Berat Normal Janin 36 Minggu yang Perlu Bunda Ketahui

Berat normal janin 36 minggu penting untuk diketahui guna memastikan kondisi kesehatan dan tumbuh kembang Si Kecil. Apalagi di usia kandungan yang semakin dekat dengan hari perkiraan lahir (HPL), janin seharusnya sudah memiliki berat badan yang cukup agar bisa lahir dengan normal dan sehat.

Wah, tak terasa ya kehamilan Bunda sudah mencapai minggu ke-36. Bunda pasti sudah nggak sabar kan menyambut kehadiran sang buah hati? Nah, meski hari kelahiran Si Kecil makin dekat, tumbuh kembang janin tetap perlu terus dipantau ya, Bun, termasuk berat normal janin 36 minggu.

Namun, karena Bunda tidak bisa mengetahui perubahan berat badan janin secara langsung, maka penting banget untuk rutin melakukan pemeriksaan kehamilan  ke dokter.

Berapa Berat Normal Janin 36 Minggu?

Secara umum, janin yang memasuki minggu ke-36 memiliki panjang sekitar 45–48 cm. Sementara itu, untuk berat normal janin 36 minggu adalah antara 2,7–3,1 kilogram

Wah, kira-kira janin sudah sebesar apa ya, Bun? Sebagai gambarannya, Si Kecil mungkin sudah sebesar buah pepaya, Bun.  Pada usia kandungan 9 bulan ini, berat badan Bunda pun seharusnya sudah bertambah sekitar 13 kg. Hal ini menandakan kalau kehamilan berjalan sehat.

Selain berat badan dan ukuran janin yang bertambah, organ-organ vital janin 36 minggu, seperti paru-paru dan otak, juga berkembang hampir sempurna. Namun, masih perlu beberapa minggu lagi sampai organ tubuhnya benar-benar sempurna dan bisa berfungsi dengan baik, Bun. Maka dari itu, kelahiran idealnya akan berlangsung pada sekitar minggu ke–40.

Nah, dengan berat dan ukurannya yang sudah cukup besar, kepala janin biasanya sudah mulai masuk ke jalan lahir. Jika saat pemeriksaan USG posisi janin masih sungsang, Bunda jangan khawatir dulu ya, karena posisi janin masih bisa berubah ke posisi yang ideal.

Bagaimana jika Berat Janin Kurang dari Angka Normal?

Kini, Bunda sudah tahu tentang berat normal janin 36 minggu. Namun, bagaimana ya kalau ternyata berat Si Kecil di usia kehamilan ini kurang dari yang seharusnya?

Sebelumnya, perlu Bunda ketahui terlebih dulu bahwa ukuran janin yang kecil bisa saja dipengaruhi oleh tinggi dan berat badan ibu hamil. Selain itu, ada beberapa kondisi lainnya yang bisa menyebabkan berat badan janin kurang, antara lain:

  • Ibu hamil mengalami peningkatan berat badan yang tidak cukup selama kehamilan
  • Ibu hamil mengalami infeksi yang bisa ditularkan pada bayi, misalnya infeksi toksoplasma dan rubella
  • Ibu hamil menderita diabetes atau hipertensi yang tidak dikontrol
  • Ibu hamil mengalami anemia berat sehingga aliran nutrisi dan oksigen ke janin tidak tercukupi
  • Janin mengalami gangguan genetik
  • Ibu hamil mengandung bayi kembar yang membuat janin berbagi plasenta Kondisi ini bisa menyebabkan pertumbuhan janin terhambat sehingga ukuran bayi kembar cenderung lebih kecil
  • Gaya hidup yang tidak sehat selama kehamilan, seperti merokok, konsumsi kafein berlebihan, dan minum alkohol

Kalau berat normal janin 36 minggu masih belum optimal, jangan panik dulu ya, Bun. Karena kehamilan masih ada beberapa minggu lagi, belum terlambat kok untuk membantu Si Kecil memperoleh berat badan yang ideal. Berikut ini adalah tips yang bisa Bunda lakukan mulai dari sekarang untuk meningkatkan berat badan janin:

  • Konsumsi makanan yang tinggi protein, karbohidrat, dan lemak, seperti keju, daging, ikan, susu, telur, tahu, tempe, nasi, dan kacang-kacangan.
  • Konsumsi makanan yang tinggi asam folat, seperti sereal yang diperkaya kandungan asam folat, sayur bayam, kacang polong, dan jeruk.
  • Pertahankan berat badan yang sehat selama kehamilan.
  • Terapkan gaya hidup yang sehat dengan tidak merokok, hentikan konsumsi alkohol, serta batasi asupan kafein.
  • Konsumsi asupan susu kehamilan dan vitamin prenatal sesuai anjuran dokter.
  • Beristirahat dengan cukup.

Selain menerapkan cara-cara di atas, Bunda juga perlu melakukan kontrol rutin ke dokter ya untuk mendapatkan pemeriksaan dan mempertahankan berat normal janin 36 minggu hingga hari kelahiran Si Kecil.

Sumber:

American Pregnancy Association. 36 Weeks Pregnant: The 36th Week of Pregnancy.

National Health Service UK. 36 Weeks Pregnant – Week-by-Week Guide.

Mayo Clinic (2022). Pregnancy Diet: Focus on These Essential Nutrients.

Thomas, C. Baby Centre UK. Low Birth Weight in Pregnancy.

The Bump (2023). Baby and You at 36 Weeks Pregnant.

Pevzner, H. Verywell Family (2021). Week 36 of Your Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *