Bentuk Perut Hamil 1 Bulan, Seperti Apa Ya?

Bentuk perut hamil 1 bulan memang belum terlihat besar karena pada usia kandungan ini janin masih sangat kecil. Meski demikian, gejala-gejala awal kehamilan mulai muncul, lho.

Begitu hasil testpack menunjukkan garis dua, Bunda mungkin jadi sering meraba-raba perut karena menyadari kini ada kehidupan di perut Bunda. Nah, kira-kira apakah pada masa awal kehamilan ini bentuk perut hamil 1 bulan mulai terlihat? Lalu, sebesar apa ya janin pada kehamilan yang masih berusia 1 bulan ini?

Perkembangan Kehamilan 1 Bulan

Kehamilan 1 bulan dimulai dari hari pertama haid terakhir (HPHT) hingga minggu ke-4. Meski kehamilan sudah berjalan 1 bulan, tapi janin baru berusia 14 hari lho, Bun. Mengapa demikian?

Ini karena sejak hari pertama menstruasi terakhir berlangsung, sel sperma dan sel telur sedang dalam proses pembuahan dan pembentukan zigot. Proses tersebut terjadi selama 2 minggu, hingga akhirnya janin pun baru terbentuk pada minggu ke–3. Maka dari itu, usia janin baru terhitung 14 hari.

Nah, pada minggu pertama hingga minggu ke-4 tersebut, ibu hamil bisa mengalami beberapa gejala kehamilan, seperti bercak darah yang mirip dengan haid, kram perut, nyeri payudara, mood swing, hingga kembung.

Bentuk Perut Hamil 1 Bulan

Melihat proses perkembangan janin di atas, kira-kira bentuk perut hamil 1 bulan sudah seperti apa, sih? Nah, karena ukuran janin masih sangat kecil, pada usia kehamilan ini perut Bunda memang belum besar.

Beberapa ibu hamil mungkin melihat perutnya sedikit lebih menonjol dari biasanya, tetapi hal ini bisa disebabkan oleh perut kembung, yang merupakan keluhan pada awal kehamilan.

Perut kembung tersebut terjadi karena peningkatan hormon progesteron yang terjadi saat pembuahan. Selain itu, ibu hamil juga cenderung mengalami sembelit pada awal kehamilan sehingga perut pun terlihat sedikit lebih besar.

Namun, secara umum bentuk perut hamil 1 bulan memang belum terlihat ya, Bun, karena ukuran janin dan rahim masih sangat kecil. Bahkan, kadang ibu hamil bisa tidak sadar lho bahwa tengah mengandung sebelum melakukan tes kehamilan dengan testpack.

Hanya saja, ibu yang sebelumnya pernah hamil mungkin sudah bisa melihat munculnya baby bump atauperut yang menonjol saat kehamilan1 bulan. Ini karena otot perut ibu hamil sudah mengendur dan mulai meregang lebih cepat untuk menyambut kehamilan yang sekarang dijalani.

Kapan Perut Hamil Mulai Terlihat?

Sebagian besar perut ibu hamil akan tampak menonjol dan memperlihatkan baby bump-nya pada kehamilan 12–16  minggu, tepatnya saat memasuki bulan ke-3 atau ke-4.

Namun, perlu Bunda ingat ya bahwa kehamilan itu unik sehingga belum tentu semua ibu hamil menampakkan baby bump-nya pada awal trimester kedua. Bisa saja, perut terlihat menonjol lebih cepat atau lebih lambat.

Nah, yang uniknya lagi, bentuk perut hamil 1 bulan bisa dipengaruhi oleh berat badan ibu hamil, lho. Biasanya, baby bump akan terlihat lebih awal pada ibu hamil yang memiliki jaringan lemak lebih sedikit atau bertubuh langsing.

Maka dari itu, Bunda tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan ibu hamil yang lain ya. Kondisi kehamilan setiap wanita berbeda-beda, begitu juga dengan tubuh Bunda.

Jadi, Bunda jangan khawatir atau sedih apabila bentuk perut hamil 1 bulan belum terlihat karena pada masa ini memang ukuran janin masih sangat kecil, sehingga belum banyak berpengaruh pada ukuran rahim.

Pada usia kehamilan ini, alangkah baiknya Bunda fokus pada perkembangan Si Kecil dan mulai mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kehamilan rutin dengan dokter, ya.

Sumber:

Taylor, M. The Bump (2024). How Your Pregnant Belly Will Change During Each Trimester.

Bradley, S. Healthline (2021). What to Expect at 1 Month Pregnant.

Higuera, V. Healthline (2020). When Does Your Baby Bump Start to Show? Harris, N. Parents (2022). Your Pregnancy Symptoms Week by Week.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *