Bentuk Janin Usia 6 Bulan dan Perkembangan Fisiknya

Kira-kira, bentuk janin usia 6 bulan seperti apa ya, Bun? Terlebih, di usia kehamilan ini perut Bunda semakin besar dan USG hanya dilakukan di awal trimester pertama, kedua, dan mendekati persalinan. Jadi penasaran kan Si Kecil sudah sebesar apa dan bagaimana perkembangannya di dalam perut Bunda? Yuk, kita cari tahu!

Bentuk Janin Usia 6 Bulan

Trimester pertama sudah Bunda lalui. Kini, Bunda juga berada di penghujung trimester kedua. Ini berarti, Bunda tinggal menunggu 3 bulan lagi nih sampai hari kelahiran Si Kecil tiba!

Karena perkembangan Si Kecil yang pesat, Bunda tentu penasaran kan dengan bentuk janin usia 6 bulan dan seperti apa pertumbuhannya di waktu ini?

Nah, kehamilan 6 bulan sendiri dihitung dari minggu ke 25–28. Pada usia kehamilan tersebut, ukuran janin pun sudah sepanjang 20–30 cm dengan berat sekitar 1 kg. Bisa digambarkan, Si Kecil kini sudah sebesar satu kepala kembang kol lho, Bun.

Dengan ukuran tubuh yang mulai bertambah panjang dan cukup besar di dalam rahim, Si Kecil akan memosisikan badannya dengan kepala mengarah ke atas dan kaki berada di bawah sembari menghisap jempolnya. Lucu banget ya, Bun?

Perkembangan Fisik Janin Usia 6 Bulan

Bun, setelah mengetahui seperti apa bentuk janin usia 6 bulan, makin penasaran nggak sih dengan perkembangan Si Kecil? Terlebih, di trimester kedua biasanya USG hanya dilakukan di minggu ke 18–22, sehingga Bunda tidak bisa melihat kondisi Si Kecil di minggu ke 25–28, tepatnya di bulan ke-6.

Namun, Bunda tidak perlu khawatir, ya. Perkembangan janin di usia 6 bulan sudah cukup sempurna, kok, terutama paru-parunya.

Selain itu, warna tubuh janin cenderung kemerahan dengan permukaan kulit yang agak berkerut dan pembuluh darahnya bisa terlihat dari kulitnya yang bening.

Kepala Si Kecil umumnya sudah menumbuhkan lebih banyak rambut. Kelopak matanya juga mulai terbuka dan janin sudah bisa berkedip.

Nah, yang uniknya lagi, Si Kecil juga sudah bisa merespons suara yang didengar, lho, dengan melakukan gerakan atau cegukan jika ada suara yang keras. Jadi, jangan kaget ya kalau Bunda sering merasakan hentakan kecil dari dalam perut.

Bentuk janin usia 6 bulan dan perkembangannya sudah cukup sempurna, sehingga Bunda bisa menikmati kehamilan dan menunggu hari kelahiran Si Kecil tiba. Meski demikian, kesehatan tetap perlu dijaga ya, Bun.

Selain itu, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter ya, Bun, apabila mengalami keluhan yang membuat Bunda khawatir, misalnya merasakan penurunan gerakan janin.

Sumber:

Baby Center (2022). How Big is My Baby? Week-By-Week Fruit and Veggie Comparisons.

Bradley, S. Healthline (2020). What to Expect at 6 Months Pregnant.

O’Brie, T. Parents (2023). Pregnancy Ultrasounds Week by Week.

The Bump (2023). Pregnancy Week by Week. Baby and You at 25 Weeks Pregnant.

WebMD (2022). The Second Trimester: Your Baby’s Growth and Development in Middle Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *