6 Manfaat Anggur untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Manfaat anggur untuk ibu hamil sering diabaikan karena katanya buah ini tidak aman dikonsumsi selama masa kehamilan. Padahal, anggur memiliki banyak manfaat yang baik untuk ibu hamil, lho. Nah, apa saja ya manfaat anggur untuk ibu hamil?

Ragam Manfaat Anggur untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, Bunda membutuhkan asupan makanan yang kaya nutrisi untuk mendukung kesehatan tubuh dan kandungannya. Nah, berbagai nutrisi tersebut bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah-buahan, salah satunya anggur.

Tidak hanya memiliki rasa yang manis, asam, dan menyegarkan, anggur juga mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan kalium yang baik untuk ibu hamil.

Berkat kandungan tersebut, ragam manfaat anggur untuk ibu hamil bisa Bunda peroleh, seperti:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ibu hamil rentan sakit karena daya tahan tubuhnya cenderung menurun. Nah, agar tubuh lebih sehat selama hamil, Bunda bisa mengonsumsi anggur.

Anggur mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan virus dan bakteri. Anggur juga kaya akan antioksidan, seperti resveratrol, yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat.

2. Menambah energi

Seperti yang sudah disebutkan, anggur mengandung karbohidrat dan juga gula. Kedua kandungan tersebut merupakan sumber energi yang dibutuhkan ibu hamil untuk membuat tubuh lebih bugar dan tidak mudah lelah.

Nah, untuk memperoleh manfaat anggur untuk ibu hamil ini, Bunda bisa mengonsumsi anggur sebagai camilan sehat, terlebih buah ini rendah kalori.

3. Membuat tidur lebih nyenyak

Saat hamil, Bunda mungkin mengalami sulit tidur karena berbagai keluhan yang muncul selama kehamilan, seperti sering buang air kecil, kaki kram, dan perut yang makin besar. Padahal, Bunda harus memperoleh istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan kandungan.

Untungnya, kulit anggur mengandung melatonin, yaitu senyawa yang bisa membantu tidur lebih nyenyak. Anggur juga kaya antioksidan yang bisa membantu membuat otak dan pikiran menjadi lebih tenang.

4. Mencegah dehidrasi

Anggur mengandung 80–90% air yang dapat membantu Bunda terhidrasi dengan baik selama kehamilan. Terlebih, ibu hamil perlu meningkatkan asupan cairan agar produksi cairan ketuban yang mendukung perkembangan janin dapat tercukupi.

Jadi, selain memperbanyak minum air putih, Bunda juga bisa mengonsumsi anggur untuk mencegah dehidrasi dan menjaga keseimbangan cairan tubuh, ya.

5. Mencegah sembelit

Tubuh yang terhidrasi juga berpengaruh pada kesehatan sistem pencernaan lho, Bun. Jadi, kalau Bunda mengalami sembelit saat hamil, konsumsi anggur bisa menjadi cara untuk mengatasi keluhan tersebut.

Manfaat anggur untuk ibu hamil ini bisa diperoleh berkat kandungan serat di dalamnya yang mampu melunakkan feses dan melancarkan buang air besar.

6. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol selama kehamilan bisa membahayakan ibu hamil dan janin. Namun, Bunda tidak perlu panik dulu, ya.

Konsumsi anggur dapat mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi saat hamil berkat senyawa resveratrol pada kulitnya. Bagian bijinya juga diketahui bisa mengatasi tekanan darah tinggi dengan cara menjaga kesehatan pembuluh darah.

Selain itu, anggur juga mengandung tinggi kalium yang dapat menyeimbangkan tekanan darah.

Selain beberapa manfaat di atas, anggur juga mengandung antioksidan yang mampu menurunkan risiko terjadinya gangguan pertumbuhan janin, preeklampsia, bahkan keguguran.

Jadi, setelah mengetahui manfaat anggur untuk ibu hamil, Bunda tidak perlu ragu mengonsumsinya, ya. Hanya saja, anggur mengandung gula yang cukup tinggi sehingga ibu hamil yang berisiko terkena diabetes gestasional harus membatasi asupannya.

Jika Bunda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat anggur untuk ibu hamil, langsung saja konsultasikan ke dokter, ya. Dokter akan merekomendasikan takaran anggur yang tepat dan sesuai kebutuhan Bunda.

Sumber:

Radulescu, et al. (2020). Phytochemical Profiles, Antioxidant and Antibacterial Activities of Grape (Vitis vinifera L.) Seeds and Skin from Organic and Conventional Vineyards. Plants, 9(11), p.1470.

Johns Hopkins Medicine. Get a Good Night’s Sleep During Pregnancy.

Mayo Clinic (2022). High Blood Pressure and Pregnancy: Know The Facts.

Mount Sinai. Grape Seed.

Sass, C. Health (2023). 7 Health Benefits of Grapes.

Miller, K. Health (2022). Are People Who Are Pregnant Immunocompromised?

Cinelli, E. Verywell Family (2022). Can I Eat Grapes While Pregnant?

Cervoni, B. Verywell Fit (2022). Grape Nutrition Facts and Health Benefits.

Booth, S. WebMD (2022). Health Benefits of Grapes.

WebMD. Grape – Uses, Side Effects, and More.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *