Varises pada Ibu Hamil, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Varises pada ibu hamil umumnya disebabkan oleh jumlah darah yang bertambah, sehingga pembuluh darah melebar selama hamil. Nah, kondisi ini paling sering terjadi di kaki, tetapi bisa juga muncul di bokong dan area vagina lho, Bun. Meski tidak berbahaya, varises pada ibu hamil dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, gatal, dan nyeri.

Varises adalah pembuluh darah vena yang membengkak dan menonjol hingga tampak pada permukaan kulit, serta berwarna keunguan atau biru gelap. Kondisi ini bisa membuat kaki terasa tidak nyaman karena pegal, bengkak, dan sering kram. Selain itu, kulit di sekitar varises juga akan terasa gatal, berdenyut, dan perih.

Nah, perlu diketahui juga, Bun, ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat varises bisa muncul kapan saja, lho. Akan tetapi, kondisi ini biasanya akan memburuk pada malam hari, terutama jika Bunda terlalu lama berdiri atau setelah melakukan banyak aktivitas. Hal ini tentu dapat mengganggu waktu tidur Bunda.

Penyebab dan Faktor Risiko Varises pada Ibu Hamil

Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan varises pada ibu hamil, di antaranya:

1. Bertambahnya jumlah darah selama kehamilan

Saat hamil, volume darah di dalam tubuh meningkat hingga sekitar 40%. Namun, jumlah pembuluh darah yang bekerja tetap sama. Nah, peningkatan jumlah aliran darah ini bisa menekan pembuluh darah vena dan membuatnya melebar, sehingga memicu munculnya varises pada ibu hamil, Bun.

2. Pertumbuhan janin di dalam perut

Pertumbuhan janin di dalam perut juga bisa menjadi penyebab varises pada ibu hamil, lho. Seiring pertumbuhan janin, rahim juga akan makin membesar. Nah, hal ini dapat menekan pembuluh darah vena besar di panggul sehingga menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah vena di kaki Bunda.

3. Peningkatan kadar hormon

Penyebab varises pada ibu hamil lainnya adalah peningkatan kadar hormon. Selama hamil, kadar hormon progesteron akan mengalami peningkatan. Hal ini dapat mengendurkan ligamen dan otot-otot panggul, sehingga membuat aliran pembuluh darah vena di panggul jadi sedikit tertahan.

Akibatnya, pembuluh darah pada area panggul dan kaki Bunda akan membesar dan terbentuklah varises. Tak hanya itu, Bunda yang memiliki riwayat varises dalam keluarga juga lebih rentan mengalam varises.

Risiko lainnya yang dapat menyebabkan varises pada ibu hamil adalah kebiasaan berdiri terlalu lama, hamil anak kembar, berat badan berlebih, dan usia kehamilan yang semakin tua.

Selain itu, Bunda juga bisa berisiko mengalami varises saat hamil jika sebelumnya memang sudah pernah memiliki varises di kaki.

Cara Mengatasi Varises pada Ibu Hamil

Jika Bunda memiliki varises selama kehamilan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk untuk mengatasi kondisi ini, di antaranya:

  • Hindari berdiri atau duduk di satu tempat dalam jangka waktu lama untuk membantu menjaga aliran darah.
  • Berolahraga atau aktif bergerak untuk meningkatkan sirkulasi darah agar varises tidak makin parah.
  • Batasi asupan garam selama kehamilan untuk mengurangi pembengkakan pada pembuluh darah vena.
  • Jangan menyilangkan kaki saat duduk.
  • Jaga berat badan ideal.
  • Tidur dengan posisi miring ke kiri untuk melancarkan aliran darah dan mengurangi tekanan pada pembuluh vena di kaki.
  • Hindari menggunakan sepatu hak tinggi untuk menjaga sirkulasi darah di sekitar kaki dan betis..
  • Gunakan stoking kompresi untuk membantu mencegah darah menumpuk di kaki.
  • Gunakan bantal untuk menyangga kaki ketika berbaring sehingga posisi kaki lebih tinggi. Hal ini untuk membantu melancarakan sirkulasi darah.

Bunda tidak perlu khawatir, varises pada ibu hamil bisa hilang sendirinya 3–12 bulan setelah melahirkan, bahkan tanpa pengobatan maupun perawatan tertentu. Namun, jika varises tidak juga membaik setelah melahirkan, Bunda bisa berkonsultasi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan serta mendapat penanganan lebih lanjut, ya.

Sumber:

National Health Service UK (2023). Health A to Z. Varicose Veins.

Cleveland Clinic (2022). Varicose Veins While Pregnant.

Mayo Clinic (2022). Pregnancy Week by Week. What Causes Vulvar Varicosities During Pregnancy? How Can I Relieve the Discomfort?

American Pregnancy Association (2024). Treat Varicose Veins Naturally During Pregnancy.

Kids Health, Nemours (2024). Why Do Some Pregnant Women Get Varicose Veins?

Baby Center (2023). Varicose Veins During Pregnancy.

Pregnancy Birth Baby (2024). Varicose Veins.

The Bump (2024). Why Some Moms Get Varicose Veins in Pregnancy—and What to Do About It.

What to Expect (2022). Varicose Veins During Pregnancy.

WebMD (2022). What to Know About Varicose Veins in Your Legs During Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *