Cara Menaikkan Hb Ibu Hamil untuk Mencegah Anemia

Cara menaikkan Hb ibu hamil bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, terutama zat besi, asam folat, dan vitamin B12. Ini karena nutrisi tersebut mampu meningkatkan kadar hemoglobin dan mencegah anemia. Lantas, apa saja makanan yang bisa Bunda konsumsi untuk meningkatkan kadar Hb selama kehamilan?

Tahukah Bunda bahwa ibu hamil lebih rentan mengalami anemia? Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel-sel darah merah. Nah, jika kadar sel darah merah di tubuh ibu hamil tidak tercukupi, kondisi tersebut bisa membuat Bunda jadi mudah lelah, lemas, pusing, sesak napas, bahkan berisiko menghambat perkembangan janin. 

Untungnya, Bunda bisa mencegah anemia atau kurang darah dengan melakukan beberapa cara menaikkan Hb ibu hamil agar kehamilan berjalan dengan sehat, serta membantu tumbuh kembang janin yang lebih optimal. Tapi sebelumnya, Bunda sudah tahu belum, apa itu Hb dan kaitannya dengan anemia? Kalau belum, yuk, simak penjelasan berikut.

Apa Itu Hemoglobin?

Hemoglobin atau Hb adalah protein yang terkandung di dalam sel darah merah. Protein inilah yang membentuk sel darah merah dan berperan dalam menghantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Di masa kehamilan, hemoglobin juga akan menghantarkan oksigen dan nutrisi ke janin. Oleh karena itu, kadar hemoglobin harus dijaga supaya tidak menimbulkan masalah kesehatan pada ibu hamil dan kandungannya. 

Nah, kadar hemoglobin yang normal selama hamil biasanya sekitar 11 g/dL pada trimester pertama dan ketiga. Sementara pada trimester kedua, hemoglobin normalnya berada di angka 10,5 g/dL ke atas. Lantas, apa yang terjadi ya kalau kadar hemoglobin di bawah dari angka tersebut? 

Rendahnya kadar hemoglobin akan membuat tubuh kurang darah atau mengalami anemia. Ibu hamil rentan mengalami kondisi ini karena tubuh akan memberikan banyak darah kepada janin. 

Jika tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup, ibu hamil bisa rentan mengalami anemia. Maka dari itu, ibu hamil disarankan untuk meningkatkan kadar hemoglobin dari makanan bernutrisi

Apabila ibu hamil mengalami anemia dan tidak diatasi, kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi kehamilan, seperti kelahiran prematur dan berat badan lahir bayi rendah.

Cara Menaikkan Kadar Hb Ibu Hamil

Bunda, jangan khawatir dulu ya kalau mengalami kadar hemoglobin yang rendah. Ada beberapa cara menaikkan hb ibu hamil yang bisa Bunda lakukan supaya anemia bisa dicegah dan diatasi. Berikut ini adalah tipsnya:

1. Perbanyak konsumsi makanan kaya zat besi 

Sebagian besar kasus anemia pada ibu hamil terjadi karena kekurangan zat besi dalam tubuh. Kondisi ini disebut dengan anemia defisiensi zat besi. 

Zat besi adalah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan hemoglobin dan sel darah merah. Zat ini juga berperan penting dalam memastikan sel-sel darah merah dapat mengikat oksigen dan mengangkutnya ke seluruh tubuh dan janin.

Oleh karena itu, cara menaikkan Hb ibu hamil bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti daging merah, telur, ikan, hati ayam atau sapi, sereal yang diperkaya zat besi, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan.

2. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang berperan sebagai antioksidan. Tak hanya itu, vitamin ini juga bisa meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan yang sudah Bunda konsumsi. Dengan begitu, produksi hemoglobin dalam tubuh pun lebih maksimal. 

Agar kadar Hb dalam tubuh tetap normal, Bunda perlu mencukupi asupan zat besi dan mengonsumsi makanan kaya vitamin C, seperti cabai, bayam, paprika, jeruk, stroberi, kiwi, tomat, dan kentang, ya.

3. Perbanyak konsumsi makanan kaya akan folat

Selain zat besi dan vitamin C, Bunda juga perlu mengonsumsi makanan yang tinggi folat atau asam folat sebagai cara menaikkan Hb ibu hamil. Folat digunakan tubuh untuk memproduksi heme, yaitu bagian sel darah merah yang mengandung hemoglobin.

Tanpa asupan folat yang cukup, sel darah merah pun tidak bisa terbentuk dengan sempurna, sehingga tubuh bisa rentan mengalami anemia. Tak hanya itu, kekurangan folat juga bisa meningkatkan risiko gangguan tumbuh kembang pada janin dan juga cacat bawaan lahir.

Untungnya, folat bisa Bunda dapatkan dari daging sapi, telur, bayam, brokoli, buncis, selada, alpukat, pisang, anggur, kacang merah, dan kacang polong.

4. Konsumsi vitamin prenatal

Tidak hanya dengan mengonsumsi makanan bergizi, Bunda juga disarankan rutin minum vitamin prenatal sebagai cara menaikkan Hb ibu hamil. Soalnya, vitamin prenatal sudah dilengkapi dengan zat besi dan asam folat yang dapat membantu proses pembentukan sel darah merah agar lebih sempurna.

Berkat vitamin prenatal, ibu hamil bisa terhindar dari anemia sehingga sel darah merah pun bisa menghantarkan oksigen dan nutrisi ke janin dengan cukup. Dengan demikian, tumbuh kembang janin lebih optimal dan terhindar dari risiko cacat lahir

Mungkin, Bunda juga bisa mempertimbangkan konsumsi tablet atau obat penambah darah. Namun, konsultasikan ke dokter dulu ya sebelum mengonsumsi tablet penambah darah.

Nah, itulah beberapa cara menaikkan Hb ibu hamil yang dapat diterapkan untuk mencegah anemia. Apabila Bunda masih memiliki pertanyaan seputar cara meningkatkan hemoglobin, tidak perlu ragu untuk tanyakan ke dokter ya.

Sumber:

World Health Organization (2023). Anemia.

Australian Government Department of Health and Aged Care. Pregnancy Birth & Baby (2023). Folate and Pregnancy.

Cleveland Clinic (2022). Anemia During Pregnancy.

Mayo Clinic (2022). Iron Deficiency Anemia During Pregnancy: Prevention Tips.

Mayo Clinic (2022).  Prenatal Vitamins: Why They Matter, How to Choose.

Vandergriendt, C. Healthline (2023). Everything You Need to Know About Hemoglobin.

Watson, K. Healthline (2023). How to Raise Your Hemoglobin Count.

Friel, L. A. MSD Manuals (2023). Anemia in Pregnancy.

Uscher, J. WebMD (2022). Anemia in Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *