7 Cemilan Anak 1 Tahun yang Sehat dan Bergizi

Cemilan Anak 1 Tahun yang Sehat dan Bergizi, diary bunda

Cemilan anak 1 tahun bisa Bunda berikan apabila Si Kecil sudah merasa lapar, padahal belum waktunya makan. Pilihan cemilannya juga sangat beragam, mulai dari yang rasanya manis hingga asin. Yuk, ketahui apa saja cemilan anak 1 tahun yang bisa Bunda berikan kepada Si Kecil.

Tidak hanya untuk menahan rasa lapar, cemilan anak 1 tahun juga bisa diberikan untuk menambah asupan nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil. Oleh karena itu, Bunda tidak boleh sembarangan memilih cemilan. Pilihlah cemilan yang tidak hanya bisa mengenyangkan tubuh, tetapi juga mengandung nutrisi yang lengkap dan baik untuk Si Kecil.

Berbagai Pilihan Cemilan Anak 1 Tahun

Saat menginjak usia 1 tahun, anak sudah bisa mengonsumsi cemilan yang dikonsumsi oleh orang dewasa. Cemilan ini bisa diberikan 2 kali sehari di antara waktu makannya. Nah, berikut ini adalah beberapa cemilan anak 1 tahun yang sehat dan bergizi:

1. Buah-buahan

Bukan rahasia lagi kalau buah-buahan menjadi salah satu pilihan cemilan sehat untuk semua kalangan, termasuk anak 1 tahun. Ada banyak buah yang bisa dijadikan cemilan untuk Si Kecil, mulai dari pisang, stroberi, hingga mangga potong.

Di dalam buah-buahan tersebut terkandung berbagai nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, serat, hingga mineral. Selain bisa memenuhi kebutuhan harian Si Kecil, nutrisi-nutrisi tersebut juga punya segudang manfaat, mulai dari memperkuat daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, hingga baik untuk saluran pencernaannya.

2. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran, seperti brokoli, buncis, kacang panjang, dan wortel bisa menjadi pilihan cemilan anak 1 tahun karena kaya akan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium, dan serat. Selain sayuran tersebut, umbi-umbian, seperti ubi dan labu, juga bisa membuat tubuh anak lebih bertenaga.

Bunda bisa menyajikan sayur-sayuran dengan memotongnya menjadi lebih kecil, agar Si Kecil lebih mudah mengunyahnya. Setelah dipotong, Bunda bisa memasak sayur-sayuran dengan merebus atau mengukusnya, agar tekstur sayur menjadi lebih lunak.

3. Susu dan yoghurt

Jika selama 6 bulan pertama bayi mendapatkan ASI ekslusif, saat usia anak sudah memasuki 1 tahun, Bunda juga bisa mulai memberikan ia tambahan susu formula. Pemberian susu formula juga akan membantu proses penyapihan ASI nantinya.  

Selain itu, Bunda juga tidak perlu khawatir apabila kandungan nutrisi susu formula tidak  sebanyak ASI. Sebab, susu formula sudah diperkaya berbagai nutrisi yang bisa mengoptimalkan tumbuh kembang anak, seperti protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, asam folat, dan lemak sehat.

Tidak hanya susu, yoghurt juga bisa Si Kecil konsumsi sebagai cemilan anak 1 tahun lho, Bun. Soalnya, yoghurt juga mengandung protein dan kalsium yang tinggi, sehingga bagus untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang dan gigi Si Kecil.

Perlu diingat juga, nih. Meski banyak produk susu dan yoghurt yang menawarkan berbagai varian rasa, Bunda sebaiknya tetap memilih yang tidak ada rasa atau plain, ya. Soalnya, produk susu dan yoghurt dengan rasa biasanya mengandung kadar gula yang cukup tinggi.

4. Telur

Telur juga termasuk salah satu cemilan anak 1 tahun yang tinggi nutrisi. Cemilan ini mengandung protein, omega-3, vitamin, mineral, serta beragam nutrisi lainnya, seperti choline yang bagus untuk mata dan lutein yang baik untuk otak.

Dalam penyajiannya, Bunda harus memastikan bahwa telur sudah matang sempurna. Sebab, telur mentah atau setengah matang dikhawatirkan masih mengandung bakteri Salmonella yang bisa membuat Si Kecil diare, sakit perut, dan muntah-muntah.

Bunda juga bisa memasak telur dengan berbagai variasi bentuk, agar Si Kecil tidak bosan. Misalnya, direbus, diceplok, didadar, atau diorak-arik.

5. Roti gandum

Berbagai jenis roti sudah bisa dikonsumsi oleh Si Kecil sejak usia 6 bulan, lho, Bun. Namun, pilihlah roti gandum ya, soalnya roti ini lebih rendah karbohidrat serta sudah bebas gluten (gluten free).

Untuk menambah nutrisi, roti gandum bisa Bunda sajikan dengan telur atau buah-buahan. Karena teksturnya yang cukup susah dikunyah, Bunda bisa memanggang roti gandum terlebih dahulu sebelum dikonsumsi oleh Si Kecil.

6. Tahu

Tahu merupakan salah satu makanan yang mengandung protein nabati, kalsium, dan zat besi, sehingga cocok menjadi cemilan anak 1 tahun. Selain kandungannya yang kaya akan protein, tahu juga memiliki tekstur yang lembut. Jadi, Si Kecil mudah untuk mengunyahnya.

Bunda bisa menyajikan tahu menjadi berbagai jenis masakan, seperti ditumis atau dikukus. Selain itu, Bunda juga bisa menyajikannya bersama dengan sayuran kesukaan Si Kecil, misalnya brokoli atau tomat.

7. Keju

Keju yang telah dipotong-potong kecil juga bisa menjadi cemilan anak 1 tahun. Cemilan ini merupakan sumber protein, lemak, dan kalsium yang baik untuk tumbuh kembang anak. Selain itu, menurut beberapa penelitian, anak yang suka makan keju lebih jarang memiliki gigi berlubang.

Meski begitu, Bunda perlu memilih keju yang teksturnya cukup lunak, ya, agar Si Kecil tidak kesulitan untuk mengunyahnya.

Itulah beberapa cemilan anak 1 tahun yang bisa Bunda berikan kepada Si Kecil. Meski Si Kecil sudah bisa mengonsumsi cemilan yang dikonsumsi orang dewasa, Bunda tetap harus memilih cemilan dengan hati-hati. Soalnya, ada banyak cemilan yang malah bisa membahayakan Si Kecil, misalnya cemilan yang tinggi gula, lemak, atau garam.

Nah, ada salah satu rekomendasi cemilan anak 1 tahun yang bisa Bunda pilih nih, yaitu cemilan dari Alamii Food. Cemilan ini berbentuk puff yang mudah dikunyah oleh anak 1 tahun, karena teksturnya yang lembut.

Cemilan ini juga telah diperkaya dengan berbagai nutrisi, serta tidak mengandung gula yang tinggi dan MSG, jadi sangat aman untuk dikonsumsi Si Kecil. Bunda bisa memilih berbagai varian yang tersedia, yaitu peanut butter, cheese, golden veggie, serta strawberry yoghurt.

Apabila Bunda masih bingung untuk memilih cemilan anak 1 tahun yang bisa diberikan kepada Si Kecil, tidak perlu ragu untuk bertanya dan meminta saran ke dokter gizi, ya, Bun. Terlebih lagi jika Si Kecil memiliki alergi tertentu atau sangat pemilih dalam mengonsumsi makanan.

Sumber:

KidsHealth (2022). Parents. My Toddler Hates Vegetables. What Can I Do?

KidsHealth (2021). Parents. Feeding Your 1- to 2-Year-Old

KidsHealth (2021). Parents. Snacks for Toddlers.

Victoria State Government (2023). BetterHealth Channel. Children’s Diet – Fruit and Vegetables.

Victoria State Government (2023). BetterHealth Channel. Eating Tips for Young Toddlers.

Baby Center (2023). Is it Safe to Give My Toddler Raw Egg Beaten in a Glass of Milk?

Healthline (2021). Introducing Bread to Babies.

Healthline (2019). 28 Healthy Snacks Your Kids Will Love.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *