Begini Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi yang Aman

Cara mengeluarkan dahak pada bayi memang perlu kehati-hatian ya, Bun. Alasannya, kalau tidak dilakukan dengan benar, hal ini bisa membuat Si Kecil merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, Bunda perlu tahu cara mengeluarkan dahak pada bayi yang aman agar ia bisa kembali bernapas lega dan tertidur dengan nyenyak. 

Sebenarnya, dahak berfungsi untuk mencegah kuman masuk ke paru-paru, serta menjaga kelembapan di saluran pernapasan. Sayangnya, produksi dahak yang berlebih ditambah saluran pernapasan bayi yang lebih kecil bisa membuat pernapasan Si Kecil jadi tidak nyaman.

Dahak yang menumpuk biasanya terjadi ketika bayi sedang batuk dan pilek akibat infeksi virus atau bakeri, bronkitis, atau pneumonia. Selain itu, munculnya dahak atau lendir pada bayi juga bisa terjadi karena hal lainnya, misalnya paparan debu atau asap rokok, alergi, dan perubahan cuaca. Ditambah lagi, sistem kekebalan tubuh bayi juga belum sempurna sehingga ia rentan terkena infeksi.

Tentunya, hal ini membuat Bunda cemas dan khawatir karena Si Kecil menjadi lebih rewel, terutama ketika ia ingin tidur atau makan. Untuk mengatasinya, Bunda bisa melakukan beberapa cara mengeluarkan dahak pada bayi agar Si Kecil bisa kembali nyaman ketika bernapas dan tidak rewel lagi.

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi yang Aman

Berikut adalah beberapa cara mengeluarkan dahak pada bayi yang bisa dilakukan oleh Bunda: 

1. Memberikan ASI 

Air Susu Ibu (ASI) merupakan asupan terbaik untuk bayi. ASI mengandung antibodi, yakni zat pembentuk kekebalan tubuh yang berperan penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi. Jadi, jika Si Kecil diberikan ASI, daya tahan tubuh Si Kecil akan lebih kuat melawan kuman, sehingga ia tidak mudah jatuh sakit. 

Tak hanya itu, ASI juga bisa membuat lendir atau dahak lebih encer sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan oleh Si kecil. ASI juga bisa mempercepat penyembuhan Si Kecil ketika sakit, misalnya diare, pilek, atau batuk, lho.  

2. Menepuk punggung bayi

Menepuk punggung bayi merupakan salah satu cara untuk mengeluarkan dahak pada bayi, Bun. Caranya adalah dengan memposisikan Si Kecil tengkurap, lalu Bunda bisa menepuk punggungnya pelan-pelan dan lembut menggunakan telapak tangan. Setelah Si Kecil batuk dan mengeluarkan dahak, bersihkan dahak dengan tisu atau lap bersih.

Cara ini bisa merangsang Si Kecil untuk mengeluarkan dahaknya lebih mudah sehingga napasnya bisa lebih lega. 

3. Menyemprotkan air garam steril

Cara mengeluarkan dahak pada bayi selanjutnya adalah dengan menyemprotkan air garam steril atau larutan salin, ya. Air garam steril ini berfungsi untuk mengencerkan dahak yang kental sehingga bisa lebih mudah dikeluarkan. 

Bunda dapat menyemprotkan atau meneteskan larutan salin ke setiap lubang hidung Si Kecil sesuai kebutuhan. Larutan saline ini umumnya cukup disemprotkan 1 kali atau diteteskan 1–3 tetes pada tiap lubang hidung. 

Larutan saline bisa diberli di apotek atau secara online, Bun. Namun, Bunda bisa membuatnya sendiri di rumah, lho, caranya adalah dengan mencampurkan ¼ sendok teh garam dengan 1 cangkir air matang. 

4. Meletakkan air purifier di kamar bayi

Selain menyemprotkan saline, Bunda juga bisa meletakkan air purifier atau humidifier di kamar Si Kecil. Kedua alat ini bisa membersihkan udara dari debu, asap rokok, dan polusi, sehingga Si Kecil bisa bernapas dengan lega. 

Tak hanya itu saja, penggunaan humidifier atau air purifier juga bisa meringankan batuk dan hidung tersumbat yang dialami Si Kecil, sehingga ia bisa lebih cepat sembuh ketika batuk atau pilek, Bun. 

5. Menggunakan rubber bulb

Menggunakan alat penghisap khusus, seperti rubber bulb, juga termasuk cara yang tepat untuk mengeluarkan dahak pada bayi. Alat ini bisa menyedot lendir yang menyumbat hidung Si Kecil. 

Cara menggunakannya cukup mudah, kok. Pertama-tama, posisikan kepala bayi sedikit lebih rendah dari pada tubuhnya atau sedikit mendongak. Pencet bulb lalu masukan ujungnya ke dalam lubang hidung bayi dengan lembut. Setelah itu, lepaskan bulb secara perlahan untuk menghisap dahak dari hidung bayi dan buang cairan ke dalam wadah atau tisu ya, Bun. 

Perlu diingat ya, Bun, selalu bersihkan rubber bubl dengan air hangat dan sabun, baik sebelum maupun sesudah menggunakannya. 

6. Menggunakan uap air hangat

Menggunakan uap air hangat juga bisa menjadi cara mengeluarkan dahak pada bayi, lho. Bunda dapat menyiapkan air hangat di dalam baskom dan menambahkan 3 tetes essential oil, minyak kayu putih, atau minyak telon. Setelah itu, dekatkan kepala Si Kecil untuk menghirup uap yang keluar dari baskom. 

Metode ini dapat meredakan iritasi dan pembengkakan di saluran pernapasan, serta mengencerkan dahak agar mudah dikeluarkan. 

Itulah beberapa cara mengeluarkan dahak pada bayi. Selain itu,  Bunda juga bisa memberikan obat flu dan obat batuk untuk membantu mengeluarkan dahak. Namun, sebelum menggunakan obat ini, Bunda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya. 

Di samping itu, Bunda juga harus memastikan Si Kecil untuk banyak beristirahat, mendapatkan asupan cairan yang cukup, dan memberikan makanan bergizi. Hal yang tidak kalah penting, jauhkan Si Kecil dari asap rokok, debu, dan polusi yang dapat memperparah pileknya ya, Bun. 

Adanya dahak di saluran pernapasan bayi bukanlah kondisi yang perlu dikhawatirkan. Namun, Bunda perlu waspada jika dahak Si Kecil berwarna hijau, cokelat, atau kemerahan, dan disertai dengan demam tinggi, penurunan nafsu makan, muntah, serta sesak napas atau napas berbunyi. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera bawa Si Kecil ke dokter ya, agar ia cepat mendapatkan penanganan yang tepat. 

Sumber:

Cleveland Clinic (2023). Health Essentials. Prevent Phlegm in Your Baby’s Throat with a Nasal Aspirator. 

Cleveland Clinic (2021). Health Essentials. How To Help Your Baby or Toddler Clear Their Stuffy Nose. 

Nationwide Children’s (2019). Chest Physiotherapy – Infants Newborn to 12 Months.

Miles, K. Baby Center (2022). Safe Home Remedies for Colds in Babies, Toddlers, and Kids. 

The Bump (2023). Everything to Know About Newborn and Baby Congestion.

Iftikhar, N. Healthline (2023). How to Suction Mucus Out of Your Baby’s Throat. 

Jafasso, C. Healthline (2023). Steam Inhalation: What Are the Benefits?

Marcin, A. Healthline (2023). 7 Cough Remedies for Babies. 

Moore, K. Healthline (2022). Humidifiers and Health. 

Marquez, J. Parents (2022). 5 Baby Cold Remedies for Cough and Congestion.

Gurarie, M. Verywell Health (2023). 3 Home Remedies for a Baby’s Cough and Chest Congestion. 

Murray, D. Verywell Family (2020). Interesting Breast Milk Uses and Home Remedies. 

Greenlaw, W. WebMD (2024). 5 Ways to Treat Your Baby’s Stuffy Nose. 

Liao, S. WebMD (2021). Natural Ways to Treat Your Baby’s Cold. 

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *