Bolehkah Ibu Hamil Makan Cumi? Ini Faktanya

Pertanyaan, “Bolehkah ibu hamil makan cumi?” mungkin pernah terlintas di pikiran Bunda, apalagi jika Bunda gemar makan makanan laut. Keraguan ini umumnya muncul karena ada anggapan bahwa konsumsi makanan laut bisa memicu masalah pada kehamilan.

Padahal, hidangan laut seperti cumi, mengandung omega-3 dan protein yang dibutuhkan ibu hamil dan janin. Jadi, boleh nggak ya, ibu hamil makan cumi? Yuk, cari tahu jawabannya di sini, Bun.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Cumi?

Makanan laut, termasuk cumi, dianggap tidak baik dikonsumsi selama hamil karena dikhawatirkan mengandung merkuri. Senyawa alami ini dapat ditemukan di tanah, udara, dan air. Namun, paparan merkuri yang berlebihan, baik karena terhirup atau tertelan melalui makanan dan minuman, bisa menjadi racun bagi tubuh.

Nah, sebagian jenis makanan laut tergolong sebagai makanan yang banyak mengandung merkuri. Inikarena kebanyakan jenis seafood, termasuk cumi, menyerap merkuri yang ada di perairan.

Hal ini tentu saja harus Bunda waspadai karena kelebihan kadar merkuri bisa berdampak pada perkembangan janin, gangguan kognitif setelah lahir, bahkan meningkatkan risiko Si Kecil untuk terkena celebral palsy.

Nah, sekarang Bunda mungkin bertanya-tanya, masih bolehkah ibu hamil makan cumi? Jawabannya boleh kok, Bun, karena kandungan merkuri dalam cumi masih tergolong rendah, sehingga aman dikonsumsi. Belum lagi, cumi mengandung nutrisi yang Bunda dan Si Kecil butuhkan.

Manfaat Cumi untuk Ibu Hamil dan Janin

Cumi merupakan salah satu hewan laut yang kaya akan nutrisi, seperti protein, vitamin E, vitamin B12, tembaga, zinc, zat besi, dan selenium.

Nah, kandungan nutrisi tersebut, terutama selenium, dibutuhkan ibu hamil untuk mengurangi risiko terjadinya tekanan darah tinggi selama kehamilan. Tak hanya Bunda, selenium juga bisa menurunkan risiko Si Kecil terkena darah tinggi di kemudian hari lho, Bun.

Selain itu, cumi juga mengandung omega-3 yang sangat penting untuk perkembangan otak, sistem saraf, dan mata Si Kecil.

Meski memiliki manfaat baik untuk kesehatan Bunda dan janin, cumi hanya boleh dikonsumsi secukupnya saja selama kehamilan. Tidak hanya itu, cara mengolahnya pun perlu diperhatikan agar manfaat cumi bisa Bunda dapatkan secara maksimal.

Cara Aman Makan Cumi Selama Hamil

Saat hamil, penting bagi ibu hamil untuk lebih memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Oleh karena itu, Bunda pasti jadi lebih waspada dalam memilih dan mengolah makanan.

Salah satu makanan yang harus Bunda perhatikan cara konsumsinya adalah cumi. Seperti yang telah disebutkan, hidangan laut ini boleh dikonsumsi ketika hamil. Namun, cumi harus digoreng atau ditumis sampai matang sempurna.

Bunda sebaiknya tidak mengonsumsi cumi yang dimasak dengan cara dibakar, ya. Ini karena bagian dalam cumi dikhawatirkan masih mentah meski bagian luarnya terlihat sudah matang.

Selain itu, pastikan Bunda selalu menyimpan cumi di lemari es dan tidak dibiarkan pada suhu ruang selama 1–2 jam agar bakteri jahat tidak berkembang.

Nah, karena cumi masih mengandung merkuri, jadi Bunda perlu membatasi porsinya. Alangkah baiknya bila Bunda hanya mengonsumsi 2–3 porsi cumi setiap minggu atau tidak lebih dari 350 gram per minggu.

Kini pertanyaan tentang “Bolehkah ibu hamil makan cumi?” sudah terjawab kan, Bun. Jadi, Bunda tak perlu ragu lagi ya untuk makan cumi ketika sedang ngidam. Terlebih, cumi merupakan salah satu makanan laut yang tinggi nutrisi dan penting bagi Bunda serta tumbuh kembang janin.

Namun, bila Bunda masih ragu dan memiliki pertanyaan seputar konsumsi cumi atau makanan laut lain selama kehamilan, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter, ya.

Sumber:

U.S. Food and Drug Administration (2019). FDA/EPA 2004 Advice on What You Need to Know About Mercury in Fish and Shellfish.

Bloomberg School of Public Health (2021). Higher Selenium and Manganese Levels During Pregnancy May Protect Babies from Future High Blood Pressure.

De Bellefonds, C. Baby Center (2021). Is It Safe to Take Fish Oil or Other Omega-3 Supplements during Pregnancy?

Thomas, C. Baby Centre UK (2023). Is It Safe to Take Fish Oil Supplements in Pregnancy?

Higuera, V. Healthline (2020). Can You Eat Calamari During Pregnancy?

Mehta, P. WebMD (2022). What to Know about Mercury While Pregnant or Breastfeeding.

WebMD. Selenium – Uses, Side Effects, and More.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *