atau sama dari sebelumnya. Apa pun hasil tes kehamilan yang ditunjukkan test pack, konfirmasikan dengan dokter ya kalau Bunda tidak yakin atau bingung cara membaca hasilnya.

Sumber:

Logan-Banks, P. Baby Centre UK (2023). If I Feel Pregnant, Why Do All the Tests Say Negative?

Cleveland Clinic (2022). Human Chorionic Gonadotropin.

Bradley, S. Heathline (2023). Why You May Have Pregnancy Symptoms When the Test Is Negative.

Weiss, R. E. Verywell Family (2022). How to Avoid a Pregnancy Test Error.

Weis, R. E. Verywell Family (2021). How Long to Wait to Take Another Pregnancy Test.

Stuart, A. WebMD (2023). Pregnancy Tests.

Published
Categorized as Pregnancy

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *