Janin 4 Bulan Sebesar Apa Ya? Ini Jawabannya, Bun!

“Janin 4 bulan sebesar apa?” sering kali menjadi pertanyaan banyak ibu hamil. Soalnya, pada usia kehamilan ini, kondisi perut Bunda mulai terlihat sedikit membesar.  

Memasuki trimester kedua, banyak perubahan terjadi pada tubuh Bunda. Tak hanya perut yang membesar, Bunda juga akan mulai merasakan berbagai keluhan, seperti sakit punggung, sembelit, heartburn, atau gusi bengkak. Namun, pada usia kehamilan 4 bulan ini, keluhan mual dan muntah biasanya mulai berkurang, Bun.

Janin 4 bulan di dalam kandungan mulai menunjukkan pertumbuhan yang pesat. Pada usia kehamilan ini, janin sudah bisa melakukan gerakan kecil sehingga Bunda bisa merasakan kehadirannya. Janin juga sudah lebih jelas terlihat melalui pemeriksaan USG lho, Bun.

Janin 4 Bulan Sebesar Apa Ya?

Pada usia kehamilan 13–16 minggu, ukuran janin 4 bulan sudah sebesar buah alpukat, Bun. Nah, pada usia kandungan 4 bulan ini, janin juga memiliki berat sekitar 140–300 gram dengan panjang berkisar antara 13–16 cm.

Di samping mengetahui janin 4 bulan sebesar apa, ketahui juga perkembangan janin 4 bulan berikut ini:

1. Tulang janin mulai mengeras

Saat janin memasuki usia 4 bulan, tulang kerangka janin, seperti tulang belakang dan tulang tengkorak akan mulai mengeras. Nah, perkembangan ini membuat kerangka janin makin terbentuk dan postur tubuhnya menjadi lebih tegak dan kokoh. Selain itu, jaringan otot janin juga terus berkembang dan menjadi jauh lebih kuat.

Meski sudah mulai mengeras, tulang tengkorak janin umumnya belum sepenuhnya menyatu ya, sehingga ubun-ubunnya akan tetap terasa lunak, bahkan setelah janin lahir. Namun, Bunda tidak perlu khawatir, karena kondisi ubun-ubun lunak pada janin berfungsi agar ia lebih mudah dilahirkan.

2. Rambut halus janin mulai tumbuh

Tubuh janin juga mulai ditumbuhi rambut-rambut halus yang disebut dengan lanugo. Rambut halus ini berguna untuk melindungi kulit dan menjaga tubuh janin agar tetap hangat.

Perlu diketahui nih, pertumbuhan rambut ini akan menebal selama sekitar 6 minggu ke depan lho, Bun. Namun, lanugo biasanya akan rontok sendiri, terutama ketika janin sudah memasuki usia 7–8 bulan atau menjelang kelahiran.

3. Alat kelamin janin berkembang

Pada trimester kedua kehamilan ini, organ reproduksi dan alat kelamin janin telah berkembang dan mulai terbentuk. Nah, untuk bisa mengetahui jenis kelamin janin, Bunda bisa melakukan pemeriksaan USG kehamilan, ya.

Biasanya, pemeriksaan USG untuk mendeteksi jenis kelamin janin bisa dilakukan pada akhir bulan keempat atau sekitar bulan kelima kehamilan.

4. Janin mulai mengenal suara dari luar rahim

Perkembangan janin 4 bulan lainnya adalah ia mulai mengenal suara dari luar rahim. Dengan kata lain, janin sudah bisa mengenali suara Bunda saat berbicara, lho. Hal ini terjadi karena telinga janin sudah berkembang dan kemampuannya untuk mendengar juga meningkat.

Itulah sebabnya, Bunda dianjurkan untuk rutin mengajak Si Kecil berbicara sejak ia masih dalam kandungan.

5. Janin mulai bisa menelan air ketuban

Pada trimester kedua ini, janin 4 bulan sudah memiliki kemampuan untuk menelan air ketuban lho, Bun. Soalnya, mulut janin 4 bulan sudah berkembang dan mulai berfungsi dengan baik.  

Air ketuban adalah cairan yang berperan penting untuk melindungi janin dari berbagai benturan dan infeksi. Di samping itu, air ketuban juga membantu mengoptimalkan tumbuh kembang janin karena mengandung banyak nutrisi, seperti karbohidrat, protein, elektrolit, dan lemak.

Pada usia kehamilan 4 bulan, sistem pencernaan janin juga mulai terbentuk dan berkembang. Janin pun sudah bisa mengeluarkan urine, bahkan ia mulai memproduksi feses pertama (mekonium).

6. Janin mulai lebih aktif bergerak

Saat menjalani tes USG, Bunda mungkin sudah bisa melihat janin melakukan gerakan sederhana. Jadi, jangan kaget ya, Bun!

Pada usia kehamilan ini, janin 4 bulan sudah bisa melakukan berbagai gerakan, seperti mengisap jempol, menguap, menggerakan kaki atau tangan, dan mengubah posisi. Namun, karena ukuran janin masih kecil, gerakan tersebut masih belum bisa dirasakan dengan jelas oleh Bunda, terutama jika ini adalah kehamilan pertama.

Itulah berbagai jenis perkembangan janin 4 bulan yang perlu Bunda ketahui. Mengetahui janin 4 bulan sebesar apa dan perkembangannya dapat membantu Bunda untuk memantau kesehatannya.

Agar kesehatan janin terus terpantau, lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin ke dokter ya, Bun.

Sumber:

Cleveland Clinic (2023). Health Library. Fetal Development.

Mayo Clinic (2022). Pregnancy Week by Week. Fetal Development: The 2nd Trimester.

Mount Sinai (2024). Morning Sickness.

American Pregnancy Association (2024). Baby Development Month by Month.

Baby Center (2024). 13 Weeks Pregnant: Fetal Development.

Baby Center (2024). 14 Weeks Pregnant: Fetal Development.

Baby Center (2024). 15 Weeks Pregnant: Fetal Development.

Baby Center (2024). 16 Weeks Pregnant: Fetal Development.

Baby Center (2022). How Does Your Baby Eat and Poop in the Womb?

Baby Center (2021). How Your Baby’s Skull, Skeleton, and Bones Develop.

Healthline (2020). What to Expect at 4 Months Pregnant.

WebMD (2022). The Second Trimester: Your Baby’s Growth and Development in Middle Pregnancy.

What to Expect (2023). 16 Weeks Pregnant.

What to Expect (2021). When Your Baby’s Sex Is Determined.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *