CDR untuk Ibu Hamil, Ini Manfaatnya

CDR untuk ibu hamil disarankan karena suplemen yang mengandung kalsium diperlukan untuk memastikan tercukupinya asupan kalsium bagi ibu hamil.  Konsumsi suplemen ini juga dapat mengoptimalkan tumbuh kembang janin. 

Selama kehamilan, Bunda membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak daripada sebelumnya. Tak hanya dari makanan, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen tambahan, seperti CDR maupun suplemen prenatal.

Calcium D Redoxon atau CDR memiliki kandungan kalsium, vitamin C, vitamin D, dan vitamin B6. Nah, kombinasi bahan-bahan tersebut berperan dalam pertumbuhan serta pemeliharaan tulang dan gigi Si Kecil, mempercepat pemulihan saat sakit, serta meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil. 

CDR untuk ibu hamil tersedia dalam dua varian, yaitu CDR dan CDR Fortos. Kedua varian bisa Bunda beli di apotek atau supermarket. Namun, sebelum mengonsumsinya, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter, ya. 

Berbagai Manfaat CDR untuk Ibu Hamil 

CDR mengandung kalsium yang sangat dibutuhkan selama kehamilan. Saat hamil, kebutuhan kalsium memang meningkat karena mineral ini dibutuhkan untuk mendukung pembentukan tulang dan otot janin, serta memperkuat tulang dan sendi ibu hamil. 

Adapun jumlah kalsium yang dibutuhkan ibu hamil dalam sehari adalah sekitar 1.200 mg setiap harinya. Cukup besar bukan? Itulah sebabnya, CDR sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan kalsium selama kehamilan. 

Fungsi utama kalsium memang untuk mengoptimalkan perkembangan tulang dan gigi. Namun bagi ibu hamil, kalsium juga memiliki banyak manfaat lainnya, seperti:

  • Mendukung perkembangan otot, jantung, dan saraf janin
  • Mengatasi kaki kram selama hamil
  • Mencegah baby blues pada Bunda setelah melahirkan
  • Mencegah terjadinya komplikasi kehamilan, seperti preeklamsia 

Jika kebutuhan kalsium pada ibu hamil tidak terpenuhi, pertumbuhan dan perkembangan janin bisa terganggu dan risiko terjadinya komplikasi kehamilan berupa hipertensi gestasional dan preeklampsia pun dapat meningkat.

Tak hanya mengandung kalsium, CDR untuk ibu hamil juga memiliki kandungan vitamin lainnya, yaitu vitamin C, vitamin D, dan vitamin B6 yang tidak kalah penting untuk dikonsumsi selama kehamilan. 

Vitamin-vitamin yang terdapat dalam CDR untuk ibu hamil ini dapat membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh, mencegah kelahiran prematur dan bayi dengan berat badan lahir rendah, mendukung perkembangan otak dan sistem saraf janin, mengatasi morning sickness, serta menjaga kadar gula tetap stabil. 

Lantas, Amankah CDR untuk Ibu Hamil? 

CDR untuk ibu hamil aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Suplemen ini dapat diminum sebanyak 1 tablet per hari setelah makan. Namun, dosisnya tetap harus disesuaikan dengan anjuran dokter. 

Perlu diingat, Bunda tidak boleh mengonsumsi kalsium secara berlebihan, ya. Asupan harian kalsium tidak boleh lebih dari 2.500 mg per hari. Soalnya, kalau terlalu banyak mengonsumsi kalsium, Bunda bisa terkena efek samping, seperti perut kembung, sembelit, gangguan penyerapan zat besi atau zinc, hingga batu ginjal.

Selalu baca dulu keterangan kandungan nutrisi pada kemasan CDR untuk ibu hamil sebelum mengonsumsinya. Selain itu, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter terkait nutrisi yang diperlukan selama masa kehamilan ya, Bun.

Bunda juga dianjurkan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi dan menjalani pola hidup sehat selama mengandung Si Kecil. 

Sumber:

Almasaudi, et al. (2023). Dairy Products Intake and the Risk of Postpartum Depression Among Mothers: A Pilot Study. Sage Open Medicine, DOI: 10.1177/20503121231187756.

American Pregnancy Association (2024). Natural Sources of Vitamin B During Pregnancy.

American Pregnancy Association (2024). Vitamin D and Pregnancy.

Baby Center (2021). Calcium During Pregnancy. 

Baby Center (2021). Vitamin D during Pregnancy. 

Healthline (2020). Calcium Lactate: Uses, Benefits, and Side Effects.

Verywell Family (2021). Calcium Needs During Pregnancy.

Verywell Health (2022). What Is Calcium Lactate?

WebMD (2023). Get the Calcium You Need During Pregnancy.

What to Expect (2022). How Much Vitamin C Do You Need During Pregnancy?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *