Bayi 3 Bulan Bisa Apa Ya? Yuk, Ketahui Perkembangannya!

Bayi 3 bulan bisa apa, ya? Mungkin pertanyaan itu sering muncul di benak Bunda. Memasuki usia 3 bulan, pertumbuhan dan perkembangan bayi bertambah pesat, lho. Hal ini tentunya membuat Bunda makin antusias dan senang melihat perubahan demi perubahan yang dialami oleh Si Kecil. Lantas, apa saja perkembangan yang terjadi pada bayi 3 bulan? 

Ada banyak kemajuan dalam perkembangan bayi 3 bulan yang bisa Bunda dan Ayah lihat. Pada usia ini, Si Kecil sudah mulai bisa berekspresi, menggerakkan kaki dan tangan, berguling, tengkurap, berkomunikasi, hingga mengenali wajah orang-orang di sekitarnya. Tak hanya itu, berat badan dan tinggi badannya juga terus bertambah. 

Ini Perkembangan Bayi 3 Bulan yang Perlu Diketahui 

Untuk lebih mengetahui tentang bayi 3 bulan biasa apa saja, simak penjelasan berikut ini: 

1. Mulai menggerakkan tangan dan kaki

Pada usia 3 bulan ini, Si Kecil sudah bisa menggerakkan tangan dan jarinya, lho. Bunda akan melihat Si Kecil suka memegang mainan, mengepal dan membuka kepalan jari-jarinya, serta memasukkan tangan ke dalam mulutnya. Selain itu, Si Kecil juga mulai meraih, menggenggam, dan menggoyangkan benda-benda yang menarik perhatiannya. 

Tak hanya tangannya, kaki Si Kecil juga mulai banyak bergerak. Hal ini terjadi karena otot-otot di kaki sudah makin kuat, sehingga Bunda bisa melihatnya mengangkat, menendang, dan merenggangkan kaki. 

Perlu diperhatikan, jangan tinggalkan bayi 3 bulan sendirian ketika sedang bermain ya, Bun. Selain itu, jauhkan juga ia dari benda-benda yang berpotensi membahayakannya, seperti benda yang tajam, mudah pecah, atau berukuran kecil.

2. Makin pandai berkomunikasi

Perlu diketahui, di usia 3 bulan, menangis bukanlah satu-satunya cara bayi untuk berkomunikasi dengan orang tuanya, lho. Soalnya, kemampuan komunikasi Si Kecil sudah berkembang semakin pesat, Bun. 

Nah, di usia ini, bayi 3 bulan ini sudah mulai bisa mengoceh, walau kata-kata yang keluar dari mulutnya masih tidak jelas atau belum ada artinya. Biasanya bayi sudah mulai bisa mengeluarkan suara, seperti “ooh”, “ah-ah”, “muh-muh”, atau bah-bah” dalam merespons ucapan Bunda atau orang lain. 

Tak hanya itu, Si Kecil juga akan mencoba meniru suara atau ekspresi seseorang ketika ada yang mengajaknya berbicara atau bermain. Maka dari itu, Bunda dapat mengajak Si Kecil berbicara atau membacakan dongeng untuknya, ya. 

3. Mulai mengenali wajah 

Perkembangan bayi 3 bulan lainnya adalah ia mulai mengenali wajah seseorang. Pada tahap ini, Si Kecil akan mulai fokus mengenali wajah Bunda, Ayah, dan orang-orang di sekitarnya. 

Selain itu, ia juga makin sering tersenyum saat melihat Bunda atau orang yang dikenalnya datang. Jadi, tidak heran kalau Si Kecil mulai bisa memilih dengan siapa ia mau digendong.  

4. Mulai mengangkat dan menegakkan kepala

Memasuki usia 3 bulan, kekuatan otot leher Si Kecil mulai terbentuk sehingga ia mulai bisa mengangkat kepalanya sendiri, Bun. Hal ini bisa Bunda buktikan dengan menggendongnya dalam posisi tegak. Akan tetapi, Bunda tetap perlu menjaga posisi kepalanya dengan tangan, ya. 

Berkat kekuatan otot lehernya juga, Si Kecil bisa menegakkan kepalanya ke atas sambil tengkurap saat ia melakukan tummy time. Di samping itu, Bunda juga mungkin akan mulai melihat Si Kecil suka berguling atau membalikkan badan. 

5. Jam tidur sudah mulai teratur 

Perubahan yang paling terlihat pada bayi 3 bulan adalah pola tidurnya sudah mulai teratur, Bun. Pada usia ini, kebutuhan tidur Si Kecil akan meningkat, terutama pada malam hari. Umumnya, ia akan tertidur selama 6–8 jam. 

Hal ini tentunya menjadi kabar baik ya, karena akhirnya Bunda mendapatkan waktu tidur malam yang cukup dibandingkan sebelumnya.  

Perlu diingat bahwa proses tumbuh kembang setiap bayi 3 bulan bisa berbeda-beda. Namun, Bunda tidak perlu khawatir karena perbedaan ini memang wajar terjadi, kok. Apalagi, jika ia terlahir secara prematur. 

Meski demikian, Bunda harus lebih waspada jika Si kecil menunjukkan tanda-tanda, seperti: 

  • Tidak tersenyum dan tertawa 
  • Tidak tertarik mengikuti benda yang bergerak atau bersuara
  • Tidak bereaksi dengan suara yang mengagetkannya atau ketika dipanggil
  • Tidak bisa memegang benda
  • Berat badan tak kunjung naik atau justru menurun
  • Sulit minum susu atau disusui 

Jika hal ini terjadi atau jika ingin memastikan apakah tumbuh kembang Si Kecil normal atau tidak, Bunda bisa membawa Si Kecil ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. 

Sumber:

Pregnancy Birth & Baby Australia (2024). Your Baby’s Growth and Development–3 Months Old. 

Mayo Clinic (2023). Healthy Lifestyle. Infant and Toddler Health. 

Baby Center (2024). Your 3–Month–Old Baby’s Growth and Development.

Baby Center  (2023). Your Three Month Old’s Development.

The Bump (2022). 3 Month Old Baby.

Healthline (2021). Guide to Tummy Time: When to Start and How to Make Tummy Time Fun. 

Healthline (2020). All About Your 3–Month–Old Baby.

HealthXCHange Singapore. Baby Development Milestones: 3 Months Old.

MedicineNet (2022). What Can a Baby Do at 3 Months?

Parents (2024). 3 Month Old Baby Milestones to Know.

Raising Children Network Australia (2022). 3-4 months: baby developments.

Verywell Health (2022). The Important Benefits of Tummy Time for Your Newborn. 

WebMD (2023). Baby Development: Your 3 Month Old. 

What to Expect (2023). 3 Month Old Baby.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *