Ciri-Ciri Mau Melahirkan Seminggu Lagi

ciri-ciri mau melahirkan seminggu lagi, diary bunda

Ciri-ciri mau melahirkan seminggu lagi perlu diketahui agar Bunda bisa mempersiapkan kelahiran Si Kecil dalam waktu dekat. Ciri-ciri tersebut bisa terlihat dari bentuk fisik Bunda yang berubah atau bisa dari keluhan yang dirasakan. Oleh karena itu, yuk ketahui ciri-ciri mau melahirkan seminggu lagi.

Lahirnya sang buah hati memang merupakan momen yang paling dinantikan oleh para ibu. Biasanya, momen ini sudah bisa diperkirakan dokter berdasarkan perhitungan hari pertama haid terakhir (HPHT) atau melalui pemeriksaan USG.

Meski begitu, hari perkiraan lahir atau HPL terkadang bisa sedikit meleset. Jadi, Si Kecil bisa saja lahir lebih cepat atau malah lebih lama. Nah, agar Bunda bisa lebih siap untuk menjalani proses melahirkan, bahkan ketika tidak sesuai dengan HPL, ciri-ciri mau melahirkan seminggu lagi perlu Bunda perhatikan, ya.

Beberapa Ciri-Ciri Mau Melahirkan Seminggu Lagi

Ciri-ciri mau melahirkan seminggu lagi sebenarnya bisa berbeda-beda pada tiap ibu hamil. Namun, ada beberapa ciri-ciri mau melahirkan seminggu lagi yang umum terjadi. Beberapa ciri-cirinya adalah:

1. Perut lebih turun

Menjelang persalinan, posisi janin yang tadinya berada di rahim akan berubah. Janin akan mulai turun untuk masuk panggul yang berada di perut bagian bawah. Karena perubahan posisi ini, bentuk perut Bunda pun akan ikut berubah, yaitu menjadi terlihat lebih turun.

2. Napas menjadi lebih mudah

Selama hamil, terutama pada trimester ketiga, Bunda mungkin agak sesak saat bernapas. Keluhan tersebut memang normal terjadi karena rahim yang makin besar membuat otot diafragma Bunda tertekan.

Kalau sudah mau melahirkan seminggu lagi, rasa sesak tersebut akan menghilang, lho, Bun. Soalnya, tekanan pada diafragma sudah mulai berkurang karena janin mulai turun ke panggul.

Karena posisinya sudah makin ke bawah, ada banyak ruang yang tersisa untuk paru-paru mengembang dengan sempurna. Inilah yang membuat Bunda menjadi lebih mudah bernapas.

3. Sering buang air kecil

Posisi janin yang makin turun ke bawah juga bisa membuat Bunda menjadi lebih sering buang air kecil, lho. Hal ini terjadi karena kepala janin yang masuk panggul menekan kandung kemih. Karena inilah Bunda jadi lebih sering buang air kecil, bahkan bisa membuat Bunda mengompol ketika batuk, bersin, atau tertawa.

4. Keluar keputihan lebih banyak

Ciri-ciri mau melahirkan seminggu lagi lainnya adalah keputihan yang keluar dari vagina menjadi lebih banyak. Meski membuat tidak nyaman, keputihan ini normal saja terjadi, Bun. Alasannya, keputihan yang keluar menjelang persalinan sebenarnya adalah lendir yang menyumbat leher rahim untuk mencegah bakteri masuk selama masa kehamilan.

Karena menjelang persalinan leher rahim akan melebar, lendir keputihan tersebut pun akan keluar. Keputihan bisa muncul dengan warna bening, merah muda, atau bercampur dengan darah.

5. Kontraksi yang makin kuat

Nah, inilah ciri-ciri mau melahirkan seminggu lagi yang sering dialami ibu hamil, Bun, yaitu kontraksi. Kontraksi bisa terjadi ketika rahim mengencang dan mengendur. Munculnya kontraksi ini menimbulkan sensasi berupa kram perut seperti saat akan menstruasi.

Namun, perlu diingat nih, Bun. Kontraksi yang Bunda rasakan bisa saja kontraksi palsu. Biasanya, rasa kram akibat kontraksi palsu akan terasa makin ringan dan membaik seiring berjalannya waktu, atau ketika mengubah posisi tubuh.

Berbeda dengan kontraksi palsu, kontraksi asli yang menjadi ciri-ciri mau melahirkan seminggu lagi akan terasa makin kuat dan berlangsung terus-menerus. Perubahan posisi pun tidak bisa membuat rasa kram akibat kontraksi asli membaik.

Itulah beberapa ciri-ciri mau melahirkan seminggu lagi yang perlu Bunda perhatikan, ya. Apabila Bunda mengalami ciri-ciri di atas, terlebih jika disertai dengan air ketuban pecah atau perdarahan pada vagina, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat agar Si Kecil bisa dilahirkan dengan lancar.

Sumber:

National Health Service U.K. (2023). Pregnancy. Signs That Labour Has Begun.

The Health Service Executive Ireland (2023). Health A to Z. Shortness of Breath or Chest Pain in Pregnancy.

Mayo Clinic (2021). Labor and Delivery, Postpartum Care. Signs of Labor: Know What to Expect.

American Pregnancy Association (2023). Signs of Labor.

MedicineNet (2024). 10 Early Signs and Symptoms of Labor.

Parents (2022). 9 Signs Labor Is Near: How to Tell Your Baby Will Come Soon.

Uptodate (2023). Patient Education: Pregnancy due Date Calculator (Beyond the Basics).

WebMD (2023). Signs of Labor.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *