Punggung Sakit Saat Hamil, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Punggung sakit saat hamil adalah hal yang lumayan lumrah terjadi. Walau terasa mengganggu, keluhan ini biasanya tidak berbahaya, kok, Bunda. Namun, jika merasa risih karena punggung sakit, Bunda bisa mencoba beberapa cara untuk mengatasinya. 

Punggung sakit saat hamil bisa muncul sejak awal kehamilan. Namun, kondisi ini biasanya akan makin terasa ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua hingga trimester ketiga

Selama kehamilan, perubahan hormon dan membesarnya rahim bisa berpengaruh pada ligamen dan otot-otot panggul. Hal ini otot dan ligamen tersebut harus bekerja lebih ekstra untuk menopang rahim dan janin yang makin besar. Nah, ini bisa membuat otot dan tulang panggul serta punggung bagian bawah jadi lebih tegang, sehingga membuat punggung sakit saat hamil. 

Penyebab Punggung Sakit Saat Hamil

Ada beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab punggung sakit saat hamil, yaitu: 

1. Perubahan hormon

Salah satu penyebab punggung sakit saat hamil adalah perubahan hormon. Selama hamil, tubuh memproduksi hormon relaksin yang menyebabkan ligamen di area panggul menjadi relaks dan membuat persendian menjadi longgar. Tujuannya adalah mempersiapkan tubuh untuk menghadapi persalinan. 

Nah, hormon tersebut juga dapat menyebabkan ligamen yang menopang tulang belakang mengendur sehingga menimbulkan rasa sakit dan nyeri di punggung. 

2. Pertambahan berat badan 

Selama hamil, Bunda akan mengalami kenaikan berat badan. Nah, tulang belakang yang bertugas menopang tubuh akan terbebani dengan pertambahan berat badan ini. Hal ini membuat otot menjadi tegang dan menimbulkan rasa nyeri di punggung bagian bawah.  

Tak hanya itu, ukuran bayi dan rahim yang makin membesar juga bisa menyebabkan punggung sakit saat hamil, lho. Hal ini disebabkan oleh adanya tekanan pada pembuluh darah dan saraf di area punggul serta punggung sehingga bagian ini akan terasa nyeri. 

3. Perubahan postur tubuh

Selain pertambahan berat badan, perubahan postur tubuh juga bisa menyebabkan punggung sakit saat hamil.  Ada beberapa gerakan dan posisi tubuh yang bisa menekan otot-otot punggung bagian bawah, misalnya berdiri terlalu lama, tidur dengan bantal terlalu tinggi, serta sering membungkuk. Hal-hal tersebut bisa membuat punggung jadi nyeri, Bun.

4. Stres

Bunda, ternyata stres bisa menyebabkan punggung sakit saat hamil, lho. Nah, rasa cemas akibat stres yang menumpuk dapat meningkatkan ketegangan di otot punggung sehingga memicu munculnya rasa nyeri atau sakit di punggung selama hamil. 

Cara Mengatasi Punggung Sakit Saat Hamil

Bunda, punggung sakit saat hamil memang mengganggu, ya, tapi jangan sampai hal ini menjadi hambatan Bunda untuk tetap beraktivitas. Tidak perlu khawatir, Bun, sakit punggung yang dirasakan oleh Bunda bisa diatasi dengan cara-cara berikut ini:

  • Memijat punggung, untuk membantu meringankan rasa sakit dan menenangkan otot yang lelah. 
  • Kompres punggung dengan kain yang hangat atau dingin, untuk meredakan rasa nyeri dan membuat otot punggung jadi lebih releks.
  • Berolahraga secara teratur, untuk melenturkan dan memperkuat otot, serta mengurangi tekenan pada tulang belakang. Bunda bisa memilih olahraga yang aman selama hamil, seperti yoga prenatal, berjalan kaki, dan berenang. 
  • Perbaiki postur tubuh dengan cara uk tidak membungkuk atau berdiri terlalu lama ya. Bunda bisa menggunakan bantalan punggung saat duduk agar postur tubuh tetap baik.
  • Hindari tidur telentang dan tidurlah dalam posisi miring ke kiri agar punggung tidak terasa sakit. 
  • Hindari menggunakan sepatu hak tinggi karena bisa menekan otot-otot punggung. Bunda sebaiknya memilih sepatu yang berhak rendah dan nyaman dipakai.
  • Hindari mengangkat beban berat selama hamil. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan punggung sakit saat hamil. Jika rasa sakit yang dirasa sudah sangat mengganggu, Bunda bisa meminum obat pereda nyeri. Namun, penggunaan obat ini harus sesuai dengan anjuran dokter ya, Bun.

Punggung sakit saat hamil biasanya bisa hilang sendiri setelah Bunda melahirkan. Akan tetapi, jika keluhan ini terasa sangat parah atau disertai gejala lain, seperti nyeri punggung menjalar ke kaki, kaki kesemutan, atau kaki jadi melemah, sebaiknya Bunda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan, ya Bun.

Sumber:

National Health Service UK (2024). Pregnancy-related Conditions. Back Pain in Pregnancy. 

Pregnancy Birth & Baby Australia (2024). Backache in Pregnancy.

Mayo Clinic (2021). Pregnancy Week by Week. Back Pain During Pregnancy: 7 Tips for Relief. 

American Pregnancy Association (2024). Back Pain During Pregnancy.

Baby Centre (2023). Back Pain During Pregnancy.

Family Doctors (2022). Back Pain During Pregnancy.

Parents (2024). 14 Pregnancy Back Pain Relief Strategies.

The Bump (2024). How to Relieve Back Pain in Pregnancy.

Verywell Health (2023). What Is Lower Back Pain in Pregnancy?

WebMD (2022). Back Pain in Pregnancy.

What to Expect (2022). Back Pain During Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *