Janin 20 Minggu, Ketahui Berbagai Perkembangannya

janin 20 minggu, diary bunda

Janin 20 minggu sudah banyak mengalami perkembangan, lho, Bun. Bahkan, pada minggu ini, Bunda juga sudah mulai bisa merasakan gerakan Si Kecil di dalam perut. Wah, menarik ya! Oleh karena itu, yuk, Bunda, ketahui perkembangan janin 20 minggu lainnya dalam artikel ini.

Berbagai Perkembangan Janin 20 Minggu

Usia janin 20 minggu sama dengan pertengahan trimester kedua. Meski masih banyak waktu yang tersisa sampai waktu persalinan, janin 20 minggu sudah banyak mengalami pembentukan serta perkembangan organnya. Makanya, pada minggu ini, dokter mungkin sudah bisa melihat jenis kelamin janin melalui pemeriksaan USG, lho.

Adapun beberapa perkembangan janin 20 minggu lainnya adalah:

1. Berat dan panjang bertambah

Seiring bertambahnya usia kehamilan, janin akan mengalami pertambahan berat dan panjang tubuh. Nah, pada usia 20 minggu, berat badan janin sudah mencapai kurang lebih 330 gram. Sementara itu, panjang janin sudah sekitar 24–27 cm. Pada masa ini, tubuh janin sudah terlihat berbentuk sebesar buah pisang.

2. Sistem reproduksi mulai terbentuk

Selain berat dan panjangnya yang bertambah, sistem reproduksi juga mulai terbentuk saat janin 20 minggu. Pada janin perempuan, indung telurnya (ovarium) sudah mulai menghasilkan sel-sel telur dengan jumlah hingga mencapai 6–7 juta sel. Organ intimnya, seperti vagina, juga sudah terbentuk.

Sementara itu, pada janin laki-laki, testis sudah mulai turun sampai selangkangan dan penisnya sudah lebih terlihat.

3. Otot janin mulai berkembang

Saat janin 20 minggu, otot-otot yang telah terbentuk akan berkembang menjadi lebih keras dan padat. Oleh karena itu, pada minggu ini, janin menjadi lebih aktif bergerak di dalam perut, bahkan gerakan bisa sampai terasa oleh Bunda, lho.

4. Janin bisa cegukan

Apabila Bunda merasakan gerakan janin di dalam perut seperti tersentak halus dalam beberapa kali, itu artinya janin sedang cegukan. Bunda tidak perlu khawatir karena janin cegukan adalah hal yang normal.

Bunda juga tidak perlu merasa sedih apabila tidak merasakan janin cegukan pada minggu ini. Soalnya, sebagian ibu hamil baru merasakannya pada minggu ke-28 kehamilan, terutama ibu yang baru hamil pertama kali.

5. Indra pengecap janin mulai berfungsi

Pada minggu ke-20 ini, indra pengecap janin sudah mulai berfungsi. Namun, karena masih di dalam rahim, janin baru bisa menelan cairan ketuban. Selain menelan cairan ketuban, janin juga sudah mulai bisa mengisap jempol secara refleks.

6. Lapisan pelindung mulai terbentuk pada kulit

Lapisan pelindung di kulit (vernix caseosa) akan terbentuk pada saat usia janin 20 minggu. Lapisan ini bisa melindung kulit janin agar tidak iritasi karena terbungkus oleh air ketuban. Selain itu, vernix caseosa juga bisa berfungsi untuk melancarkan proses keluarnya janin dari jalan lahir kelak ketika dilahirkan.

Nah, itulah berbagai perkembangan yang bisa terjadi saat janin 20 minggu. Agar janin bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, ada beberapa tips yang bisa Bunda lakukan, yaitu:

  • Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi lengkap.
  • Perbanyak minum air putih, setidaknya 6–8 per hari atau setara 1500–2000 ml.
  • Konsumsi suplemen kehamilan.
  • Lakukan olahraga ringan, seperti berjalan santai, secara rutin.
  • Tidur yang cukup setiap malam, yaitu sekitar 7–9 jam.
  • Jangan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Batasi konsumsi kafein.
  • Hindari tidur dengan posisi telentang terlalu lama.

Selain melakukan beberapa tips di atas, Bunda juga perlu melakukan kontrol kehamilan secara rutin, ya. Biasanya, di kehamilan trimester kedua, Bunda akan disarankan untuk kontrol setiap 4 minggu sekali. Jadi, apabila ada gangguan, dokter bisa mendeteksinya lebih awal.

Sumber:

Australian Government (2022). Pregnancy Birth & Baby. Pregnancy at Week 20.

American Pregnancy Association (2023). Healthy Pregnancy. 20 Weeks Pregnant: The 20th Week Of Pregnancy.

Baby Center (2022). 20 Weeks Pregnant.

Baby Center (2021). What Happens at Second Trimester Prenatal Appointments.

Healthline (2023). 17 Pregnancy Do’s and Don’ts That May Surprise You.

Healthline (2023). My Baby Hiccups in the Womb: Is This Normal?

Healthline (2022). 20 Weeks Pregnant: You’re Halfway There! What to Expect.

Verywell Family (2021). How to Tell a Baby’s Sex on the Ultrasound.

Verywell Family (2021). Week 20 of Your Pregnancy.

WebMD (2022). What to Know About Drinking Water During Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *