Janin 5 Minggu, Bagaimana Perkembangannya Ya?

janin 5 minggu, diary bunda

Saat janin 5 minggu, Bunda mungkin baru saja menyadari bahwa sedang hamil. Meski begitu, sudah banyak perkembangan yang terjadi pada janin, lho, mulai dari ukuran dan beratnya yang bertambah sampai pembentukan organ-organ di dalam tubuhnya. Penasaran kan, Bun? Yuk, ketahui bagaimana perkembangan saat janin 5 minggu!

Janin 5 Minggu dan Perkembangannya

Janin 5 minggu sebenarnya masih berbentuk embrio atau bakal janin, Bun. Karena masih berbentuk embrio, tubuh janin belum benar-benar terlihat seperti bayi. Bahkan, ukurannya pun masih sangat kecil, yaitu sekitar 2 mm atau hanya sebesar biji wijen.

Meski begitu, saat janin 5 minggu, tubuhnya sudah mengalami berbagai perkembangan, seperti organ tubuhnya yang mulai terbentuk. Nah, inilah beberapa perkembangan janin 5 minggu, Bun:

1. Sistem organ tubuh mulai terbentuk

Memasuki usia kehamilan 5 minggu, janin sudah mulai membentuk berbagai sistem organ tubuh. Sistem organ ini meliputi sistem pencernaan, sistem saraf dan otak, sistem aliran darah, sistem pernapasan, hingga sistem reproduksi.

Selain itu, anggota gerak janin, seperti kaki dan tangan, tulang, dan otot, serta organ di luar tubuh atau kulit juga sudah mulai terbentuk. Masing-masing organ tubuh janin ini akan terus tumbuh dan berkembang seiring bertambahnya usia kandungan.

2. Sistem peredaran darah mulai terbentuk

Pada minggu ini, janin sudah memiliki pembuluh darah yang berfungsi untuk mendapatkan darah dari ibu, lalu menyalurkan darah tersebut ke seluruh bagian tubuhnya. Pasokan darah ini mengalir dari tubuh ibu ke plasenta, lalu diteruskan ke janin agar janin bisa mendapatkan nutrisi dan oksigen yang cukup.

3. Kantung kehamilan sudah terbentuk

Kantung kehamilan merupakan kantung berisi cairan yang mengelilingi janin selama beberapa minggu pertama kehamilan. Nantinya, kantung ini akan berkembang menjadi ari-ari yang berperan dalam memasok darah dan nutrisi dari ibu hamil ke janin selama masa kehamilan.

4. Struktur jantung mulai terbentuk

Saat janin mencapai usia 5 minggu, struktur jantung juga mulai terbentuk. Struktur jantung ini berbentuk seperti tabung kecil. Meski sudah mulai terbentuk dan berdetak dengan normal, jantung janin belum bisa terdengar melalui pemeriksaan USG. Bunda bisa menunggu untuk mendengarkan detak jantung janin 1–2 minggu berikutnya.

Tips Menjaga Kesehatan Janin 5 Minggu

Karena pada masa ini tumbuh kembang janin 5 minggu terjadi sangat pesat, Bunda perlu menjaga kesehatan dengan lebih ketat. Soalnya, pada masa-masa ini, kondisi janin masih sangat lemah, sehingga bisa berisiko terjadi keguguran.

Adapun beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk menjaga kesehatan janin 5 minggu adalah:

  • Minum banyak air putih, yaitu minimal 6–8 gelas per hari atau setara dengan 1.500–2.000 ml.
  • Konsumsi makanan sehat dengan gizi yang lengkap.
  • Konsumsi suplemen kehamilan, apalagi kalau nutrisi dirasa belum tercukupi melalui makanan.
  • Lakukan olahraga ringan secara rutin, misalnya berjalan.
  • Tidur dan istirahat yang cukup, setidaknya 7–9 jam per hari.
  • Jangan merokok atau minum minuman beralkohol.
  • Batasi konsumsi kafein.

Selain melakukan beberapa hal di atas, Bunda juga dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter setelah menyadari bahwa sedang hamil, ya. Dengan melakukan pemeriksaan ke dokter, Bunda jadi bisa mengetahui bagaimana kondisi kesehatan janin dalam perut.

Sumber:

Adibi, J. J., et al. (2021). First trimester mechanisms of gestational sac placental and foetal teratogenicity: a framework for birth cohort studies. Human Reproduction Update, 27(4), pp. 747–770.

National Health Services U.K. (2023). Pregnancy. Week 5.

National Health Services U.K. (2021). Pregnancy. You and Your Baby at 5 Weeks Pregnant.

National Institutes of Health (2019). National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. Health Tips for Pregnant Women.

KidsHealth (2023). Parents. Staying Healthy During Pregnancy.

Baby Center (2022). 5 Weeks Pregnant.

Healthline (2023). 5 Weeks Pregnant: Symptoms, Tips, and More.

Verywell Family (2022). Week 5 of Your Pregnancy.

WebMD (2023). 1st Trimester: 1st Prenatal Visit.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *