Puting Gatal Saat Hamil, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bun, pernah nggak merasakan puting gatal saat hamil? Jika iya, tidak perlu panik. Soalnya, kondisi ini normal terjadi. Hanya saja, puting gatal saat hamil bisa membuat Bunda tidak nyaman. Nah, untungnya keluhan ini mudah diatasi, Bun.

Puting gatal saat hamil akan menimbulkan keinginan menggaruk. Ini jadi sulit dilakukan, terutama ketika Bunda sedang beraktivitas bersama orang lain ada berada di tempat umum. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, sekaligus mencegah agar puting dan area payudara tidak kembali gatal.

Penyebab Puting Gatal Saat Hamil

Puting gatal saat hamil bisa disebabkan oleh payudara yang membesar guna mempersiapkan ASI. Selain itu, ada beberapa kondisi lain yang juga bisa menyebabkan puting gatal saat hamil, seperti:

1. Perubahan hormon

Ibu hamil cenderung mengalami peningkatan hormon. Nah, perubahan kadar hormon ini dapat menyebabkan ibu hamil mengalami berbagai keluhan, salah satunya puting gatal saat hamil.

Perubahan hormon membuat aliran darah ke payudara meningkat sehingga kondisi ini menjadikan puting dan payudara terasa gatal. Tak hanya gatal, payudara mungkin juga menjadi lebih sensitif dan nyeri saat disentuh atau ketika terkena gesekan pakaian.

2. Payudara yang membesar

Bunda, payudara dan puting yang membesar terjadi sebagai persiapan untuk menyusui lho. Dampaknya, puting dan area payudara ibu hamil pun jadi sering terasa gatal.

Kondisi tersebut terjadi karena kulit di area payudara meregang dan menjadi lebih tipis sehingga memicu puting dan payudara terasa gatal.

3. Eksim

Ibu hamil yang memiliki riwayat eksim juga bisa mengalami area puting terasa gatal. Eksim adalah peradangan pada kulit yang bisa membuat kulit kemerahan, kering, gatal, dan bersisik. Belum ada penyebab pasti mengapa gejala eksim bisa muncul, tetapi biasanya kondisi ini dipicu oleh alergi, iritasi, atau stres.

Sebagai contoh, jika Bunda mandi dengan sabun yang mengandung zat iritatif dan tidak cocok dengan kulit Bunda, hal ini bisa saja memicu eksim di kulit sekitar puting atau di bagian tubuh lainnya dan membuat kulit terasa gatal.

4. Pruritic urticarial papules and plaques of pregnancy (PUPPP)

Selain eksim, PUPPP bisa menjadi penyebab puting gatal pada ibu hamil. Kondisi ini ditandai dengan timbulnya benjolan kecil yang gatal di sekitar perut, kemudian menyebar ke paha, bokong, dan payudara.

PUPPP biasanya terjadi selama kehamilan, terutama ketika memasuki trimester 3. Penyebab pastinya juga belum diketahui, tetapi PUPPP diperkirakan muncul karena stretch mark atau karena peregangan pada kulit.

Namun, Bunda tidak perlu khawatir ya karena kondisi ini bukan hal yang berbahaya. Biasanya, PUPPP bisa menghilang dengan sendirinya setelah melahirkan.

5. Prurigo

Salah satu penyakit kulit yang bisa menyebabkan puting ibu hamil jadi gatal adalah prurigo. Kondisi ini juga umum terjadi selama masa kehamilan dan tidak berbahaya.

Prurigo sendiri disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang merespons perubahan hormon saat hamil sehingga menyebabkan timbulnya bentol. Nah, bentol yang mirip gigitan serangga ini bisa muncul di beberapa bagian tubuh, termasuk payudara.

Berbeda dengan PUPPP yang bisa sembuh sendiri setelah melahirkan, prurigo terkadang bisa butuh waktu yang lebih lama untuk sembuh. Jika mengalaminya, Bunda sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat, ya.

6. Intertrigo

Penyebab puting gatal saat hamil yang berikutnya adalah intertrigo, yaitu peradangan pada lipatan kulit akibat gesekan. Kondisi ini bisa dipicu oleh udara yang panas dan lembap atau banyak berkeringat sehingga bakteri atau jamur pun mudah berkembang biak.

Intertrigo bisa menyebabkan kulit menjadi kemerahan, gatal, dan kasar, pecah-pecah dan terasa sakit. Nah, apabila ibu hamil mengalami kondisi yang mirip dengan intertrigo, alangkah baiknya langsung konsultasikan ke dokter ya supaya tidak menjadi infeksi.

Cara Mengatasi Puting Gatal Saat Hamil

Bunda, payudara dan puting yang terasa gatal memang bikin ngga nyaman, kan? Namun, menggaruknya hanya akan membuat puting dan payudara jadi lecet, lho.

Maka dari itu, sebaiknya Bunda tidak menggaruk area yang gatal, tetapi lakukan beberapa tips ini untuk mengatasi puting gatal saat hamil:

  • Perbanyaklah minum air putih minimal 8 gelas per hari agar kulit dan tubuh tetap terhidrasi
  • Gunakan pakaian yang longgar dengan bahan yang halus
  • Gunakan bra atau dalaman yang tidak terlalu ketat
  • Mandi dengan air dingin atau kompres menggunakan kain basah untuk meredakan rasa gatal
  • Gunakan krim atau pelembap di sekitar payudara yang gatal
  • Gunakan sabun mandi atau deterjen yang berlabel hypoallergenic serta no perfume

Puting gatal saat hamil umumnya bukan kondisi yang perlu terlalu dikhawatirkan selama tidak terjadi peradangan. Masalah ini bisa sembuh dengan sendirinya seiring waktu. Namun, apabila rasa gatal sangat mengganggu aktivitas Bunda, tidak kunjung membaik, bahkan timbul darah pada puting, jangan tunda untuk periksa ke dokter, ya.

Sumber:

Cleveland Clinic (2022). Prurigo of Pregnancy.

Cleveland Clinic (2022). PUPPP Rash.

Cleveland Clinic (2021). Intertrigo.

Nall, R. & Raypole, C. Healthline (2023). Why Are My Nipples Itchy?

Marcin, A. Healthline (2019). Why Pregnancy Can Cause Itchy Boobs.

Stapleton, S. & MeanLey, E. Parents (2023). 24 Weird-But-Normal Pregnancy Symptoms You Might Not Have Expected.

Miller, K. The Bump (2023). How to Soothe Itchy Nipples During Pregnancy. Whitten, C. WebMD (2022). What Is a PUPPP Rash?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *