5 Rekomendasi Biskuit Bayi yang Sehat dan Enak untuk Si Kecil

Biskuit bayi bisa dijadikan pilihan camilan sehat dan enak untuk Si Kecil. Namun, sebelum memberikan biskuit bayi pada Si Kecil, perhatikan dulu kandungan apa saja yang ada di dalam kemasan produk ya, Bun. 

Ketika mencapai usia 6 bulan, Si Kecil sudah mulai bisa diberikan makanan pendamping ASI (MPASI), Bun. Nah, pada awal masa MPASI, Bunda bisa memberikan beragam makanan sehat untuk Si Kecil, mulai dari ubi, brokoli, kentang, wortel, alpukat, apel, bayam, ikan, daging, telur, dan ayam.

Namun, terkadang bayi bisa menjadi pemilih atau enggan diberikan makanan tertentu. Nah, bila buah hati kesayangan Bunda mengalami hal tersebut, jangan putus asa dulu ya, Bunda bisa kok memberikan biskuit bayi jika ia sulit makan. 

Biskuit bayi umumnya mengandung vitamin, mineral, lemak, protein, dan karbohidrat yang bermanfaat untuk membantu tumbuh kembang Si Kecil. Tak hanya itu, makanan ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi, mendukung proses tumbuh kembang, serta mencegah Si Kecil dari anemia, lho. 

Meski namanya biskuit dan biasanya dimakan secara langsung, tetapi makanan ini juga bisa dikonsumsi dengan cara dihaluskan dan dicampur dengan berbagai jenis makanan lainnya, seperti buah, yoghurt, atau susu.

Rekomendasi Biskuit Bayi yang Sehat dan Enak 

Berikut adalah berbagai rekomendasi biskuit bayi yang bisa Bunda pilih untuk camilan Si Kecil: 

1. Milna biskuit bayi 

Hayo, siapa yang tidak kenal dengan merek biskuit bayi yang satu ini? Milna biskuit bayi bisa dijadikan pilihan sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) atau camilan sehat untuk Si Kecil lho, Bun. 

Milna biskuit bayi mengandung nutrisi lengkap, seperti prebiotik, kalsium, vitamin D, vitamin C, dan vitamin E, yang baik untuk tumbuh kembang Si Kecil. 

Berkat kandungan nutrisi di dalamnya, Milna biskuit bayi memiliki banyak manfaat yang baik untuk Si Kecil, seperti membantu perkembangan otak, mata, tulang, dan gigi, serta menguatkan sistem kekebalan tubuhnya. Selain itu, biskuit ini juga dapat mendukung pembentukan sel darah merah sehingga Si Kecil bisa terhindar dari anemia. 

Milna biskuit bayi memiliki tekstur yang halus dan berpori sehingga mudah larut dalam air atau susu. Milna biskuit bayi tersedia dalam beberapa varian yang enak, seperti original, mixed fruit, beras merah, pisang, kacang hijau, dan jeruk. 

2. Promina biskuit rusk

Bingung mencari biskuit bayi yang bisa untuk MPASI atau camilan, Bun? Promina Biskuit Rusk bisa jadi pilihannya, nih. 

Promina biskuit rusk mengandung 11 vitamin, omega-3, omega-6, zat besi, dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak dan sistem saraf Si Kecil, memperkuat daya tahan tubuh, menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta mencegah anemia. 

Promina biskuit rusk merupakan biskuit yang memiliki tekstur berpori sehingga mudah lumer di mulut bayi. Selain itu, Promina biskuit rusk juga memiliki bentuk biskuit yang mudah digenggam sehingga bisa melatih kemampuan otot tangan Si Kecil. 

Promina biskuit rusk hadir dalam 3 varian rasa yang pasti disukai Si Kecil, yaitu beras merah, kacang hijau, dan susu. 

3. Sun Marie biskuit 

Sun Marie merupakan salah satu merek biskuit bayi yang bisa menjadi pilihan oleh Bunda. Biskuit ini memiliki kandungan protein, serta kalsium dan zat besi yang tinggi lho, Bun. 

Kandungan protein, kalsium, dan zat besi dalam Sun Marie biskuit berperan penting dalam proses tumbuh kembang Si Kecil dan menstimulasi kemampuan menggenggam, menggigit, dan mengunyahnya. 

Selain itu, berbagai nutrisi di dalam biskuit bayi ini juga bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang, mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, membentuk tulang dan gigi yang kuat, serta menghindarkan Si Kecil dari anemia.

Sun Marie memiliki 3 varian biskuit yang bisa Bunda beli di pasaran, seperti Sun Marie Biskuit Susu, Sun Marie Biskuit bayi Rusk, dan Sun MPASI Biskuit.

4. Yummy Bites Baby Rice Crackers

Merek biskuit bayi selanjutnya adalah Yummy Bites Baby Rice Crackers nih, Bun. Yummy Bites Baby Rice Crackers terbuat dari bahan-bahan organik yang baik dikonsumsi Si Kecil. 

Yummy Bites Baby Rice Crackers merupakan biskuit bayi yang bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi usia 6 bulan ke atas. Selain itu, biskuit ini juga diklaim bebas dari bahan-bahan yang bisa menyebabkan alergi pada Si Kecil, seperti susu, gandum, telur, kacang, kedelai, ikan, kerang, dan biji wijen. 

Yummy Bites Baby Rice Crackers berbentuk memanjang sehingga memudahkan bayi untuk menggenggamnya ketika ia sedang belajar makan. Biskuit ini memiliki 3 varian rasa yang pasti disukai Si Kecil, yaitu original, wortel, serta ubi dan wortel.

5. Happy Tummy Teething Biskuit

Jika Si Kecil mulai tumbuh gigi, Bunda bisa lho memberikan Happy Tummy Teething Biskuit sebagai camilannya. 

Happy Tummy Teething Biskuit adalah merek biskuit bayi yang diformulasikan khusus untuk mengatasi rasa sakit dan tidak nyaman akibat tumbuh gigi. Saat Si Kecil mengonsumsi biskuit ini, gusinya akan terstimulasi dan ditenangkan sehingga rasa sakitnya bisa mereda.

Selain itu, Happy Tummy Teething Biskuit juga berguna membantu memperkuat rahang dan meningkatkan keterampilan motorik Si Kecil lho, Bun. 

Nah, itulah berbagai pilihan merek biskuit bayi yang bisa Bunda berikan untuk Si Kecil. Penting untuk diingat, sebelum memberikan biskuit bayi, konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu ya, Bun. Agar Bunda bisa memahami biskuit seperti apa yang aman dan sehat untuk dikonsumsi oleh Si Kecil. 

Selain itu, pastikan juga untuk tidak memberikan camilan melebihi batas harian yang disarankan ya, Bun.

Sumber: 

UNICEF. Feeding your baby: 6–12 months.

National Health Service UK (2024). Baby. From Around 6 Months. 

Kids Health, Nemours (2021). Parents. Calcium.

Kids Health, Nemours (2021). Parents. Iron. 

Healthy Children (2022). Starting Solid Foods.

Health Hub Singapore (2024). Getting Your Baby Started on Solids.

Parents (2023). How Much Protein Do Toddlers Need?

Raising Children Network Australia (2024). Healthy food for babies and toddlers: the 5 food groups.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *