5 Susu Ibu Hamil Terbaik untuk Kesehatan Janin dan Kandungan

susu ibu hamil terbaik, diary bunda

Susu ibu hamil terbaik bisa dikonsumsi sebagai sumber nutrisi tambahan Bunda selama hamil, lho. Soalnya, susu ibu hamil ini mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan janin. Oleh karena itu, dengan mengonsumsinya secara rutin, kebutuhan nutrisi harian Bunda dan Si Kecil akan selalu terpenuhi.

Selama masa kehamilan, ada banyak kebutuhan nutrisi yang perlu ibu hamil penuhi setiap harinya, misalnya protein, lemak, karbohidrat, zat besi, asam folat, kalsium, serta vitamin.

Kebutuhan nutrisi selama hamil bisa terpenuhi dengan mengonsumsi makanan sehat dengan gizi lengkap. Namun, apabila dirasa masih kurang, susu ibu hamil bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menambah asupan nutrisi selama hamil.

Rekomendasi Susu Ibu Hamil Terbaik

Sebelum memilih susu ibu hamil terbaik yang akan diminum, Bunda perlu tahu beberapa pilihan produk sekaligus kandungan yang terdapat di dalamnya. Beberapa produknya adalah:

1. Prenagen Emesis

Prenagen Emesis bisa Bunda konsumsi sebagai sumber nutrisi, khususnya vitamin B6, pada trimester pertama kehamilan. Vitamin B6 tersebut bisa mengurangi mual dan muntah yang sering dialami saat hamil muda.

Selain bisa mengurangi mual dan muntah karena mengandung vitamin B6, Prenagen Emesis juga mengandung nutrisi lainnya, seperti asam folat, kalsium, dan zat besi. Nutrisi tersebut tak kalah penting karena bisa mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil dan menjaga kesehatan Bunda selama hamil.

Prenagen Emesis tersedia dalam berbagai varian rasa, yaitu cokelat, vanila, dan stroberi. Karena kandungannya sama saja, Bunda bisa memilih varian yang sesuai dengan selera. Bunda bisa minum susu ibu hamil terbaik ini 2 kali sehari, ya.

2. SGM Bunda

SGM Bunda merupakan salah satu susu ibu hamil terbaik yang bisa Bunda konsumsi untuk membantu mencukupi asupan nutrisi. Susu ini kaya akan nutrisi penting, seperti protein, asam folat, zat besi, dan docosahexaenoic acid (DHA) minyak ikan.

Karena mengandung banyak nutrisi, SGM Bunda bisa mengoptimalkan tumbuh kembang janin di dalam kandungan dan mendukung pematangan organnya. Selain itu, kandungan dalam SGM Bunda juga bisa mencegah kurang darah (anemia).

SGM Bunda tersedia dalam dua varian rasa yang nikmat, Bun, yaitu cokelat dan stroberi. Susu ibu hamil terbaik ini juga tersedia dalam dua ukuran, yaitu 150 gram dan 300 gram. Agar bisa menambah asupan gizi, Bunda cukup mengonsumsi SGM Bunda sebanyak 1 gelas setiap harinya.

3. Prenagen Mommy

Apabila Bunda ingin menambah asupan nutrisi selama hamil, Prenagen Mommy bisa menjadi pilihan yang tepat. Soalnya, susu ibu hamil terbaik ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan selama hamil, seperti protein, kalsium, zat besi, asam folat, hingga omega-3.

Prenagen Mommy juga tersedia dalam lima varian rasa, lho, mulai dari rasa Groovy Mocha hingga Delicious Mung Bean. Untuk mendapatkan nutrisi yang ada di dalamnya, Bunda bisa minum Prenagen Mommy sebanyak 2 kali sehari.

4. Anmum Materna

Anmum Materna bisa diandalkan sebagai sumber nutrisi tambahan selama hamil, nih, Bun. Nutrisi dalam susu ibu hamil terbaik ini meliputi kalsium, zat besi, asam folat, dan nuelipid. Selain itu, Anmum Materna juga mengandung serat pangan yang bisa menyehatkan saluran pencernaan dan mencegah sembelit selama hamil.

Selain nutrisinya yang sangat bermanfaat bagi kehamilan, Anmum Materna juga memiliki varian rasa yang beragam, yaitu cokelat, vanila, dan stroberi. Jadi, Bunda bisa memilihnya sesuai dengan selera.

Bunda juga bisa mengonsumsi Anmum Materna dari trimester pertama sampai trimester ketiga. Agar manfaat susu ibu hamil terbaik ini bisa diperoleh dengan maksimal, Bunda bisa mengonsumsinya sebanyak 2 kali sehari.

5. Lovamil

Lovamil mengandung nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin serta kesehatan ibu hamil, seperti protein, zat besi, asam folat, DHA, dan serat pangan.

Berbeda dengan susu ibu hamil terbaik lainnya, Lovamil juga mengandung ekstrak daun katuk yang bisa membantu pembentukan air susu ibu (ASI). Oleh karena itu, Lovamil juga bisa dikonsumsi saat menyusui.

Apabila Bunda tertarik untuk minum Lovamil, minumlah susu ibu hamil terbaik ini 1 kali sehari agar manfaatnya bisa diperoleh dengan maksimal. Bunda bahkan bisa memilih rasa yang Bunda suka karena Lovamil punya tiga varian rasa, yaitu cokelat, kacang hijau, dan stroberi.

Beberapa susu hamil terbaik di atas memang bisa menjadi sumber nutrisi tambahan bagi ibu hamil. Namun, Bunda perlu ingat bahwa asupan nutrisi yang utama berasal dari makanan sehat, ya. Jadi, Bunda tetap perlu mengonsumsi makanan sehat yang bergizi lengkap.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan Si Kecil, kandungan, dan diri sendiri, Bunda juga tetap perlu melakukan kontrol rutin ke dokter, ya. Dengan begitu, kondisi kesehatan Bunda bisa terpantau selama mengandung.

Sumber:

American College of Obstetricians and Gynecologists (2023). FAQs. Nutrition During Pregnancy.

National Health Services U.K. (2023). Pregnancy. Have a Healthy Diet in Pregnancy.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2022). Pengaruh Serat Pangan (Dietary Fiber) dan Manfaatnya Bagi Kesehatan.

Baby Center (2021). What’s the Best Milk for Pregnancy?

Healthline (2020). Nutritional Needs During Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *