3 Ciri-Ciri Janin Sehat pada Trimester Pertama

Ciri-ciri janin sehat pada trimester pertama mungkin sulit bila dilihat secara kasat mata. Jadi, memasuki usia kehamilan 6–8 minggu, dokter akan melakukan USG untuk melihat perkembangan janin. Di minggu ini, jantung, paru-paru, lengan, dan kaki janin mulai terbentuk. Apa lagi ya tanda janin berkembang dengan sehat?

Ciri-Ciri Janin Sehat pada Trimester Pertama

Ciri-ciri janin sehat pada trimester pertama bisa dilihat dari bagaimana kondisi janin di dalam perut. Nah, beberapa hal berikut ini bisa menjadi tanda bahwa janin berkembang dengan sehat:

1. Ukuran janin bertambah besar

Salah satu ciri janin sehat pada trimester pertama bisa dilihat dari ukurannya yang kian bertambah. Ukuran janin normalnya akan bertambah sekitar 2,5 cm setiap bulannya. Begitu juga dengan berat badannya. Pertambahan berat badan janin inilah yang juga berdampak pada meningkatnya berat badan saat hamil.

2. Denyut jantung janin terdeteksi

Mendengar detak jantung janin merupakan momen yang dinantikan setiap ibu hamil sekaligus ciri-ciri janin sehat pada trimester pertama.

Jantung janin sendiri terbentuk dan mulai berdetak di usia kehamilan 5–6 minggu, tetapi USG baru bisa mendeteksi denyut jantung janin di usia kehamilan 6–9 minggu.

Nah, jangan kaget ya Bun, kalau detak jantung Si Kecil terdengar sangat cepat karena janin yang sehat memiliki detak jantung 110–170 kali per menit.

3. Gerakan janin terasa

Merasakan gerakan janin menjadi ciri-ciri janin sehat pada trimester pertama. Bunda akan bisa merasakan gerakan Si Kecil di akhir trimester pertama, tepatnya saat kehamilan 9–12 minggu.

Namun, perlu diingat kalau kehamilan bersifat unik dan berbeda pada setiap orang. Jadi, Bunda jangan sedih dulu kalau belum merasakan gerakan janin di usia tersebut, terlebih karena usia kandungan masih kecil.

Selain melihat ciri-ciri janin sehat pada trimester pertama melalui USG, perkembangan kehamilan yang sehat juga bisa dilihat dari keluhan yang Bunda rasakan.

Memang tidak nyaman, tetapi beberapa keluhan ini bisa menjadi tanda bahwa kehamilan Bunda berjalan dengan baik, yaitu:

  • Mual dan muntah, menandakan bahwa tubuh mengalami peningkatan hormon yang dibutuhkan selama kehamilan.
  • Sering buang air kecil, menjadi tanda bahwa perubahan hormon membuat jumlah darah dan cairan di tubuh Bunda meningkat.
  • Keputihan, melindungi janin dari infeksi dan mencegah penyebaran kuman dan sperma dari vagina ke rahim.
  • Ukuran payudara membesar, karena aliran darah dan cairan di payudara Bunda meningkat sebagai tanda payudara sedang menyiapkan proses pembentukan ASI untuk Si Kecil.

Itulah beberapa ciri-ciri janin sehat pada trimester pertama yang bisa Bunda mulai perhatikan sejak dini. Untuk mendukung perkembangan Si Kecil dan menjaga kesehatan tubuh Bunda, pastikan Bunda mengonsumsi makanan bergizi serta rutin memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter..

Sumber:

American Pregnancy. Breast Changes During Pregnancy.

National Health Service UK (2021). Vaginal Discharge in Pregnancy.

Cleveland Clinic (2022). First Trimester.

Johns Hopkins. The First Trimester.

Mayo Clinic (2022). Pregnancy Week by Week. 1st Trimester Pregnancy: What to Expect.

Mayo Clinic (2022). Pregnancy Week by Week. Is Nausea during Pregnancy A Good Sign?

Alrahmani, L. Baby Center (2023). Vaginal Discharge during Pregnancy.

Pregnancy Birth & Baby (2023). Frequent Urination during Pregnancy.

Murray, D. Verywell Family (2022). Frequent Urination in Pregnancy.

Watson, S. WebMD (2023). First Trimester of Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *