Melon untuk Ibu Hamil, Ini Ragam Manfaatnya

Tahukah Bunda? Manfaat melon untuk ibu hamil ada banyak, lho. Salah satu manfaat melon untuk ibu hamil adalah mencegah bayi cacat lahir. Konsumsi melon juga bisa meredakan keluhan selama hamil.

Penting bagi setiap ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan gizi agar janinnya dapat tumbuh dengan baik nan sehat. Salah satu cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi, seperti buah dan sayur, secara rutin.

Nah, melon merupakan salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi untuk ibu hamil dan janin. Berkat kandungan gizinya yang melimpah, konsumsi melon untuk ibu hamil pun sangat disarankan.

Ragam Manfaat Melon untuk Ibu Hamil

Melon tidak hanya manis dan menyegarkan, tetapi juga mengandung nutrisi penting, seperti karbohidrat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, folat, dan kalium.  Meski mengandung karbohidrat dan gula, melon tetap rendah kalori kok, sehingga Bunda tidak perlu takut mengonsumsinya setiap hari sebagai camilan.

Melihat banyaknya nutrisi yang terkandung pada melon, buah ini dapat memberikan banyak manfaat untuk mendukung kehamilan agar tetap sehat, seperti:

1. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Melon merupakan buah yang mengandung banyak air dan elektrolit, seperti kalium. Hal ini menjadikan melon buah yang layak dikonsumsi untuk mencukupi cairan tubuh selama masa kehamilan. Dengan demikian, Bunda bisa terhindar dari dehidrasi.

Selain itu, kandungan air, antioksidan, dan aneka vitamin dan mineral di dalam melon juga bisa menggantikan cairan yang berkurang akibat mual dan muntah selama hamil (morning sickness).

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin C terkenal sebagai nutrisi yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Nah, vitamin ini terdapat dalam berbagai jenis buah dan sayuran, salah satunya buah melon, Bun. Selain itu, melon juga kaya akan antioksidan dan nutrisi lain yang juga baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin E.

Dengan imunitas tubuh yang kuat, Bunda akan lebih fit dan jarang sakit, sehingga bisa menjalani kehamilan dengan lebih nyaman dan lancar. Imunitas tubuh yang terjaga juga penting untuk menjaga kesehatan janin, lho, Bun.

3. Mengontrol tekanan darah

Berkat kandungan air, antioksidan, dan kaliumnya yang cukup tinggi, melon bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Dengan terkontrolnya tekanan darah selama hamil, Bunda bisa terhindar dari berbagai kondisi, seperti hipertensi gestational dan preeklamsia.

4. Menambah stamina dan energi

Melon termasuk salah satu jenis buah yang mengandung gula dan karbohidrat cukup tinggi. Kedua nutrisi ini berperan penting untuk memberikan stamina bagi tubuh serta menambah energi. Jadi, dengan mengonsumsi melon, Bunda bisa lebih bertenaga dan tidak mudah lelah, deh.

Meski bermanfaat, melon tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berlebihan, ya. Ini karena kandungan gulanya cukup tinggi sehingga bisa berpotensi memengaruhi kadar gula darah.

5. Mencegah dan mengatasi sembelit

Selain bisa meningkatkan stamina, melon juga mengandung serat dan air yang mampu mencegah serta mengatasi sembelit. Ini karena serat dan air pada melon dapat membuat usus bekerja dengan labih lancar, serta membuat kotoran jadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan ketika BAB.

Maka dari itu, jika Bunda mengalami sembelit dan ingin memperoleh manfaat melon untuk ibu hamil yang satu ini, Bunda disarankan untuk mengonsumsinya.

6. Mencegah kecacatan pada bayi

Melon baik dikonsumsi saat hamil karena buah ini juga mengandung folat atau vitamin B9 yang dapat mendukung tumbuh kembang janin. Vitamin ini juga berperan penting untuk proses pembentukan dan perkembangan organ janin, seperti otak, saraf, dan tulang belakang.

Dengan mengonsumsi makanan tinggi folat, seperti buah melon, perkembangan organ tersebut dapat berjalan dengan maksimal dan sempurna hingga hari kelahiran sang buah hati. Namun, selain dengan makanan sehat, Bunda juga perlu mencukupi asupan folat dengan rutin minum suplemen kehamilan, ya.

7. Mencegah diabetes gestasional

Melon termasuk salah satu jenis buah yang baik untuk mengontrol kadar gula darah sehingga baik untuk mencegah diabetes gestasional. Ini berkat kandungan antioksidan, serat, air, dan aneka vitamin dan mineral di dalamnya.

Nah, manfaat melon untuk ibu hamil ini bisa diperoleh dengan lebih optimal jika diimbangi dengan olahraga rutin dan menjalani pola makan sehat.

Di sisi lain, buah ini juga mengandung gula yang cukup tinggi dan tergolong jenis buah dengan indeks glikemik sedang. Ini artinya, buah ini bisa meningkatkan kadar gula darah jika dikonsumsi terlalu banyak. Agar lebih aman, Bunda dianjurkan untuk mengonsumsi 2 atau 3 porsi saja per minggu.

8. Meredakan morning sickness

Selama hamil, perubahan nafsu makan karena sering mual dan muntah sudah menjadi hal yang lumrah ya, Bun. Namun, jika tidak mereda, keluhan ini bisa berisiko menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi dan cairan. Nah, untuk mencegahnya, Bunda bisa mengonsumsi melon untuk ibu hamil.

Tak hanya baik untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi berkat kandungan air dan elektrolitnya, melon juga bisa membantu meredakan gejala morning sickness, Bun. Ini karena melon kaya akan antioksidan, mineral, dan vitamin, seperti folat dan vitamin B6, yang mampu meredakan gejala mual muntah saat hamil.

Nah, itulah beberapa manfaat buah melon yang bisa Bunda peroleh. Meski manfaat melon untuk ibu hamil cukup banyak, pastikan Bunda memperhatikan cara konsumsinya, ya. 

Jangan lupa untuk cuci tangan sebelum memegang dan mengonsumsi melon. Selain itu, cuci buah melon sebelum dipotong untuk mencegah bakteri berpindah dari kulit ke dagingnya.

Kalau tidak langsung habis, simpan sisa potongan melon di kulkas. Hal ini karena membiarkannya di luar ruangan terlalu lama dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan bisa membuah buah ini jadi cepat basi.

Apabila Bunda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat atau hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi melon untuk ibu hamil, jangan ragu untuk tanyakan ke dokter ya.

Sumber:

National Health Service UK (2023). Have A Healthy Diet in Pregnancy.

Pregnancy Birth & Baby Australia (2023). Folate and Pregnancy.

U.S. Department of Agriculture (2019). Melons, cantaloupe, raw.

U.S. National Library of Medicine MedlinePlus (2023). Gestational diabetes diet.

Sass, C. Health (2023). Health Benefits of Honeydew Melon.

Carey, E. Healthline (2023). 10 Low-Glycemic Fruits for Diabetes.

Raman, R. Healthline (2020). 7 Impressive Ways Vitamin C Benefits Your Body.

Desmon, T.M. Parents (2023). Suffering From Morning Sickness? These 15 Foods Can Fight Nausea During Pregnancy.

Cervoni, B. Verywell Fit (2023). Best Fruits to Eat if You Have Diabetes.

Cervoni, B. Verywell Fit (2022). Honeydew Melon Nutrition Facts and Health Benefits.

Cinelli, E. Verywell Family (2023). 5 Foods to Fight Nausea During Pregnancy.

Tan, S. WebMD (2022). What to Know About Drinking Water During Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *