Makan Kacang Merah Saat Hamil, Ketahui Beragam Manfaatnya

Mengonsumsi kacang merah saat hamil sangat disarankan lho, Bun. Hal ini karena kacang merah memberikan beragam manfaat, mulai dari mencegah anemia, mengatasi dan mencegah sembelit, menambah energi, hingga mendukung perkembangan saraf dan otak janin.

Kacang merah (Phaseolus vulgaris) memiliki kandungan nutrisi yang melimpah, seperti protein, karbohidrat, vitamin B, vitamin C, dan serat. Selain itu, kacang merah juga kaya akan mineral, seperti kalium, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, dan zinc. Berkat kandungan nutrisinya yang cukup tinggi, tak heran jika makan kacang merah saat hamil sangat disarankan.

Beragam Manfaat Kacang Merah Saat Hamil

Berikut ini adalah beragam manfaat kacang merah saat hamil:

1. Melancarkan pencernaan

Mengonsumsi kacang merah saat hamil dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, Bun. Kandungan serat yang tinggi dalam kacang merah diketahui berperan sebagai prebiotik sehingga dapat meningkatkan kesehatan usus, memperlancar pencernaan, dan mencegah sembelit selama kehamilan.

Selain itu, serat juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah dan mengurangi risiko terjadinya diabetes gestasional.

2. Mengontrol kadar gula darah

Sebagai makanan dengan indeks glikemik rendah, kacang merah baik untuk mengontrol kadar gula darah lho, Bun. Jenis makanan ini cenderung tidak cepat meningkatkan kadar gula darah.

Selain itu, kacang merah yang kaya akan protein, serat, antioksidan, serta aneka vitamin dan mineral juga dapat membuat insulin bekerja dengan lebih baik, sehingga bisa mengontrol kadar gula darah dengan efektif.

Berkat manfaatnya ini, kacang merah baik dikosnumsi untuk melindungi kesehatan Bunda dan Si Kecil, serta mengurangi risiko terserang diabetes gestasional.

3. Menambah energi

Menjalani masa kehamilan memang sering kali membuat Bunda merasakan kelelahan dan kurang berenergi. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Bunda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidarat dan protein, seperti kacang merah.

Berkat kandungan tersebut, makan kacang merah saat hamil baik untuk menambah energi dan stamina selama hamil, lho. Dengan begitu, tubuh Bunda akan lebih berenergi dan bisa tetap beraktivitas dengan nyaman.

4. Menambah berat badan saat hamil

Saat hamil, penting bagi Bunda untuk memerhatikan peningkatan berat badan, lho. Berat badan yang bertambah ini penting untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil dan juga peningkatan berat badannya selama di dalam kandungan. Makanya, Bunda disarankan untuk menambah berat badan selama hamil, ya.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi, salah satunya kacang merah. Kacang merah tak hanya mengandung cukup kalori, tetapi juga padat nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serta aneka vitamin dan mineral, sehingga bisa menambah berat badan saat hamil, Bun. 

5. Membantu meredakan mual saat hamil

Kacang merah mengandung vitamin B6 yang baik dikonsumsi selama kehamilan, lho. Vitamin ini bermanfaat untuk meredakan mual dan muntah akibat morning sickness. Soalnya, jika tidak diantisipasi, mual dan muntah bisa mengurangi nafsu makan. Akibatnya, asupan nutrisi selama hamil tidak dapat dipenuhi.

Di samping itu, kacang merah juga mengandung asam folat, protein, zat besi, dan vitamin B1 dan vitamin B12 yang berperan penting dalam perkembangan otak dan sistem saraf Si Kecil lho, Bun. Yuk, konsumsi kacang merah saat hamil, Bun.

6. Mengontrol tekanan darah

Selama kehamilan, tekanan darah Bunda akan mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Oleh karena itu, Bunda perlu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil, ya.

Nah, cara paling mudah untuk menjaga tekanan darah tetap stabil saat hamil adalah dengan mengonsumsi kacang merah. Berkat kandungan kalium yang cukup tinggi, makan kacang merah saat hamil bermanfaat untuk mengatur tekanan darah agar tetap normal, sehingga Bunda bisa terhindar dari risiko hipertensi saat hamil.

7. Mendukung perkembangan saraf dan otak janin

Tidak hanya untuk ibu hamil, kacang merah juga bermanfaat bagi tumbuh kembang Si Kecil. Kacang merah merupakan salah satu makanan yang kaya akan folat atau vitamin B9.

Asam folat berperan penting dalam mendukung pembentukan dan perkembangan saraf dan otak janin. Folat juga penting untuk mencegah terjadinya cacat bawaan pada saraf dan otak janin, seperti spina bifida dan anensefali. Kacang merah juga mengandung protein nabati yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, lho.

8. Mencegah anemia

Manfaat kacang merah saat hamil yang juga sayang untuk dilewatkan adalah mencegah anemia. Manfaat ini diperoleh dari kandungan zat besi dan asam folat lho, Bun. Zat besi dan asam folat yang terkandung di dalam kacang merah berperan penting dalam pembentukan sel darah merah yang bertugas mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh dan janin.

Selama hamil, Bunda perlu menambah asupan zat besi dan asam folat lebih banyak agar jumlah sel darah merah yang dihasilkan tercukupi. apabila mengalami kekurangan zat besi, Bunda bisa berisiko terkena anemia selama hamil.

Itulah beragam manfaat kacang merah saat hamil yang baik dikonsumsi oleh Bunda. Penting untuk diperhatikan, pastikan untuk selalu mencuci kacang merah hingga bersih dan memasaknya hingga benar-benar matang ya, Bun. Ini karena kacang merah mentah biasanya mengandung zat beracun dan bisa saja terkontaminasi kuman, sehingga tidak layak dikonsumsi.

Selain itu, Bunda juga perlu mengonsumsi makanan sehat lainnya guna memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan serta memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan secara rutin, ya. 

Sumber:

University of California San Fransisco (2024). Patient Education. Diabetes During Pregnancy: Diet Tips.

Mayo Clinic (2023). Healthy Lifestyle. 10 Great Health Foods. 

Allo Health (2023). Eating Beans During Pregnancy: Benefits and Risks.

Baby Center (2021). Vitamin B6 During Pregnancy.

eMediHealth (2023). Kidney Beans Vs Red Beans: Nutrition and Health Benefits.

Healthline (2023). Kidney Beans 101: Nutrition Facts and Health Benefits.

Healthline (2023). What You Should Know About Diabetes and Eating Beans.

MedicineNet (2022). Kidney Beans 101: Nutrition Facts and Health Benefits.

Verywell Fit (2022). Kidney Bean Nutrition Facts and Health Benefits.

WebMD (2022). Health Benefits of Kidney Beans.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *