Janin 5 Bulan Sebesar Apa Ya, Bun?

“Janin 5 bulan sebesar apa?” kerap menjadi pertanyaan ibu hamil. Ini karena pada usia 5 bulan, perut ibu hamil biasanya mulai terlihat lebih besar. Bahkan, gerakan janin sudah mulai terasa. Nah, melalui pemeriksaan USG, dokter bisa menghitung dan memperkirakan ukuran janin, Bun.

Selain ukuran perut yang makin besar, berat badan Bunda juga kian bertambah. Tidak jarang, kaki Bunda juga jadi sering kram karena pertambahan berat badan. Nah, melihat perubahan yang dialami, mungkin Bunda jadi bertanya-tanya, “Kira-kira janin 5 bulan sebesar apa, ya? Bagaimana perkembangan Si Kecil di usia kehamilan ini?”

Perkembangan Janin 5 Bulan

Pada usia kehamilan 5 bulan, perut atau baby bump mulai terlihat membesar, bahkan pusar mulai terlihat menonjol. Tidak jarang, orang yang melihatnya pun bisa tahu bahwa Bunda sedang mengandung. Lantas, apa sih yang terjadi pada janin ketika kehamilan sudah memasuki usia 5 bulan?

Nah, pada periode ini, otot-otot janin mulai berkembang sehingga ia pun mulai aktif menggerakkan tubuhnya. Ia akan sering berputar, meregangkan tubuh, menguap, berkedip, mengisap ibu jarinya, bahkan mulai bereaksi terhadap suara yang didengarnya dari luar. Hal ini membuat Bunda merasakan gerakan pertamanya yang disebut quickening.

Janin 5 Bulan Sebesar Apa?

Melihat perkembangannya, Bunda jadi penasaran kan, kira-kira janin 5 bulan sebesar apa ya? Terlebih, Bunda mulai merasakan gerakan-gerakan atau tendangan yang diciptakan Si Kecil.

Nah, gerakan yang mulai bisa Bunda rasakan ini karena umumnya janin sudah berukuran 17,5–26,5 cm, Bun! Berat badannya pun kian bertambah. Pada usia kehamilan 20 minggu ini, berat badan janin sudah sebesar sekitar 450–480 gram. Bisa dibilang, kini janin sudah sebesar buah pisang, Bun.

Karena ukurannya sudah cukup besar, tidak heran jika Bunda mulai bisa merasakan gerakan-gerakan Si Kecil. Namun, apabila Bunda belum merasakan gerakan janin, jangan sedih dulu ya, karena bisa saja Bunda merasakan gerakannya nanti pada minggu ke-21 hingga ke-24.

Kini, Bunda sudah tahu kan janin 5 bulan sebesar apa? Untuk membantu Bunda mengetahui lebih pasti mengenai perkembangan dan kondisi janin, Bunda bisa melakukan kontrol kehamilan dengan rutin.

Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan yang mungkin dibantu dengan USG untuk memperkirakan panjang dan berat tubuh janin. Pada usia kehamilan 5 bulan, jenis kelamin janin juga sudah bisa terlihat lho, Bun.

Selain itu, agar tumbuh kembang Si Kecil selalu optimal, Bunda disarankan untuk rutin berolahraga ringan dan mengonsumsi makanan bernutrisi, seperti daging, ikan, telur, keju, susu, buah, sayuran, dan kacang-kacangan.

Sumber:

Cleveland Clinic (2023). Fetal Development.

Cleveland Clinic (2022). Quickening in Pregnancy.

Baby Center (2022). How Big is My Baby? Week-by-Week Fruit and Veggie Comparisons.

Bradley, S. Healthline (2020). What to Expect at 5 Months Pregnant.

Gough, K. J. Parents (2023). What Ultrasounds Tell Us About Second Trimester Fetal Development.

Pezner, H. Verywell Family (2021). Week 20 of Your Pregnancy.

Johnson, T. C. WebMD (2023). Slideshow: Fetal Development Month by Month.

WebMD (2022). The Second Trimester: Your Baby’s Growth and Development in Middle Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *